Skema PCB SMPS Gacun Anti Drop Dengan Pisau Cutter

Dalam artikel ini saya akan berbagi Skema PCB SMPS Gacun Anti Drop Dengan Pisau Cutter, tanpa harus ngecor PCB. Skema ini sudah teruji dan bisa digunakan untuk power supply MBR short killer atau Untuk Power Supply Power Amplifier OCL 150W, maupun SOCL 504. Sudah terbukti anti drop karena dilengkapi dengan feedback regulator denga perkiraan output sekitar 10-20A.

Skema Dan Jalur PCB SMPS Gacun Anti Drop Dengan Pisau Cutter

Untuk membuat SMPS gacun ini kamu cukup mencari beberapa komponen bekas TV tabung, diantaranya induktor EMI filter, dioda penyearah tegangan tinggi, dioda ultrafast, optocoupler, IC TL431, dan Trafo ferit regulator TV. Gacun adalah driver regulator power supply SMPS, tersedia berbagai jenis tapi kamu cukup membeli gacun 3 kabel yang seharga 20 ribuan untuk TV 21 inch dan 25 ribuan untuk gacun TV 29Inch. Tapi menurut saya sebaiknya menggunakan gacun untuk TV29 Inch karena lebih besar kapasitas arusnya, tapi sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Komponen tambahan mungkin cuma beberapa capasitor tegangan tinggi dan resistor saja, jadi biayanya cukup murah sekali  jauh lebih murah daripada kamu membeli trafo 5A kecil. Jaid tunggu apalagi, yuk praktek sekarang juga.

GAMBAR SKEMA PCB TAMPAK ATAS

SMPS gacun anti drop

Perhatikan titik merah di kaki trafo adalah titik awal lilitan kumparan trafonya. Jangan sampai terbalik sebab jika terbalik maka 100% kamu dapat dipastikan gagal membuat SmPS gacun ini. Perhatikan juga titik pin TL431 jangan sampai terbalik, optocoupler PC817 juga jangan sampai terbalik.

R4.7k pada bagian output skunder adalah beban karena SMPS tidak boleh hidup tanpa beban dan untuk menghindari lonjakan tegangan saat smps dihidupkan. ELCO output skunder jangan sampai lebih dari 2200uf, dan voltase elco jangan kurang dari 100V. C5 1nF minimal 100KV, R1 47 ohm minimal 2 watt, dn C4 1nF minimal 2KV supaya tidak panas dan meletus.

Baca Juga :  Fungsi Dioda Varaktor, Definisi, Cara Kerja Dan Aplikasinya

Gambar PCB Tampak bawah (miror)

Jalur tampak bawah Pada PCB ini bisa kamu contoh jalurnya dan digambar pada PCB polosan, yang kemudian bisa di seset menggunakan pisau kater. Membuat PCB menggunakan pisau kater adalah cara sederhana dan cepat daripada mengecor PCB menggunakan Ferrychloride, yang bisa dikerjakan segera tanpa banyak persiapan.

pCB smps gacun

 PENTING! Penyetelan tegangan anti drop

Jika sudah selesai merakit semuanya, hidupkan SMPS (sebaiknya ditambahkan LED di output untuk mengetahui apakah sudah ada tegangan yang keluar). Kabel warna biru gacun jangan dipasang dulu, yang hitam dan merah dipasang pada PCB, posisi trimpot pada gacun pastikan diputer mentok ke kiri yaitu posisi tegangan output minimal. Ukur dengan avometer, putar trimpot yang digacun sampai voltase yang ditampilkan Voltmeter AVO adalah 35V.

Matikan smps, kemudian pasang kabel biru gacun Pantau tegangan keluaran SMPS, puter trimpot yang ada pada PCB rakitan sampai angka voltase di AVO menunjukkan angka 30V.

Dengan demikian maka akan mencegah tegangan drop saat ada beban yang cukup besar misalnya tendangan bass jika dipakai amplifier dan arus kuat ketika digunakan untuk MBR.

Catatan penggunaan lain

Kamu juga bisa menggunakan SmPS gacun ini untuk MBR short kiler, dan cara paling mudah adalah kamu menyediakan Modul StepDown Konverter 10A yang banyak dijual online, dan ganti trimpot pada modul dengan potensiometer untuk mengatur tegangan output dan arus outputnya. MBR tentunya membutuhkan voltmeter dan amperemeter, maka aturlah sedemikian rupa.

Membuat lilitan Trafo SMPS

Untuk membuat lilitan trafo SMPS, kamu bisa membaca artikel klik di sini, dan di artikel tersebut sebenarnya sudah ada cara pengkabelan SMPS gacun versi pertama.

Kesimpulan.

SMPS Gacun adalah cara murah membuat sendiri SMPS jenis Flyback serbaguna, dengan komponen yang minimalis namun hasil cukup bagus. Kamu bisa menggunakannya untuk power supply MBR short killer atau Power supply untuk Power amplifier OCL 150w maupun socl 504 dan masih banyak lagi yang nendang karena mampu mengeluarkan arus yang cukup besar sekitar 10-20A.

Leave a Reply