Ukuran Box Speaker 15 Inch Bass Jauh RDV215 Double 15

Ukuran Box Speaker 15 Inch Bass Jauh bisa berbeda-beda tergantung dari berapa jumlah driver, umumnya adalah 1 driver atau 2 driver. Jika mengacu kepada box speaker bass jauh maka jenis box speaker yang mendukung adalah box subwoofer jenis horn speaker. Horn speaker menggunakan saluran khusus yang berguna untuk memfokuskan suara pada titik lokasi tertentu (directional) atau satu arah sehingga suara terdengar optimal dan jangkauan lebih jauh. Ada beberapa model dari box subwoofer jenis Horn, yang umum adalah Loaded Horn, Folden Horn, Dan Tapped Horn. Baca artikel ini tentang Box jenis Horn : Perbedaan Box Speaker Folded Horn, Loaded Horn, Tapped Horn, Vented

Berikut Ukuran Box Speaker 15 Inch Bass Jauh yaitu model RDV215 dengan Double driver 15 inch
ukuran box speaker bass jauh RDV215

RDV 215 ini adalah jenis box subwoofer folded horn double driver 15 inch, yang memungkinkan menghasilkan jangkauan bass yang jauh. Desain utama dari box ini adalah sealed subwoofer yang dirancang sebagai speaker bass jauh, yang dengan dilengkapi dengan horn yang menyadap produksi suara dari belakang conus driver.

Driver yang cocok adalah driver yang juga didesain untuk speaker subwoofer, dengan frekwensi resonansi antara 35Hz-80Hz dengan Power Max 500Watt. Hal ini harus sesuai dengan tuning frekwensi yang dihitung dari box RDV215 ini untuk dapat menghasilkan suara yang optimal. Kualitas driver juga harus mumpuni karena ini sering dikatakan sebagai box vakum, dimana yang membutuhkan performa driver yang mumpuni. Ini karena driver akan mendapatkan tekanan kompresi yang lebih tinggi pada box vakum, daripada pada box jenis direct seperti mini scoop atau planar.

Baca juga : Ukuran Box Speaker 12 Inch Rumahan 2-Way + 1 Tweeter Corong

Box RDV215 jenis box bass jauh yang menggunakan 2 driver, cocok bagi yang suka bermain di impedansi rendah karena bisa memainkan rangkaian dari kedua box speaker. Juga menghemat bahan box daripada membuat box speaker single driver secara terpisah.

Sejumlah panel yang harus dipersiapkan

Sejumlah panel pembangun box speaker yang harus dipersiapkan, dilengkapi dengan nomor dan warna berbeda untuk membantu supaya tidak bingung melihat ukuran masing-masing panel sehingga lebih mudah mengerjakannya.
box speaker subwoofer bass jauh

Membuat garis pemotongan pada permukaan material

Untuk membuat ukuran box speaker bass jauh 15 inch doubel RDV215 ini sobat perlu mempersiapkan  2 lembar papan berukuran 122cm x 244cm sebanyak 2 lembar dengan ketebalan 15 mili.

Baca Juga :  Skema dan Ukuran Box Speaker 10 Inch 2-way + 1 Tweeter Rumahan

Buat garis-garis pemtotongan pada permukaan papan seperti pada gambar dibawah sebelum memotong untuk membuat bagian-bagiannya. Dengan merencanakan seperti ini akan lebih memudahkan dn mempercepat serta menghindari membuang banyak potongan kecil yang sia-sia.
ukuran panel box speaker RDV215 bass jauh
ukuran panel box speaker 15 bass jauh
Ukuran dan bentuk khusus beberapa panel

Beberapa panel dibawah ini yaitu brace , panel untuk pintu driver, panel baffel atau panel berlubang untuk menempelkan driver.

ukuran lengkap box speaker bass jauh 15 inch double

Sudut pemotongan tepi

Sudut pemotongan tepi untuk beberapa panel sesuai dengan nomor yang ada dibawah ini. Usahakan sudutnya pas sehingga box lebih kuat dan meminimalisir kebocoran karena box ini harus vakum/kedap pada bagian kabinet driver.

ukuran box 15 inch speaker bass jauh

Membuat Garis Layout

Buat garis layout sebagai garis pemandu pada saat menempelkan panel-panel yang sudah dibuat. Dengan membuat garis ini diharapak bisa lebih mempercepat pekerjaan dan bisa lebih presisi.
Ukuran box subwoofer 15 inch RDV215 bass jauh

Menggabungkan semua panel

Pada saat menggabungkan semua panel dengan ukuran yang sudah dibuat untuk membuat box speaker 15 inch bass jauh, gunakan lem kayu dan sekrup. Buat box speaker sedemikian rupa supaya presisi agar tidak terjadi kelonggaran yang menyebabkan angin bisa masuk melalui sela-sela sambungan. Hal ini terutama pada kabinet box yang kedap udara atau vakum untuk memaksimalkan kualitasnya.

Baca juga : Ukuran Box Speaker 15 Inch X 2 ACR 15600 Black Untuk Low-Mid

box bass jauh 15 inch
cara membuat box 15 inch bass jauh dan ukurannya
box 15 inch bass jauh
Finishing

Finishing adalah langkah terakhir untuk membuat box RDV double 15 inch bass jauh nampak rapi dan menarik serta profesional. Boleh saja menggunakan cat textur atau dilapisi karpet sesuai dengan selera masing-masing. hanya saja sebelumnya mungkin perlu di berikan dempul atau cat dasar supaya material plywood lebih awet karena air tidak bisa meresap.

Gambar dibawah adalah contoh Jika membuat lebih dari 1 bisa ditumpuk pada saat performance, dan hasilnya terlihat bagus dan pro

box sub 15 horn bass jauh

Demikian tentang ukuran box speaker bass jauh 15 inch RDV215 double subwoofer. Ukuran subwoofer 15 inch boleh dicoba menggunakan merk apapun asalkan kualitas baik dengan spesifikasi umum driver subwoofer 15 inch 35-80Hz dengan kapasitas power handling atau Pmax 500W

Subrek Channel Mbah Trejo di Youtube, disana ada banyak skema box speaker baik subwoofer, mid, fulrange, dsb dalam bentuk video sehingga mudah dipahami khususnya yang malas membaca artikel.

Leave a Reply