Memodifikasi Power OCL 150W Untuk Mendorong Subwoofer

Kit Power OCL 150W adalah salah satu kit power amplifier yang banyak disukai untuk membangun secara DIY sebuah sistem audio berdaya menengah hingga tinggi, misalnya untuk keperluan hall atau monitor untuk organ tunggal hingga keperluan outdoor. Kit Power 150 W ini selain simpel, dia juga mampu memberikan hasil yang bagus serta mudah untuk dimodifikasi. Biasanya para pemula seperti saya sangat menyukai kit power ini.

Power OCL 150W adalah jenis power amplifier yang menerapkan topologi Power class A/B dan banyak digunakan untuk sistim sound yang banyak digunakan saat ini. Menggunakan sistem OCL 2 tingkat penguatan, dengan penguatan akhir 1 set Tr final biasanya TIP/2n 3055 dan pasangannya yakni TIP/MJ 2955 serta driver tingkat pertama umumnya BD139/140 dan terkadang juga TIP31/32 sudah cukup nendang untuk mendorong speaker 12inchi dengan power supply 32VAC/5A.

Modifikasi Power 150W OCL untuk mendorong sub-woofer

Apa subwoofer?

Subwoofer adalah jenis speaker yang didesain untuk mereproduksi suara nada rendah pada sistem sound, seperti suara dari bass gitar dan bass drum. Hal ini adalah koentji bagi kalian yang menginginkan perangkat audio yang mampu menggedor dada dan merontokkan genteng, hehe (lebay mode on), maka kalian membutuhkan subwoofer. Karena speaker subwoofer ini didesain kokoh dengan magnet yang besar, serta dengan koil yang wattnya relatif lebih besar maka diperlukan power amplifier yang berdaya setara/sesuai agar subwoofer berfungsi maksimal sesuai harapan.

Jadi untuk itu maka power 150W kalian supaya bisa mendorong subwoofer dengan baik, maka daya keluaran harus disesuaikan atau lebih besar dari power standard ketika akan dipakai untuk keperluan subwoofer. Jadi untuk itulah maksud modifikasi disini, yang pada intinya untuk meningkatkan dayanya agar sesuai dengan speaker subwoofer yang rata-rata 300watt keatas.

Apakah modifikasi ini akan merubah karakter? Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan dan saya selalu enggan untuk menjawabnya Menurut saya jawabannya tidak perlu karena power OCL 150 sudah memiliki karakter yang cocok untuk subwoofer alias lebih cenderung berkarakter low. Untuk mendapatkan frekwensi respon yang rendah, tentu tidak hanya mengandalkan karakter power saja, tapi juga termasuk accesoris seperti LPF dll hingga kualitas loudspeaker dan box kabinet speaker. Jadi yang perlu kita rubah adalah kemampuannya agar bisa menghasilkan daya keluaran yang sesuai dengan kebutuhan.

Modifikasi cara pertama

Ini adalah modifikasi yang paling ringan, kita hanya perlu menaikkan tegangan menjadi 32VAC(dari trafo) serta mengganti beberapa resistor dan transistor final. Apakah hanya ini yang diubah? Ya karena hanya itu hanya perlu diubah, karena yang terpenting disini adalah settingan bias, tr final dan supply tegangan. Ini sudah cukup baik untuk mendorong subwoofer 150W.

skema modifikasi power OCL 150W

Capasitor :

  • C1 : 100N
  • C2,C4,C5,C6 : 100uf 50V
  • C3: 100P
  • Perhatikan gambar diatas, yang saya silang adalah dioda D3 yang perlu dilepas, sementara yang saya kotaki adalah resistor pengatur tegangan bias, diganti dengan 220R. kemudian dioda  D1,D2,D4 dan D5 sisanya biasanya adalah IN4148 dan perlu diganti menjadi IN4002. Untuk resistor yang lain sama dengan yang di skema.
  • Transistor yang perlu diganti adalah 2N3055 dengan sanken 2SC2922 lalu MJ2955 diganti dengan sanken 2SA1216. Transistor yang lain tetap sama dengan skema.
  • Power supply gunakan 5A murni 32VAC(dari trafo).
Lihat Juga :  Gambar Desain Ukuran Boks Speaker Mini Scoop 12" Lengkap

Modifikasi cara kedua

Ini adalah modifikasi power OCL 150W lebih sedikit ekstrim karena kita tak hanya mengganti beberapa komponen yaitu resistor, dioda, bahkan semua transistor serta merubah konfigurasinya menjadi TEF (triple emitter follower) atau menjadi 3 tingkat penguatan. Hal ini agar power OCL 150 kita cukup mumpuni untuk mendorong subwoofer sebesar 300W – 400w. bahkan mampu hingga 700W jika kita ingin menambahkan atau merangkai transistor final hingga 4 set dengan trafo hingga 20A. Amper Trafo, tegangan dan jumlah transistor final sangat berpengaruh terhadap daya output untuk itu harus seimbang. Lalu bagaimana cara menghitungnya? Baca artikel ini : Cara Menghitung Kemampuan Trafo Terhadap Watt Power Amplifier

Sekarang bagaimana cara memodifikasi power OCL 150W menjadi TEF agar lebih nendang? Sudah saya buat artikelnya disini : Modifikasi Power OCL 150 Watt menjadi 400 Watt dengan tegangan 60VDC

Modifikasi cara ketiga

Cara ini agak sedikit ekstrim, tapi jika berhasil kalian akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan namun dengan biaya yang relatif sedikit hanya dengan power OCL 150. Cara tersebut adalah mem-BTL 2 power 150W mono. Dengan menjadikan 2 power 150Watt OCL ini kalian akan melipat-gandakan daya ouputnya menjadi 2-3 kalilipat!. BTL merupakan kependekan dari Bridge-Tied Load juga dikenal sebagai bridged mono adalah sebuah cara untuk mengkonfigurasi output audio amplifier. Dengan kata lain mem-BTL power artinya menjadikan sebuah power amplifier stereo menjadi mono dengan cara menghubungkan kedua output untuk 1 speaker dan membalik fasa pada input.

BTL amplifier sangat umum digunakan untuk keperluan sub-woofer karena membutuhkan daya ouptut yang lebih besar daripada untuk speaker umumnya. Jadi jika kalian ingin mendapatkan daya yang besar untuk keperluan mendorong subwoofer, BTL adalah alternatif yang cukup baik untuk diperhitungkan.

Coba lihat lagi modifikasi power OCL 150W pada cara pertama diatas, yang memungkinkan untuk mendorong daya keluaran hingga 300W. Dan ketika kalian memiliki 2 unit mono kemudian menjadikannya BTL maka daya keluaran bisa memungkinkan untuk menjadi 3 kalilipatnya sekitar 900 Watt. Bagaimana, menarik bukan?

Lalu coba lihat untuk cara modifikasi TEF pada cara kedua diatas dimana yang memungkinkan untuk mendapatkan daya keluaran sebesar 400W, dan ketika di BTL maka kalian cukup mengalikannya menjadi 3 saja. 400WX300W = 1200W. Ya, daya keluaran akan menjadi cukup untuk mendorong loudspeaker sub berkapasitas 1200Watt.

BTL sudah banyak digunakan oleh para perakit audio untuk perangkat sound system sebagai pendorong sub-woofer berkapasitas tinggi. Kamu juga bisa meniru mereka menggunakan cara ini, tapi ingat mem-BTL tidak sembarangan, dan perlu pengetahuan serta kecermatan dalam menanganinya karena risiko kerusakan lebih besar jika tidak dikonfigurasi dengan benar.

Bagaimana cara mem-BTL power 150W? Saya sudah menerbitkan artikelnya, jadi jangan pakai lama langsung saja baca disono ==> Cara Menggunakan Power Ampli BTL dengan baik agar Aman dan Maksimal

Demikian 3 cara yang biasa saya lakukan untuk memodifikasi power OCL 150W supaya mampu digunakan sebagai pendorong sub-woofer atau keperluan lainnya. Selamat bereksperimen.

Tags:

Leave a Reply