Category Archives: Audio

Membahas segala macam yang berkaitan dengan audio, termasuk amplifier, rangkaian, komponen, sound system dan sebagainya

Skema Power Supply Simetris Untuk Power OCL 150W

SKEMA POWER SUPPLY SIMETRIS OCL 150W

Memang power supply itu beda beda ya? Sebenarnya tidak beda, yaitu yang secara umum untuk memasok tegangan yang dibutuhkan oleh perangkat elektronika. Sesuai kebutuhan tegangan, inilah yang membedakan diantara power supply misalnya untuk power amplifier, radio pemancar, televisi, komputer dll. Khusus untuk power supply untuk power amplifier, secara umum tidak membutuhkan tegangan yang teregulasi dengan … » Baca selengkapnya..

Cara Merakit Audio Dengan Bass Yang Besar & Menendang

membuat Audio Bass besar mantab

Mungkin semua orang beranggapan bahwa audio yang mantab itu yang bisa memproduksi bass yang besar. Namun jika mau detail lagi membicarakan masalah selera, bass itu bermacam-macam mengacu pada tingkat frekwensinya. Ada bass yang presisi, ada bass yang kurang presisi, ada bass mid dan ada bass yang tebal atau sub-bass. Dan setiap pengagum jenis musik yang … » Baca selengkapnya..

Jangan Sampai Hobby Audio Menjadi Hobby yang Boros Duit

Tips hobby Audio

JIka Anda baru mengenal dan tertarik dengan dunia audio DIY(rakitan), saya ucapkan Selamat datang didunia Penderitaan! maksudnya penderitaan bagi dompet Anda. Cita-cita Anda tentang memanjakan telinga takkan pernah Anda temukan, justru beragam cekcok tentang anggaran belanja rumah tangga yang tersunat untuk membeli berbagai komponen mahal yang sebenarnya Anda tidak tahu untuk apa itu harus Anda … » Baca selengkapnya..

Cara Mengatur Impedansi Speaker Subwoofer Pada Audio Mobil

2 double coil 4 ohm pararel di pararel

Kebanyakan speaker subwoofer audio mobil memiliki impedansi 2Ω, 4Ω untuk single coil, dan 2 + 2Ω, atau  4 + 4Ω untuk double coil. Impedansi speaker ini harus sama dengan yang di tentukan oleh power amplifiernya. Biasanya power amplifier audio mobil ini mendukung untuk 1Ω, 2Ω, 4Ω, dan 8Ω. Contoh sebuah power amplifier stereo memiliki spesifikasi … » Baca selengkapnya..

Cara Modifikasi Power OCL 150 Untuk Mendorong Subwoofer

DIAGRAM RANGKAIAN SUBWOOFER DENGAN POWER OCL 150W mono

Terus terang saya sangat menyukai power OCL 150W ini, alasan saya mudah dirakit, rangkaian sederhana, biaya relatif terjangkau, namun hasilnya cukup memuaskan. Selain itu, power OCL ini juga mudah dioprek misalnya dibuat sedemikian rupa untuk power berdaya menegah yaitu 400-800W. Ternyata tak hanya itu, power OCL 150 Juga bagus untuk ditransformasi menjadi BTL yang seringkali … » Baca selengkapnya..

Cara Mudah Merakit Speaker Aktif Full Bass Dengan Biaya Murah

speaker aktif fullbass

Speaker aktif telah menjadi sesuatu yang lebih praktis sehingga paling banyak diminati oleh pasar. Sebelum populer seperti sekarang ini, untuk bisa memiliki audio rumahan yang fullbass orang harus memiliki amplifier yang terpisah dengan speaker yang memiliki daya cukup tinggi berkisar 60 – 100W. Dalam speaker aktif,  amplifier sudah menyatu dalam satu box beserta speaker. Sangat … » Baca selengkapnya..

Cara Menghitung Kemampuan Trafo Terhadap Watt Power Amplifier

vpeak adalah

“Kemampuan Trafo Terhadap Power Amplifier” apa sih maksudnya? Berapa ampere trafo dan berapa volt tegangan yang dipakai itu adalah 2 unsur yang mempengaruhi daya keluaran power amplifier. Trafo 10 ampere dengan 5 ampere dan atau tegangan 32V dan 42volt tentu akan memberikan hasil amplifier yang berbeda. Penting untuk mengetahui ini agar kita bisa merakit sebuah … » Baca selengkapnya..

Cara Membuat Audio Mixer Sendiri Dengan Modul Rakitan Elektronik

merakit audio mixer sendiri

Mikser audio adalah perangkat penting yang harus ada untuk sebuah audio system. Sesuai dengan namanya, fungsi utama audio mikser adalah untuk mencampur signal audio yang dihasilkan oleh perangkat eksternal seperti microphone dan DVD player atau jenis player yang lain agar bisa tercampur dengan baik sesuai dengan keinginan yang bisa diatur, sebelum kemudian diumpankan ke berbagai … » Baca selengkapnya..

8 Masalah Umum Yang Terjadi Pada Power Amplifier Audio Mobil

Kerusakan umum power audio mobil

Dalam artikel tentang masalah yang sering terjadi pada power audio mobil berikut hanya untuk pengguna awam, saya tak mengajari bagaimana memperbaikinya tapi memahami apa yang sebenarnya terjadi. Sebagian kasus trouble yang terjadi tidak selalu disebabkan kerusakan, misalnya hanya karena masalah pengkabelan saja orang sudah membawanya ke teknisi – sayang kan, sudah buang-buang waktu dan biaya … » Baca selengkapnya..

Cara Pemasangan Audio Mobil + Power Amplifier 2 dan 4 Channel

Instalasi power audio mobil 4 channel

Instalasi audio mobil sih sebenarnya tidak susah, karena kita hanya perlu bisa membaca jalur input dan output sekaligus memahami sedikit tentang spesifikasi power agar kita tak salah dalam menginstalasinya. Setiap power tentu memiliki spesifikasi dan jenis masing-masing, misalnya 2 atau 4 channel power amplifier, mendukung bridge atau tidak, serta memiliki kestabilan untuk main di impedansi … » Baca selengkapnya..

Cara Bridge Power Audio Mobil Yang Benar Dan Aman

Cara bridge power audio mobil

Bridge adalah istilah umum dalam dunia audio mobil, dan jika Anda adalah seorang yang suka utak-atik pasti sudah paham. Jika Anda masih belum tahu apa itu bridging power audio mobil, maka disini Anda akan segera tahu semuanya. Bridging adalah sebuah metode yang digunakan oleh teknisi audio mobil untuk meningkatkan daya power mobil supaya bisa mendorong … » Baca selengkapnya..

Cara Nyepul Speaker Yang Benar Dan Hasilnya Memuaskan

cara mudah spul speaker sendiri hasil yang bagus

Nyepul speaker yang benar itu bagaimana? sebenarnya gampang saja, kita tinggal bongkar saja spul speaker yang sudah kebakar, lalu kita ambil spulnya dan diganti dengan yang baru. Ya sesimpel itu sih, tapi tunggu dulu! sebab kalau kamu tak pernah melakukannya sebelumnya, saya jamin hasilnya tak maksimal misalnya suara ngeper, bass kurang, atau ada suara-suara aneh … » Baca selengkapnya..

Cara Menghitung Daya Output Watt RMS Power Amplifier

Cara Menghitung Daya RMS amplifier

Bagi anda yang sudah berkecimpung didunia audio pasti tahu atau pernah tahu yang namanya RMS. Biasanya tertera pada spek label suatu perangkat audio atau power amplifier, misalnya disana tertera “Daya output RMS : 50W “. Yang Dengan melihat spek label tersebut, user biasanya akan memahami seperti apa power amplifier tersebut dari sisi tingkat kebisingan suaranya. … » Baca selengkapnya..

Watt RMS Vs PMPO, Apa Dan Bagaimana Cara Menghitungnya

Watt RMS vs Watt PMPO

Bagi Anda penyuka audio, istilah PMPO mungkin sudah tak asing lagi karena itu biasa tertera dalam spesifikasi produk audio system. Misalnya angka 1000nya ditulis dengan huruf yang besar sekali sementara huruf pmpo nya ditulis kecil sekali “1000 Watt pmpo” Sebagai orang awam mungkin akan berfikir, wow besar sekali wattnya, padahal pompa air saya saja hanya … » Baca selengkapnya..

Desain dan Ukuran Boks Mini Scoop 15″ (Rumah Keong) Untuk Lapangan

desain miniscoop 15 perspektif samping

Tak ada habis-habisnya membahas soal desain boks salon miniscoop. Ya memang ini adalah jenis bass refleks yang paling simpel dibuat namun hasilnya cukup memuaskan terutama untuk audio  lapangan. Ohya apa sih desain speaker bass refleks? pada intinya yang dimaksud dengan bass refleks adalah dimana loudspeakernya berada diluar dan menghadap kedepan. Ini adalah salah satu dari … » Baca selengkapnya..

Desain Ukuran Boks Subwoofer Mobil 12″ Dua Speaker

SUBWOOFER 12 inch double untuk mobil

Bagi yang suka suara audio mobil yang menggelegar,  mungkin desain box subwoofer ini bisa menjadi pilihan yang cukup pas buat Anda. Mendukung untuk 2 buah speaker ukuran 12 inch ini bisa menjadikan mobil anda layaknya sound system yang berjalan, dan bassnya yang menggelegar bisa terdengar dalam radius yang cukup jauh dari mobil. Jika Anda ingin … » Baca selengkapnya..

Gambar Desain Ukuran Boks Speaker Mini Scoop 12″ Lengkap

box miniscoop 12 inch

Mini Scoop adalah salah satu box andalan dan paling digemari oleh para profesional audio sound system seluruh dunia. Hal ini karena desain boks miniscoop mampu memberikan tendangan bass yang maksimal, empuk dan tebal. Sebenarnya sih ukuran boks miniscoop yang ideal adalah 18inch keatas ,  dan umumnya digunakan untuk keperluan sound system lapangan karena jarak jangkauannya … » Baca selengkapnya..

Penyebab Body & Input Amplifier Nyetrum dan Cara Memperbaikinya

Cara Mengatasi body amplifier nyetrum

Body Amplifier beserta input, microphone, bahkan kabel speaker nyetrum adalah kerusakan yang sangat umum terjadi terutama jika sudah agak berumur atau sering dipakai. Memang sih, meskipun nyetrum kadang amplifier masih bisa digunakan; tapi tentunya hal ini sangat menggangu – bahkan berpengaruh terhadap suara biasanya ampli menjadi agak ada dengungannya. Baca juga : Cara Menyambung Banyak … » Baca selengkapnya..

Cara Memperbaiki Trafo Rusak Nyetrum, Cepet Panas, atau Tegangan Hilang

memperbaiki trafo 5 ampere

Memperbaiki trafo adalah sesuatu yang banyak dilakukan, dalam banyak kasus yang sering terjadi kerusakan trafo meliputi trafo nyetrum, cepat panas, hingga tegangan tidak ada. Memang sayang untuk dibuang karena selain harga trafo yang cukup mahal, juga sebenarnya tidak sulit memperbaikinya dengan cara-cara khususnya carasaya sendiri disini. Tapi saya tidak pernah memperbaiki trafo yang lebih kecil … » Baca selengkapnya..

Power Supply 1 Trafo 2 Kiprok / Bridge – Skema, Kelebihan dan Peruntukannya

Skema Power Supply 1 TRAFO 2 KIPROK

Power Supply Simetris pada umumnya menggunakan 1 kiprok atau dioda bridge untuk memberikan tegangan kepada power amplifier baik mono maupun stereo. Tapi disini saya akan membagikan 3 skema power supply yang berbeda tapi khusus yang menggunakan 2 kiprok yang bisa kita terapkan untuk beberapa keperluan. Lalu untuk apa menggunakan 2 kiprok / dioda bridge padahal … » Baca selengkapnya..