Skema Desain Box Speaker Aktif 3 Way 12 Inch Super Bass

Hai para DIY-er! Kali ini saya akan berbagai skema speaker aktif 3 way, yaitu menggunakan woofer 12 inch, midrange 6 inch, dan tweeter horn 12X18 cm. Bosan dengan speaker aktif yang itu-itu saja, maka kamu bisa membuat box seperti ini yang mengutamakan bass yang lebih dalam dan tebal 40Hz. Tak hanya cukup bagus untuk ruang tamu, speaker aktif ini juga serbaguna untuk berbagai keperluan. Disarankan untuk menggunakan woofer 300W 4 Ohm 12 Inch, dengan power amplier 300W untuk memperoleh bass yang memuaskan. Jangan lupa menambakan crossover yang seusai, sementara tweeter horn bisa juga diganti dengan jenis umum jika hanya dipakai didalam ruangan.

Skema Desain Box Speaker Aktif 12 Inch

Bahan :

  • Papan yang digunakan boleh MDF atau Multiplek dengan ketebalan 15mm.
  • Paku, skrup, dan lem kayu yang kuat sebagai perekat.
  • Bahan finishing, cat tekstur boleh, karpet atau vinil kayu jati juga boleh.

Alat :

Gergaji jigsaw, bor listrik, meteran, penggaris, pensil tukang, jangka, siku, pasrah mesin, srekel.dll

1. Membuat panel dasar

Penel dasar merupakan ukuran pemotongan awal yang nantinya bisa dipakai sebagai penopang dan acuan untuk mengukur panel/sekat yang lain. Gambar pola pada panel dasar. Perhatikan lebar papan MDF/Tripek yang harus dipakai adalah setebal 15 mm, perhatikan ukuran penataan sekat dalam dan perhatikan kemiringan sudu pemotongan sekat dalam.

Skema box speaker 12 inch 3way

2. Membuat panel depan

Panel depan nantinya sebagai penopang speaker dan antarmuka amplifier. Amplifier diletakkan pada bagian atas box, lalu pada bagian bawah sendiri adalah port atau lubang angin-angin.

 

Skema box speaker aktif panel depan

 

3. Membuat Panel Bawah

Tidak begitu sulit, lihat gambar :

Panel bawah

4. Perspektif

Jika panel-panel sudah dirakit sebagian, penampakannya kira-kira akan seperti dibawah ini.

Lihat Juga :  Penyebab dan cara mengatasi Suara Mendengung Amplifier Rakitan

5. Membuat panel atas/ tutup

Panel atas ukurangnya sama dengan panel bawah, hanya saja paneal atas/tutup perlu diberi bukaan untuk memasang atau memeriksa mesin power supply dan kit amplifiernya supaya tidak repot. Jadi kamu bisa membuatnya menurut skema dibawah ini. Atau kamu punya ide yang lain, silahkan /tak harus seperti skema.

6. Finishing

Jika Box Speaker aktif kamu sudah jadi, kira-kira penampilannya seperti pada gambar prototipe yang sudah final dibawah ini. Apapun cara finishing saya kembalikan kepada selera masing-masing, bisa dilapisi karper, vinil kayu, atau boleh juga dicat tekstur jika bisa melakukannya.

Untuk port/angin-angin bisa diberi kawat kasa/sarangan atau pelat berlubang untuk mencegah hewan seperti tikus bisa masuk. Tikus adalah hewan yang cukup jail, suka makan kabel bahkan merusak loudspeaker. jadi jangan sampai dibiarkan melongo ya?. Cara memasang kasa ini harusnya sebelum box speaker ditutup seluruhnya supaya tidak repot.

Baca juga : Skema Box Speaker 15 Inch 2 Way Horn, Cocok untuk Midbass atau Mid Hi

Desain box speaker aktif 12 inch 3 way

Kamu bisa menggunakan power amplifier 300W, bisa menggunakan power OCL 150W modifikasi 2 set tr final, trafo 10A tegangan 60VDC.

CATATAN: Jika stereo tentu ada 2 buah box speaker yang perlu kamu buat. Jangan lupa, untuk box yang left channel tentunya tidak perlu dipasang tempat khusus untuk amplifiernya. Namun dimensinya harusnya tetap sama 😀

Demikian skema dan desain box speaker aktif 12 inchi 3 way serbaguna dengan bass yang lebih mantab daripada biasanya, bisa kamu coba membuatnya dirumah. Dipakai didalam ruangan/indoor keren, dipakai diluaran/outdoor untuk acara tertentu yang memerlukan musik dan penguat suara yang bagus juga paten. Selamat bereksperimen!

 

Leave a Reply