Cara Membuat PCB Mudah Menggunakan Autan Dan Print Laser

Ketika ingin menguji sebuah rangkaian elektronika sekaligus menjadi sebuah protype yang rapi tentu menggunakan PCB polos yang dicetak dari hasil software perancang PCB. Namun untuk membuat PCB cetak ini memerlukan alat yang mahal atau setidaknya dengan cara teknik sablon, tetapi ini memerlukan proses yang rumit dan biaya besar apalagi kalau hanya untuk membuat 1 PCB saja.

Tapi ada cara lain yang jauh lebih murah untuk mencetak PCB untuk rangkaian prototype meskipun kadang tidak terlalu rapi, tapi ini jauh lebih baik daripada menggunakan PCB berlubang/matrix.

Cara membuat PCB Dengan Mudah dan Murah Ada beberapa cara :

Dengan cara manual dipahat dengan cuter atau bor PCB

Pada cara ini kita tidak perlu mendesain jalur PCB dengan software dan tidak perlu melakukan proses pelarutan, kekurangannya proses lama dan harus hati-hati. Hanya cocok untuk rangkaian sederhana misalnya power supply atau yang lainnya misalnya PCB rangkaian transistor final amplifier

Menggunakan spidol marker permanen

Cara ini adalah menggambar langsung jalur PCB menggunakan spidol marker permanen pada bagian tembaga PCB polos. Lebih cocok jika membuat rangkaian sederhana seperti contoh diatas.

Menggunakan fotocopy-an yang dibantu strika

Jadi setelah desain PCB diprint, kemudian di fotocopy pakai mesin canon. Kelemahannya, terkadang susah nempel jalur desain fotocopyan ke PCB polosnya, panas setrika terkadang merusak PCB. Jika susah menemukan laser print mungkin bisa menggunakan cara ini.

Menggunakan print laser dari desain PCB dibantu disetrika

Print laser menggunakan tinta kering seperti toner pada mesin fotocopy, sehingga lebih mudah di transfer ke PCB polos. Cara transfernya dengan jalan disetrika sampai jalur menempel pada PCB dengan cara menyetrika tertentu dan dengan suhu yang cukup. Menyetrika PCB ini terkadang tidak begitu mudah(susah menempel) jika tidak menggunakan kertas transfer khusus, bahkan jika terlalu panas bisa merusak PCB. Jika menggunakan cara ini, untuk melepas kertas print-out harus menggunakan air panas, jadi perlu merebus air dulu 😀 . Nah untuk itu saya lebih suka menggunakan AUTAN , sebuah merk losion anti nyamuk 😀 seperti dibawah ini caranya!

Menggunakan print laser desain PCB dibantu autan sebagai peluntur tanpa setrika

Autan bersifat melunturkan jadi bisa digunakan untuk transfer desain PCB dari kertas print-out mesin laser printing. Cara inipun juga perlu hati-hati supaya hasilnya bagus, gambar desain dari print-out bisa ditransfer tanpa ada jalur yang terputus. Cara ini lebih cepat dan mudah daripada menggunakan setrika. Nah cara ini yang akan kita bahas.

Berikut Tutorial Lengkap Membuat PCB dengan Autan dan Print Laser

1. Persiapkan desain PCB

desain PCB1
Desain PCB bisa didapat dari internet, atau merancang sendiri menggunakan software desain PCB misalnya eagle. Jika merancang sendiri, maka print hasilnya TIDAK di print terbalik(mirror) jika untuk membuat PCB yang dicetak menggunakan kertas transfer. Mirror tidak perlu dicentang. Lihat seperti dibawah.

desain PCB eagle

2. Printing laser

print laser PCB

Cari jasa print laser kalau tidak memiliki mesin laser print sendiri, sebelum diprint sesuaikan ukuran yang diinginkan. Tapi jika membuat desain sendiri menggunakan software biasanya tidak perlu diubah ukurannya lagi.

GUNAKAN kertas Glossy atau kertas foto, atau kertas bekas kalender yang mengkilap. Lebih bagus kertas transfer seperti yang digunakan pada pelindung  stiker sebelum ditempelkan kalau ada.

Jangan print hanya untuk satu PCB saja, buat saja 4 atau 6 desain. Satu kertas foto A4 bisa di cetak untuk beberapa PCB jumlah tergantung ukurannya. Hal ini untuk cadangan karena terkadang satu kali transfer tidak berhasil 😀 .

3. Siapkan PCB polos

PCB polos yang bagus adalah dari bahan pertinax, tapi yang biasa juga boleh saja. Ada baiknya jika baru beli PCB polos jangan disentuh pada bagian lapisan tembaganya karena bisa meninggalkan bekas jari yang susah dibersihkan. Hal ini bisa menyebabkan transfer PCB tidak berhasil karena menjadi susah menempel.

Jika sudah terlanjur, maka bersihkan dulu sampai bersih dengan cara disabun pakai sabun cair yang biasa dipakai cuci piring. Gunakan penggosok yang juga biasa dipakai buat cuci piring atau wajan dari minyak yang membandel, biasanya terbuat dari semacam mirip serabut aluminium foil. Jangan menggunakan kertas gogok, karena bisa menipiskan lapisan tembaga.

Lihat Juga :  Skema Box Speaker CLA 18 Inch Double Untuk Mereproduksi Bass Jauh

4. Cara transfer jalur dari kertas print ke PCB

  • Buatlah larutan dari autan dan air. Kira-kira 3 – 5 tetes autan diencerkan dengan 3 sendok air pada wadah kecil, aduk sampai tercampur rata.
  • Kuaskan hingga merata pada permukaan lapisan tembaga pada PCB polos.
  • Tempelkan kertas printing desain yang sudah dipersiapkan pada bagian lapisan tembaga PCB polos.
  • Letakkan diatas meja dengan sisi tembaga menghadap keatas, taruh diatasnya lagi MIKA TIPIS yang umum dipakai sampul penjilidan oleh anak-anak sekolah. Gosok menggunakan sisi uang logam sampai merata dengan agak ditekan supaya jalur bisa menempel, tapi jangan terlalu keras agar tidak rusak. Dikira-kira saja.
  • Jika sudah selesai proses menggosok, selanjutnya diamkan dulu beberapa menit lalu lepaskan secara perlahan kertas print dengan PCB dengan hati-hati dari pinggir. Jika ternyata ada sebagian jalur yang belum menempel, segera rekatkan kembali dan gosok lagi dengan dilapisi mika sampai jalur menempel.
  • Jika sukses, maka seluruh jalur pada kertas print akan tertransfer semuanya ke permukaan tembaga PCB. Jika ternyata rusak atau terlalu banyak jalur yang tidak menempel, bisa diulangi lagi tapi setelah dibersihkan lagi PCBnya sampai benar-benar bersih.
  • Setelah kertas print diambil, selanjutnya biarkan sampai kering betul dengan sendirinya didalam ruangan selama beberapa menit( 30-60 menit)tanpa dijemur karena jalur bisa retak-retak.
  • Jika sudah kering, cuci PCB untuk menghilangkan sisa-sisa kertas yang ikut menempel supaya lebih cepat pada proses pelarutan dengan fery chloride. Gosok pelan-pelan supaya jalur yang sudah menempel tidak mengelupas lagi.
  • Jika hanya sedikit jalur yang tidak sempurna atau terputus, maka bisa ditambal menggunakan SPIDOL marker permanen warna merah, biru, atau silver.

membuat PCB dengan autan
membuat PCB mudah

pcb eagle

5. Proses etching(pelarutan) dengan ferry chloride

  • Fery chloride mudah didapat ditoko elektronika atau toko kimia. Zat kimia ini sangat korosif pada logam, dengan demikian maka bisa dimanfaatkan untuk melarutkan bagian tembaga PCB yang tidak diperlukan untuk membentuk jalur rangkaian elektronika.
  • Karena sangat korosif, maka hati-hati jangan sampai mengenai peralatan apapun terutama logam dan kalau perlu pakailah pelindung tangan karena gatal jika mengenai kulit.
  • Dalam proses pelarutan PCB ini diperlukan wadah, biasanya kotak plastik kue yang agak tinggi. Banyak dijual ditoko alat rumah tangga.
  • Persiapkan larutan ferry chloride pada wadah, tambahkan air secukupnya aduk sampai larut.
  • Masukkan PCB yang sudah di transfer tadi kedalam wadah berisi ferry chloride. Kemudian wadah harus di goyang-goyang terus sampai bagian tembaga yang tidak diperlukan hilang atau larut 100% sehingga tidak ada lagi jalur yang konslet antara satu dengan yang lainnya. Lakukan kira-kira 30 menit, biasanya ditandai dengan warna putih pada bagian tembaga PCB yang sudah larut.
  • Jangan terlalu lama, sebab tembaga bisa habis seluruhnya dan pekerjaan membuat PCB gagal.

6. Proses akhir

  • Jika yakin jalur sirkuit sudah terbentuk dengan baik tanpa ada yang masih gabung/koslet, cuci PCB dengan air bersih. Keringkan.
  • Jika PCB melengkung, bisa diluruskan dengan cara disetrika .
  • Agar jalur tembaga PCB tidak berkarat menghitam akibat terkena udara, caranya bisa dipernis.

7. Catatan

Hati-hati dengan sisa larutan ferry chloride karena bisa merusak alat-alat sebaiknya ditangani dengan baik, jangan dibuang sembarangan.

Jika sudah selesai, ini langkah yang cukup mendebarkan. Memasang komponen, lalu mencobanya. Karen elektronika sanga sensitif, maka pastikan tidak ada jalur yang koslet agar hasil jadinya sesuai dengan yang diharapkan. Periksa dengan teliti sebelum menyalakannya.

membuat pcb dengan print laser dan autan

Selamat mencoba membuat PCB sendiri dengan cara printing laser dengan bantuan Autan. (Artikel ini dibuat pertama sejak merebaknya wabah Covid-19 akhir tahun 2019, semoga wabah ini segera berlalu.)

Leave a Reply