Penyearah Setengah Gelombang Dan Gelombang Penuh

Penyearah adalah rangkaian elektronik yang digunakan untuk mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah. Dua jenis penyearah yang umum digunakan adalah penyearah setengah gelombang dan penyearah gelombang penuh. Kedua jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Artikel ini akan membahas secara detail tentang penyearah setengah gelombang dan gelombang penuh, serta mengungkap cara kerja dan perbedaan utamanya.

Penyearah setengah Gelombang dan Gelombang penuh, kekurangan dan kelebihan

Penyearah setengah gelombang dan gelombang penuh

Penyearah Setengah Gelombang

a. Cara Kerja Penyearah Setengah Gelombang

Penyearah setengah gelombang menggunakan dioda sebagai komponen utama. Dioda memungkinkan arus mengalir hanya pada satu arah. Ketika arus bolak-balik masuk ke rangkaian, dioda memastikan hanya setengah gelombang dari arus tersebut yang dilewatkan. Sisanya, diabaikan. Jadi, outputnya hanya berupa satu polaritas arus searah.

b. Kelebihan Penyearah Setengah Gelombang

Salah satu kelebihan dari penyearah setengah gelombang adalah kesederhanaan rangkaian. Hanya membutuhkan satu dioda dan satu beban untuk merakit penyearah ini. Selain itu, biaya produksi dan komponen yang digunakan relatif murah.

c. Kekurangan Penyearah Setengah Gelombang

Kekurangan utama penyearah setengah gelombang adalah efisiensinya rendah. Karena hanya setengah gelombang saja yang digunakan, maka separuh daya dari input sumber listrik akan terbuang sia-sia. Hal ini menyebabkan penyearah setengah gelombang kurang efisien jika dibandingkan dengan penyearah gelombang penuh.

Baca Juga :  Cara Merakit Power Amplifier Anti Dengung, Sederhana Tidak Bikin Pusing

2. Penyearah Gelombang Penuh

a. Cara Kerja Penyearah Gelombang Penuh

Penyearah gelombang penuh menggunakan lebih banyak dioda jika dibandingkan penyearah setengah gelombang. Rangkaian ini menggunakan dua dioda (center tapped) dan 4 dioda membentuk dioda bridge yang diatur secara khusus untuk memastikan bahwa seluruh gelombang dari arus bolak-balik bisa digunakan. Dalam satu periode, setiap gelombang dari kedua polaritas diubah menjadi arus searah.

b. Kelebihan Penyearah Gelombang Penuh

Penyearah gelombang penuh memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan penyearah setengah gelombang. Karena seluruh gelombang dari input arus bolak-balik dimanfaatkan, penyearah gelombang penuh menghasilkan daya output yang lebih besar. Hal ini membuatnya lebih cocok untuk digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan daya yang lebih besar.

c. Kekurangan Penyearah Gelombang Penuh

Kekurangan utama penyearah gelombang penuh adalah kompleksitas rangkaian yang lebih tinggi. Memerlukan dua dioda dan transformator pusat-tap (center-tapped transformer) atau atau 4 dioda membentuk dioda bridge untuk mengubah seluruh gelombang. Kompleksitas ini dapat meningkatkan biaya produksi. Baca juga : Rangkaian Trafo CT 12 Volt, Simetris Non Simetris

3. Kesimpulan

Keduanya, yaitu penyearah setengah gelombang dan penyearah gelombang penuh, memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sesuai dengan aplikasi yang diinginkan. Penyearah setengah gelombang adalah pilihan yang sederhana dan murah, tetapi memiliki efisiensi yang rendah. Sementara penyearah gelombang penuh menawarkan efisiensi yang lebih tinggi, namun dengan rangkaian yang lebih kompleks. Pemilihan jenis penyearah yang tepat akan memastikan performa yang optimal dalam sistem elektronik Anda.

Leave a Reply