Cara Memasang Gacun 5 Kabel Untuk PSU TV LED/LCD

Cara Memasang Gacun 5 Kabel secara umum lebih mudah dan lebih aman khususnya untuk TV LED atau LCD segala merk baik samsung, polytron, LG, sharp, TCL, Philip, Thosiba dll. Sebenarnya ada beberapa model gacun 5 kabel tapi yang umum yang tanpa menggunakan photo coupler, yang akan kita gunakan sebagai contoh saat ini.

Sekilas tentang gacun untuk menggantikan blok switching  TV LED

Gacun adalah solusi praktis dan instan untuk memperbaiki Power supply atau PSU SMPS TV led atau LCD yang rusak karena pada umumnya susah untuk memperbaiki PSU smps. Mengapa PSU SMPS susah untuk diperbaiki? karena umumnya blok PWM cukup rumit dan IC pwm dan mosfet biasanya juga susah didapatkan. Menurut saya gacun adalah jalan terakhir ketika solusi untuk mengembalikan PSU seperti aslinya sudah buntu. Bagaimanapun PSU yang asli masih lebih baik daripada jika di modifikasi menggunakan gacun. Permasalahan umum dari gacun biasanya kurang stabil karena feedback mungkn tidak sesuai, atau arus dari gacun kurang memenuhi kebutuhan TV. Untuk itu pastikan membeli gacun 5 kabel yang sesuai dengan ukuran TVnya.

Jenis-jenis gacun

Bisa saja kita menggunakan gacun 3 kabel, 4 kabel atau 5 kabel untuk semua pSU SMPS termasuk PSU TV led. Tetapi yang 5 kabel ini yang relaif paling aman dan mudah daripada yang lainnya, tetapi meskipun begitu ada hal-hal yang harus diperhatikan supaya tidak terjadi kesalahan.

Pastikan Blok penyearah +300VDC bekerja

Blok penyearah terdiri dari dioda bridge di blok primer power supply SMPS TV, ELCO 100uf/400V, yang sebelum masuk ke blok penyearh ada beberapa komponen seperti capasitor, emi filter dan sekring. Pastikan sekring tidak putus, dan dioda bridge tidak short. Test dengan multitester apakah tegangan 300VDC hadir. Jangan lupa lepaskan soket ke motherboard terlebih dahulu. Harap diwaspadai elco 400Vdc menyimpan tegangan tinggi, supaya aman paralel elco besar tersebut dengan dop 50-100watt.

Periksa juga dioda di dekat trafo apakah tidak short, dan jika ada elco yang kembung diganti saja. Mosfet kemungkinan short, periksa lalu lepaskan dri PCB. Pada intinya tegangan 300VDC hadir dan rangkaian PSU tidak short. Berikut gambar skema pemasangan gacun 5 kabel plus penjelasan dari awal sampai selesai :

 

cara pasang gacun 5 kabel Pada semua Tv LED

Langkah-langkah memasang gacun 5 kabel

Persiapan :

  • Lepaskan pin no 4 potocopler
  • Lepaskan Mosfet dari PCB
  • Putus/cut jalur ke IC PWM khususnya VCC dan Feedback. Jika ngeshort harus dilepaskan dari PCB
  • Temukan jalur arus feedback yang terhubung dengan trafo swittching, dioda penyearah dan elco. Pastikan tegangan feedback tak lebih dari standar tegangan Fb pada gacun misalnya diantara 12V-18Vdc
  • Temukan jalur +300VDC di kaki elco besar primer PSU
  • Temukan jalur ground yang terhubung dengan bagian primer PSU
Baca Juga :  Cara Memasang Transistor Final Sanken pada PCB Driver OCL Safari 400 watt

Mulai pemasangan Gacun 5 kabel:

  1. Hubungkan kabel warna Hitam ke ground bagian primer PSU kaki elco 400V negatif (-)
  2. Hubungkan kabel warna Hijau ke +300Vdc (dikaki positif + elco besar) bagian primer PSU
  3. Hubungkan kabel warna Kuning ke lubang kaki Drain(kaki tengah) dari Mosfet yang sudah dilepas dari PCB.
  4. Hubungkan kabel warna Merah ke jalur Feedback di kaki + elco tegangan feedback(sesuaikan tegangan dengan gacun misal 12V-18Vdc). Tegangan ini bisa diperoleh dari tegangan Vcc yang menuju IC PWM, jadi pastjkan tegangan tersebut sesuai dengan tegangan yang diminta gacunnya.
  5. Jika mengacu pada skema diatas maka putuskan jalur yang terhubung ke pin potocoupler pin 3 dan 4. Kemudian hubungkan kabel warna Putih di solder hubungkan ke pin no 4 dari photocoupler yang menuju ke pin FB IC PWM. Dan pin yang no 3 potocopler disambung/jumper ke Ground area primer. Jika PSU pada TV yang lain pin 3 potocoupler ada yang terhubung ke ground sehingga pin no 3 tidak perlu diapa-apakan lagi, hanya pin no 4 yang dicut.

Menguji tegangan PSU setelah dipasang gacun

Jangan lupa berdoa terlebih dahulu, pastikan soket PSU ke mainboard masih belum terpasang kemudian masukkan steker ke stop kontak listrik. Periksa tegangan 5 volt di soket yang menuju MainBoard apakah sudah hadir dengan semestinya? Jika pemasangan gacun benar sudah barang tentu tegangan akan hadir dengan baik dan siap untuk menyulai moterboard dan menyalakan TV. Setelah soket ke Mainboard dipasang dan colokan sudah ditancapkan, maka tegangan 12V dan lainnya pasti akan hadir jika tegangan 5Volt yang mengaktifkan standby dari PSU sudah hadir.

Penutup

Demikian cara memasang gacun 5 kabel untuk PSU TV LED atau LCD. Pilih gacun 5 kabel yang sesuai baik tegangan feedback yang diperlukan harus ada pada PSU, dan jangan lupa pilih gacun sesuai dengan ukuran TVnya supaya tegangan tidak drop saat TV dinyalakan. Pastikan tidak ada kesalahan sedikitpun dan juga pastikan tegangan skunder sesuai dengan tegangan yang seharusnya seteah memakai gacun .

Leave a Reply