Category Archives: Rangkaian Elektronika

Skema Rangkaian Monitor Pengisian Baterai Untuk Baterai Charger

Alat Monitor pengisian baterai

Monitor Pengisian Baterai adalah alat yang berguna untuk menunjukkan status pengisian baterai dengan nyala LED sebagai signal indikatornya. Misalnya yang menyala hanya enam LED(mode bar) atau LED ke-enam(mode titik) berarti kapasitas baterai tinggal 60%. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan mengenai desain monitor pengisian Baterai yang cukup sederhana dan mudah Anda rakit. Jika Anda memiliki … » Baca selengkapnya..

Skema Rangkaian Charger Aki 12V Otomatis Terputus Ketika Penuh

Skema Charger Otomatis Putus ketika Aki Sudah Penuh

Charger yang akan coba kita rakit ini memungkinkan memutuskan pengisian secara otomatis ketika sudah full charge, sehingga bisa mencegah overcharge yang bisa merusak aki/baterai. Bisa digunakan untuk mengisi baterai maupun aki12 Volt, aki mobil maupun sepeda motor, dll.  Rangkaian ini tidak banyak menggunakan komponen sehingga sangat mudah untuk dirakit serta tidak membutuhkan banyak biaya. Charger … » Baca selengkapnya..

√Cara Cek Atau Menguji Kerusakan Trafo Step Down Menggunakan Multimeter

Menguji trafo 2

Trafo step down bekerja menurunkan tegangan tinggi AC 220 menjadi tegangan AC rendah, terdiri dari gulungan primer, gulungan skunder dan inti besi atau sering disebut kern. Pada dasarnya cara kerja trafo yaitu ketika gulungan primer dialiri tegangan AC maka akan menghasilkan fluks magnetik yang melewati kern secara bolak-balik. Menurut Hukum Faraday karena gulungan skunder terkait … » Baca selengkapnya..

Cara Menguji Transistor Menggunakan Multimeter Analog

Bentuk bentuk transistor, jenis dan simbol

Transistor adalah komponen elektronik jenis aktif(menguatkan signal, memodulasi signal, switching, stabilizer, dll) dan harus menerima tegangan supaya bekerja sehingga seringkali rusak. Kerusakan transistor umumnya disebabkan karena tegangan kerja yang tidak sesuai, disipasi yang berlebihan, atau tegangan masuk yang salah. Cara mengetes atau menguji kerusakan transistor tidak sama dengan komponen pasif seperti resistor dan kapasitor. Ada … » Baca selengkapnya..

Cara Membaca Resistor Dengan 5 atau 6 Pita/Gelang Warna

Tabel warna lengkap untuk resistor dengan 3, 4, 5, 6 pita warna

Untuk menunjukan nilai resistor bertimbal seringkali menggunakan kode pita warna-warni, yaitu yang merupakan pengkodean yang didefinisikan dalam standar internasional IEC60062.  Secara umum resistor yang kita jumpai memiliki 4 gelang/pita warna, yaitu terdiri dari pita/gelang yang pertama dan gelang kedua menunjukkan nilai signifikan, gelang ke-tiga adalah pengganda, dan gelang keempat adalah yang terakhir yang menunjukkan toleransi. … » Baca selengkapnya..

Cara Mengetahui Nilai Resistor dari Kode Warna dengan Mudah

Menghitung resistor kode warna resistor dengan jari

Resistor adalah komponen yang bekerja untuk menghambat, menentang, atau menahan tegangan listrik – yang kita sebut juga dengan “tahanan”. Semakin besar nilai resistor maka akan semakin banyak listrik yang bisa ditentang/ditahan. Contohya jika ingin memperoleh arus listrik yang sesuai pada transistor agar bekerja sesuai dengan yang diharapkan, maka diberi tahanan atau resistor dengan nilai tertentu. … » Baca selengkapnya..

Catu Daya Teregulasi Linier Vs SMPS, Mana Yang Lebih Baik?

Regulator Linear Vs SMPS, mana yang terbaik

Perangkat elektronik yang menggunakan sirkuit terpadu membutuhkan sumber tegangan DC yang bisa memasok daya setiap saat tanpa terputus atau naik turun. Dalam artikel ini kita akan mencoba membandingkan 2 topologi catu daya, yaitu catu daya teregulasi liner dan SMPS yang bisa kita pilih untuk proyek elektronik kita kedepan. Alasan kita memilih diantara keduanya akhirnya berdasarkan … » Baca selengkapnya..

Skema Cara Membuat Charger Baterai 6-12V Otomatis(Auto Cut Off)

skema dan cara membuat charger baterai 6V-12V

Memang alat charger aki sudah banyak dijual dipasaran, namun kamu juga bisa  berekperimen merakit sendiri dengan keuntungan biaya yang murah serta mendapatkan ilmu. Komponen yang digunakan untuk charger baterai otomatis ini tidak banyak dan mudah didapatkan di toko komponen elektronika dimana-mana. Charger otomatis bekerja memproses pengisian apabila tegangan dari baterai telah menurun dari tegangan maksimal … » Baca selengkapnya..