Category Archives: Rangkaian Elektronika

Cara Membaca Resistor Dengan 5 atau 6 Pita/Gelang Warna

Tabel warna lengkap untuk resistor dengan 3, 4, 5, 6 pita warna

Untuk menunjukan nilai resistor bertimbal seringkali menggunakan kode pita warna-warni, yaitu yang merupakan pengkodean yang didefinisikan dalam standar internasional IEC60062.¬† Secara umum resistor yang kita jumpai memiliki 4 gelang/pita warna, yaitu terdiri dari pita/gelang yang pertama dan gelang kedua menunjukkan nilai signifikan, gelang ke-tiga adalah pengganda, dan gelang keempat adalah yang terakhir yang menunjukkan toleransi. … » Baca selengkapnya..

Cara Mengetahui Nilai Resistor dari Kode Warna dengan Mudah

Menghitung resistor kode warna resistor dengan jari

Resistor adalah komponen yang bekerja untuk menghambat, menentang, atau menahan tegangan listrik – yang kita sebut juga dengan “tahanan”. Semakin besar nilai resistor maka akan semakin banyak listrik yang bisa ditentang/ditahan. Contohya jika ingin memperoleh arus listrik yang sesuai pada transistor agar bekerja sesuai dengan yang diharapkan, maka diberi tahanan atau resistor dengan nilai tertentu. … » Baca selengkapnya..

Catu Daya Teregulasi Linier Vs SMPS, Mana Yang Lebih Baik?

Regulator Linear Vs SMPS, mana yang terbaik

Perangkat elektronik yang menggunakan sirkuit terpadu membutuhkan sumber tegangan DC yang bisa memasok daya setiap saat tanpa terputus atau naik turun. Dalam artikel ini kita akan mencoba membandingkan 2 topologi catu daya, yaitu catu daya teregulasi liner dan SMPS yang bisa kita pilih untuk proyek elektronik kita kedepan. Alasan kita memilih diantara keduanya akhirnya berdasarkan … » Baca selengkapnya..

Skema Cara Membuat Charger Baterai 6-12V Otomatis(Auto Cut Off)

skema dan cara membuat charger baterai 6V-12V

Memang alat charger aki sudah banyak dijual dipasaran, namun kamu juga bisa¬† berekperimen merakit sendiri dengan keuntungan biaya yang murah serta mendapatkan ilmu. Komponen yang digunakan untuk charger baterai otomatis ini tidak banyak dan mudah didapatkan di toko komponen elektronika dimana-mana. Charger otomatis bekerja memproses pengisian apabila tegangan dari baterai telah menurun dari tegangan maksimal … » Baca selengkapnya..