Skema Jalur Kabel Tape Mobil Head Unit

Skema Jalur Kabel Tape Mobil(sering disebut dengan Head Unit), sebenarnya cukup mudah karena umumnya sudah disediakan wiring diagramnya dan kita hanya tinggal mengikutnya saja. Akan tetapi bisa saja tape mobil yang kita punya tidak dilengkapi dengan wiring diagram atau diagram sudah terkelupas/terhapus. Tapi jangan khawatir karena kita bisa mengikuti sesuai warna kabel karena warna kabel pada peralatan listrik khususnya mobil adalah kode untuk jalur tertentu jadi tidak sembarangan dalam menggunakan warna kabel.

Skema Diagram Pengkabelan Head Unit Mobil atau Tape Mobil

Gambar skema jalur kabel tape mobil

skema jalur kabel tape mobil

Penjelasan gambar

Kabel warna biru tidak perlu digunakan jika audio mobil anda tidak dilengkapi dengan power amplifier tambahan. Fungsi dari kabel warna biru adalah sesuai namanya yaitu remote (REM), berguna untuk mematikan power secara otomatis ketika head unit off yang ketika kunci kontak mobil di OFF untuk bisa dicabut. Tujuannya tentu saja supaya power amplifier eksternal/tambahan misalnya subwoofer tidak aktif ketika seluruh sistem audio di matikan/off.

Baca juga : Panduan Dasar Audio Mobil Untuk Pemula, Tips, dan Cara Instalasinya

Kabel warna pink atau oranye (DASH) adalah iluminasi, juga tidak perlu diggunakan karena untuk sinyal lampu di dashboard, ini sebagai tanda tape mobil aktif atau nonaktif.

Khusus untuk kabel ke speaker kiri depan dan belakang atau kanan depan dan belakang yang memiliki strip warna hitam adalah negatif speaker. Warna kabel sama untuk 1 unit speaker negatif dan positif speaker, kabel negatif masing-masing ada strip berwarna hitam. Perhatikan pin pada speaker biasanya memiliki tanda polaritas yaitu negatif(-) dan positif(+). Pastikan ini tidak terbalik supaya kualitas audio tape mobil maksimal, tetapi jika terbalik tidak menyebabkan risiko kerusakan.

Baca Juga :  Rangkaian Cara Membuat Power Supply regulator dengan IC LM78xx dan Transistor 3055

Kabel warna kuning adalah kabel konstan atau tegangan konstan dari kutub positif aki mobil, sedangkan kabel warna merah adalah kabel positif yang terhubung dengan saklar dan ke aki mobil. Saklar disini standarnya mengunakan kunci kontak mobil pada pin ACC atau pin asesoris.

Kabel warna hitam adalah kabel ground atau massa, yang selalu terhubung dengan kutub negatif aki mobil dan bisa melewati body mobil.

Baca juga : Jenis-jenis Speaker Pada Sistem Audio Mobil yang Wajib Diketahui

Perlu kehati-hatian

Menambahkan tape mobil berarti menambahkan alat kedalam sistem kelistrikan mobil. Awas! harus selalu berhati hati sebab arus dari aki mobil cukup besar, konsleting dapat menyebabkan kebakaran dengan cepat. Kesalahan sedikit bisa menjadi fatal. Pastikan pengkabelan benar benar sudah sesuai dengan warna yang benar sebelum mencoba menghidupkannya. Meskipun tidak terjadi kebakaran, kesalahan warna kabel bisa menyebabkan kerusakan serius pada tape mobil head unit anda.

Kesimpulan

Demikian Skema Jalur Kabel Tape Mobil Head Unit, semoga bisa membantu Anda daalam membuat pengkabelan tape mobil. Tidak sulit hanya tinggal mengenali warna kabel dan kegunaannya, tapi pastikan dengan betul tidak ada kealahan sebab kesalahan kecil bisa merusak tape mobil bahkan menyebabkan kebakaran. Jika anda kurang yakin sebaiknya minta bantuan kepada teknisi audio mobil unutk menghindari risiko tersebut.

Leave a Reply