5 Bahan Terbaik Untuk Membuat Box Speaker Dan Subwoofer

Kebanyakan tetangga kita menganggap bahan terbaik untuk box speaker adalah partikelboard. Apakah pendapat itu benar? Sebelum menjawab itu kita harus tahu dulu apa kegunaan box speaker itu sendiri selain sebagai wadah atau box untuk melindunginya. Kegunaan box speaker yang tak kalah penting dari sekedar wadah adalah untuk mencegah suara yang dihasilkan oleh diafragma / conus speaker dibagian  belakang speaker menyebar dan berinteraksi dengan gelombang suara yang keluar dari depan diafragma. Selain itu juga harus mampu mengatur suara yang diproduksi oleh speaker dengan baik – ini terkait dengan desain box speaker yang kita buat. Untuk mengetahui cara bagaimana membuat box speaker yang baik, baca juga => Cara Membuat Box Speaker Yang Benar Sehingga Hasilnya Bagus

Desain box speaker berkisar dari bentuk sederhana buatan sendiri (DIY) yang berwujud kotak polos biasa, hingga yang didesain dengan canggih dan rumit menggunakan komputer yang menggabungkan banyak bahan. Syarat material bahan yang digunakan untuk membuat box speaker adalah:

  • Kuat tidak lentur, sehingga mampu menahan getaran/resonansi untuk mencegah distorsi
  • Mudah direkatkan antara potongan satu dan yang lain, artinya kita bisa membuat sambungan yang kuat yang tidak mudah goyah/kendor
  • Memiliki peredamanan yang baik, untuk mencegah suara keluar langsung dari box
  • Mudah dipotong (berbeda dengan speaker buatan pabrik yang menggunakan bahan seperti fiberglass atau akrilik/plastik yang hanya bisa dibentuk dengan cara dicetak menggunakan alat khusus)

Untuk mengetahui apa saja material bahan yang baik untuk wadah speaker, mari kita lanjutkan untuk membaca daftar berikut.

5 Bahan Terbaik Box Speaker Dan Sub-woofer

Bahan terbaik box speaker

1. Raw Particleboard (papan partikel mentah)

Partikel dibuat dari bubuk kayu dan lem yang dikompres hingga padat, adalah bahan yang memiliki permukaan yang relatif halus dan lapisan yang lebih kasar. Bahan partikel ini mampu memberikan peredaman getaran yang lebih kuat, namun memiliki emanasi suara yang lebih tinggi. Bagian pinggir yang dipotong sangat keropos dan sulit untuk digabungkan. Untuk membuat box speaker dari bahan partikel ini papan harus direkatkan menggunakan lem kayu dengan cara yang baik. Dan untuk membuat box speaker yang lebih kecil dengan volume hingga sekitar 10 liter, papan partikel harus setebal 16 mm, atau setidaknya setebal 19 mm untuk box speaker yang lebih besar. Untuk finishingnya, papan partikel mentah bisa dilapisi dengan bahan pelapis kayu atau bisa juga karpet, atau bisa juga didempul dan dicat.

Harga Partikelboard Mentah

  1. Partikel board 15mm 122×244 harga Rp 108.000
  2. Partikel board 18mm 122×244 harga  Rp 128.000

2. Veneered particleboard (Partikel Lapisan)

Partikel Veneered adalah papan partikel yang dilapisi plastik/veneer di kedua sisinya, yang dapat ditemukan di hampir setiap toko mebel. Jadi tak jauh bedanya dengan particleboard mentah/biasa. Tersedia dalam ukuran 15mm atau 18 mm. Bahan ini memiliki karakteristik yang sama dengan bahan dasarnya yaitu papan partikel mentah. Hanya saja yang membedakan dengan partikel mentah, papan partikel veneered memiliki lapisan veneer yang bermacam-macam motif sehingga kita tak perlu lagi melapisi atau mengecat box speaker yang dibuat dari bahan ini.

Baca juga : Perbedaan dan Fungsi Speaker Subwoofer, Woofer, Midrange, dan Tweeter

3. Medium-density Fiberboard(MDF)

MDF bahan box speaker

Adalah papan rata yang dibuat dari serat kayu halus dan lem yang dikompresi dengan mesin. Papan MDF memiliki permukaan yang lebih halus dengan tepi pemotongan yang jauh lebih halus daripada papan partikel mentah. Bahan ini lebih baik dalam hal meredam emanasi suara, tetapi sedikit lebih rentan terhadap getaran – namun karena bobotnya yang berat, hanya getaran yang lebih besar yang bisa menggerakkannya. Memiliki struktur yang halus membuat MDF sangat cocok dipakai untuk membuat lemari karena kemudahan untuk memotong bentuk diagonal lebih baik daripada material yang lainnya. Jika Anda ingin membentuk desain box speaker yang rumit, maka MDF bisa menjadi bahan yang baik dari segi kemudahan pemotongan.

Lihat Juga :  Cara Menyetel Bias Dan DC Offset Pada Driver Amplifier Class A/B

MDF lebih mudah direkatkan dengan lem dan diikat dengan sekrup. Untuk  membuat box speaker dengan volume hingga sekitar 10 liter, ketebalan minimal 15 mm; dan box speaker yang lebih besar MDF harus memiliki ketebalan setidaknya 18mm.

Harga MDF 2019

  1. MDF 15mm 122×244 harga  Rp 158.000
  2. MDF 18mm 122×244 harga Rp 183.000

4. Plywood / Triplek (multipleks)

Terbuat dari beberapa susun lembaran kayu yang saling direkatkan, yang masing-masing memiliki ketebalan 1 mm, dengan posisi setiap lapisan saling memotong 90°. Triplek adalah bahan terbaik untuk mendapatkan insulasi resonansi maupun untuk peredaman emanasi suara. Lem kayu adalah cara yang paling baik untuk merekatkannya, bisa ditambahkan skrup untuk semakin mengikatnya. Untuk finsihing permukaan triplek mudah dicat atau dilapisi dengan pernis bening. Pada bagian sisi pemotongan triplek jauh lebih sulit untuk diampelas daripada bahan MDF, jadi harus dipotong dengan cara yang benar dan dengan alat yang memadai. Triplek memiliki keunggulan lebih ringan daripada bahan MDF dan partikel, serta lebih tahan lama daripada MDF – hal ini sehingga sangat cocok sekali untuk box speaker sound system yang disewakan atau yang harus dibawa kemana-mana.

Untuk box speaker dengan volume 10 liter, ketebalan triplek minimal 15mm, lebih besar dari itu disarankan 18mm.

Harga triplek 2019

  1. Triplek Meranti 18mm 122X244cm harga Rp 230.000
  2. Triplek Meranti 15mm 122×244 harga Rp 183.000

Triplek kayu meranti adalah bahan terbaik yang tersedia ditoko-toko mebel saat ini.

Baca juga : Cara Menyambung Banyak Speaker yang Benar pada Audio Sound System

5. Papan Kayu Asli

Papan kayu yang bisa dipakai untuk box speaker harusnya memiliki kontur yang halus dan ringan, biasanya kayu seperti kayu pinus yang di-open. Papan-papan kayu ini bisa saling direkatkan untuk membentuk papan yang lebar sesuai kebutuhan ukuran box speaker yang mau dibuat. Kelemahan kayu akan mengembang saat udara lembab, dan akan berkontraksi saat kering. Tetapi jika kayu direkatkan dengan baik disemua sudut, masalah itu bisa diatasi. Papan juga bisa retak pada titik-titik terlemahnya, sehingga membuka jalan untuk udara masuk atau keluar. Bagaimanapun papan kayu asli bukanlah bahan yang mudah untuk dikerjakan ketika berbicara tentang box speaker, meskipun bisa lebih kuat dan tahan getaran.

Kesimpulan

Dari beberapa bahan mebel diatas untuk membuat box speaker sendiri dirumah, saya bisa menarik kesimpulan bahwa triplek adalah bahan terbaik, dengan alasan lebih ringan, lebih kuat, tidak lentur serta mudah ditangani. Triplek juga lebih tahan cuaca daripada partikel board, juga lebih mudah dicat untuk finishingnya. Bahan terbaik kedua adalah MDF dan ketiga adalah partikel board, sementara kayu adalah bahan yang kuat sayangnya mudah terpengaruh suhu dan jauh lebih susah untuk ditangani/perlu keahlian ekstra kerja kayu. Disisi lain triplek memiliki kelemahan dari sisi harganya yang lebih tinggi. Mau pilih yang mana?

2 Comments

  1. udin Juli 4, 2019
    • Supri Juli 5, 2019

Leave a Reply