Skema Box Speaker Hog Scoop 18 Inch Untuk Subwoofer Lapangan

Hog Scoop Adalah satu jenis box speaker yang didesain untuk sub-bass khususnya untuk audio lapangan yang sudah lama dikenal dan banyak digunakan. Box speaker ini merupakan desain dari Stipe Ercegovic, dimana yang menggunakan speaker subwoofer 18 inch sebagai drivernya. Menurut doi, box hog scoop ini memiliki respon freqwensi dari 35Hz hingga 200Hz, yang memiliki dimensi 986X636X950mm. Tertarik untuk membuatnya sendiri?

Skema Box speaker Hog scoop ini agak rumit daripada box mini scoop apalagi planar, jadi kamu harus lebih teliti lagi mengingat banyak sekali sekat dan pemotongan sudut yang harus presisi supaya rapat dan tidak kendor 😀 (udah kayak iklan jamu hahahihi aja) . Nah untuk itu disarankan kamu harus memiliki alat pertukangan kayu yang cukup lengkap terutama pasrah mesin, dan jigsaw. Alat lainnya termasuk meteran dsb. Tapi sebenarnya kalau dikerjakan tidaklah terlalu susah dan rumit asalkan memperhatikan dengan baik ukuran-ukurannya.

Baca juga : Desain Box Speaker Band Pass Untuk Subwoofer 10 inch

Skema dan Desain Box Speaker Hogscoop, untuk Speaker Sub-bass Audio Lapangan

Bahan :

  1. Multiplex/MDF dengan ketebalan 18mm
  2. Lem kayu
  3. Baut
  4. Paku
  5. Bahan finishing, cat tekstur/vinil/ karpet

Tahap #1 Menggambar pola dan membuat panel utama

Potong dulu papan utama/main box, kemudian garis sesuai pola untuk letak panel-panel yang diberi tanda huruf huruf, yang merupakan seluruh jumlah panel yang ada. Panel SR1-SR4 adalah sekat yang berlawanan dari belakang kedepan.

Pola tataletak dan ukurannya sebagai berikut : (KLIK UNTUK MEPERBESAR GAMBAR)
Hog Scoop

Skema box speaker Hogscoop

Skema hog scoop

Tahap #2 Memotong papan untuk membuat panel part/sekat-sekat

Buatlah panel-panel dengan sepresisi mungkin supaya nanti mudah dalam merakitnya, dari panel A-M. Khusus panel SR1-SR4 masing-masing dibuat pasang.
Skema hog scoop panel part

Lihat Juga :  √ Harga Speaker ACR 12" Semua Seri Dan Jenisnya

Skema hog scoop panel part 22

  • Panel K, L dan M memiliki dimensi 950mmX600mm
  • Panel N dan O memiliki dimensi 980X986
  • Panel part A,B,C,D,E,F,G,H,J, masing-masing memiliki panjang 600mm, mengikuti lebar panel L.

CATATAN:

    • Sekat SR1-SR4 masing-masing sejumlah 2 buah.
    • ALUR Pada panel B dan K : Alur adalah coakan yang harus dibuat soalnya setiap driver/speaker memiliki ukuran magnet yang berbeda tidap type dan merk. Jadi kegunaan alur disini adalah supaya speaker yang bermagnet besar tetap bisa masuk.

Tahap #2 Merakit Box

Gb1:  Lihat ukuran jarak antara masing-masing panel SR1-SR4
Skema box speaker Hogscoop 7
Gb2: Mulai merakit antar panel, lakukan dengan tepat agar hasilnya bagus.

Skema box speaker Hogscoop 8
Tahap #3 Finishing

Silahkan kamu melakukan finsihing dengan cara yang paling kamu sukai, bisa di cat tekstur, dilapisi vinil, karpet dan lain-lain.

Jika ingin menambahkan pegangan disisi kanan dan kiri, silahkan diukur sendiri untuk membuat lubangnya, sesuaikan dengan pegangan yang bisa kamu peroleh ditoko. Atau bisa juga membuat kreasi sendiri aja deh 😀

 

Skema desain box speaker hog scoop 18 inch

Demikian skema dan desain box speaker hog scoop, sub-bass untuk audio lapangan/outdoor yang cukup lama populer dan banyak digunaka oleh professional audio seluruh dunia. Semoga desain diatas bisa dipahami sehingga berhasil membuat box hog scoop dirumah, sesuai dengan yang diharapakan. Selamat mencoba!

One Response

  1. sunarto Agustus 11, 2019

Leave a Reply