Ukuran Dan Skema Box Speaker Monitor 2-way 2×15 inch Dan 1 Tweeter

Box ini sebenarnya bisa disebut dengan speaker mid-bass 2x15inch plus 1 tweeter, hanya saja memang sangat cocok dipakai sebagai speaker monitor atau speaker mandiri/tak harus didukung oleh jenis lainnya seperti sub-bass atau mid-hi. Hal ini karena sudah bisa mencakup seluruh range frekwensi audio. Cukuplah untuk keperluan acara di gedung kecil atau acara lapangan terbatas. Desain trapesium/limas atau seperti setengah lingkaran diharapkan dapat menghasilkan suara yang bulat dan meningkatkan gain. Kenapa tidak 12 inch? 12 inch sebenarnya bisa bisa saja, namun 15 inch adalah yang paling sesuai untuk keprluan ini. Diantar keistimewaan 15 inch adalah lebih baik untuk nada rendah hingga nada menegah, dan tak mudah terjadi feedback terutama jika untuk speaker monitor.

Skema dan Ukuran Box Speaker Monitor 2-way 2×15 inch Dan 1 Tweeter Lengkap

gambar skema box speaker monitor

Bahan :

Jika mengikuti desain ini, material papan yang dipakai harus dengan ketebalan 15mm. Ini sudah cukup ideal dan seusai dengan kebutuhan, akan tetapi jika menggunakan 18mm juga tidak masalah hanya saja volume box speaker juga harus disesuaikan. Untuk mengikat antar panel, harus menggunakan kombinasi paku, skrup dan lem kayu/epoxy untuk menjamin ketahanannya. Dan tahap finishing, bisa di lapisi karpet atau dicat tekstur.

Lihat juga :

1. Ukuran panel-panel.

Semua panel sisi memiliki ukuran tinggi 1.127.0mm, dan ukuran lebar beserta sudut-sudut pemotongan papan seperti pada gambar :

Lihat Juga :  Skema Box Speaker CBS Ukuran 15 Inch Single

Ukuran panel-panel box 15x2plus 1 tweeter
Desain tampak depan, beserta tinggi panel samping dan jarak lubang/port.
ukuran tampak depan box 15x2plus 1 tweeter
Ukuran panel atas dan bawah
Ukuran panel atas dan bawah box 15x2plus 1 tweeter

2. Ukuran Panel depan

  • Tweeter standar sesuai dengan desain pada skema adalah untuk corong 35,5cmX11cm. Kamu bisa mengganti dengan ukuran corong yang mendekati.
  • Ukuran baffle atau lubang driver 15 inch standard, atau boleh disesuaikan dengan ukuran driver tertentu yang dikehendaki.
    Ukuran panel depan box speaker 15x2 plus 1 tweeter

3. Sekat dan Brace

Fungsi brace disini hanya untuk memperkuat box speaker monitor 15×2 plus 1 tweeter ini. Hal ini selain supaya kuat juga agar tidak bergetar dan mempengaruhi kualitas audionya.

a. tata letak brace
posisi sekat dan brace
posisi letak box speaker 15x2
b. ukuran brace dan sekat
ukuran brace box speaker 15x2 plus 1 tweeter

4. Ukuran baten

Baten ini fungsinya sebagai dudukan grill pelat baja berlubang sebagai pelindung speaker, tapi hal ini tidak harus ada. Kamu bisa melengkapi dengan baten atau tidak sesuai selera.

Ukuran baten box speaker 15x2 plus 1tweeter
5. Finishing

Gambar dibawah ini adalah penampakan setelah box usai di buat dalam bentuk gambar desain 3D, agar kamu bisa lebih mudah berangan-angan tentang bagaimana hasil akhirnya. Bisa dipasang grill pelat berlubang atau tidak, atau bagaimana cara finishing yang paling sesuai silahkan dibayangkan sendiri ya :d

Baca juga : Ukuran Skema Box Speaker Aktif 3-Way 15 Inch 700W Bass Besar

desain speaker monitor 15x2 plus 1 tweeter corong
Demikian skema dan ukuran papan untuk membuat box speaker monitor mid-bass 15 inch x 2 plus tweeter. Power amplifier yang cocok antara 400Watt-700Watt, sehingga ideal untuk acara indoor/outdoor terbatas. Selamat mengerjakan!

Leave a Reply