Skema Ukuran Box Speaker 8 Inch Subwoofer 3 Jenis Populer

Untuk menentukan ukuran dari Box Speaker 8 inch(dan seterusnya) subwoofer ini umumnya berdasarkan hitungan tertentu untuk memperoleh karakter audio yang diharapkan, penanganan daya  – hingga untuk memperoleh ukuran yang pas agar loudspeaker lebih awet. Ada berbagai tipe/jenis box speaker untuk subwoofer, tapi dalam artikel ini saya akan membahas untuk 3 jenis yang populer yaitu jenis sealed, bandpass dan bass reflex. Subwoofer 8 inch umumnya sering dipakai untuk audio mobil, tapi tentu juga bisa digunakan di dalam ruangan rumah. Jika Kamu ingin membangun audio 2.1, box subwoofer berikut ini juga bisa untuk dipakai.

Skema dan Ukuran Box Speaker 8 inch Subwoofer dari berbagai Jenis yang paling populer

Bahan :

Untuk skema-skema box speaker 8 inch subwoofer harus menggunakan material papan dengan ketebalan 15 mm. Dengan ketebalan ini diharapkan agar minim getaran pada box mengingat ini adalah jenis speaker subwoofer. Seperti biasa, gunakan skrup, paku dan lem kayu/epoxi agar box kuat dan kedap.

1. Jenis Box Subwoofer Sealed/tertutup Dan Ukuran

Jenis Box sealed berarti memiliki ruang udara yang tertutup atau tanpa ventilasi, yang biasanya didesain dalam kisaran volume  yang ditentukan. Volume internal bisa bervariasi tergantung pada jenis suara yang ingin didapatkan. Box sealed dapat memiliki volume yang besar atau kecil tanpa port atau ventilasi. Udara yang berada di dalam box berfungsi sebagai pegas udara untuk mengontrol gerakan conus woofer, yang terkadang-disebut  “suspensi akustik”.

Baca juga : Cara Membuat Box Speaker Yang Benar Sehingga Hasilnya Bagus

Box speaker sealed yang berukuran besar akan menghasilkan keluaran yang lebih halus dengan bass yang lebih dalam tetapi juga bisa membatasi penanganan daya karena conus woofer semakin memiliki kontrol yang lebih sedikit pada frekuensi yang lebih rendah. Terlalu banyak daya pada frekuensi yang lebih rendah bisa merusak komponen speaker. Jadi Kamu harus dapat memastikan daya amplifier yang kamu pakai jika menggunakan box spekaer jenis ini.

Jenis box ini biasanya digunakan ketika ingin mereproduksi musik dengan sangat akurat pada volume sedang. Box sealed adalah salah satu desain yang paling populer bagi yang ingin mencari reproduksi suara yang sangat akurat atau asli. Dengan box yang tertutup rapat seperti ini, maka bass akan sangat kencang dan terkontrol – dan woofer akan menangani sejumlah besar daya karena akan membatasi gerakan conus pada frekuensi yang lebih rendah yang dapat merusak speaker.

Kelebihan

  • Bass yang sangat akurat
  • Respons bass yang ketat
  • Penanganan daya yang luar biasa
  • Ukuran agak kecil
  • Mudah dibuat
  • Respons frekuensi rendah luar biasa

Kekurangan

  • perlu box ang lebih besar untuk mendapat respon bass yang lebih dalam.
  • Membutuhkan lebih banyak woofer dan daya agar mendapat ouput lebih besar

Ukuran Box subwoofer jenis Sealed 8 inch

Jenis Box Subwoofer Bass refleks Dan Ukuran

Box speaker Bass refleks (disebut juga dengan ported atau vented enclosure) atau tipe box terbuka dimana yang memiliki port atau lubang sebagai ventilasi yang akan meningkatkan output pada frekuensi tertentu. Jenis box speaker ini sedikit lebih rumit untuk dibuat daripada tipe box sealed tertutup, dan kamu perlu untuk menggunakan driver yang berkualitas baik agar tidak cepat rusak. Ventilasi akan terhubung dari output sisi belakang woofer ke output sisi depan speaker. Ini bisa disetel untuk frekuensi tertentu yang memungkinkan peningkatan gain di sekitar frekuensi yang disetel. Volume box, area ventilasi, dan panjang box sangat penting untuk mendapatkan penyetelan dan penanganan daya yang tepat. Jika Anda tidak menggunakan woofer yang baik maka akan mendapat respons bass yang jelek atau bahkan kerusakan pada woofer.

Box jenis ported(terbuka) ini sangat populer karena bisa meningkatkan output pada frekuensi rendah tertentu dengan signifikan. Ini bisa menguntungkan jika menginginkan output yang besar atau jika ingin memaksimalkan output dari subwoofer namun dengan power amplifier yang lebih kecil.

Lihat Juga :  Desain Ukuran Boks Subwoofer Mobil 12" Dua Speaker

Aturan port atau ventilasi:

Luas dan panjang port/ventilasi sangat penting untuk penyetelan suara yang tepat. Jika mengubah kednya akan sangat memengaruhi kualitas suara, kinerja, bahkan daya tahan speaker. Bentuk lubang tidak begitu penting, bisa bulat, persegi, dll.

Kelebihan:

  • Meningkatkan gain/output
  • Lebih efisien
  • Irit daya/tidak butuh daya amplifier yang besar

Kekurangan :

  • Lebih sudah dibuat dari tipe sealed
  • Lebih besar ukurannya dari tipe sealed
  • Harus menggunakan driver yang berkualitas bagus
  • Dapat memiliki nois ventilasi jika tak dibuat dengan benar

A. Ukuran Box jenis Bass refleks 8 inch dengan ventilasi persegi

Ukuran panel dasar, atas dan bawah 485.2mm x  254.0mm

Ukuran subwoofer 8 inch

ukuran box speaker 8 inch subwoofer tipe bass refleks
Panel depan dan ukuran driver

B. Ukuran Box jenis Bass refleks 8 inch dengan ventilasi bulat

Desain box subwoofer 8 inch jenis bass releks yang berbentuk bulat ini umumnya menggunkan pipa, disini harus berdiamater sekitar 80.0mm. Ini adalah pilihan yang lebih sederhana daripada ventilasi persegi seperti desain diatas.
box subwoofer 8inch port bulat/pipa
Panel kiri dan ukuran port/ventilasi
sisi kiri box subwoofer port bulat 8 inch

 

Jenis Box Subwoofer Band Pass Dan Ukuran

Box jenis Bandpass dirancang untuk melewatkan keseluruhan output dari box speaker melalui lubang yang lebih kecil daripada luas permukaan speaker. Box jenis bandpass ini adalah kombinasi dari tipe box speaker sealed/tertutup dan tipe terbuka/porting. Woofer dipasang di dalam box yang dibagi menjadi dua sisi ruang dengan salah satu ruang diberi ventilasi keluar.

Keuntungan utama dari bandpass tertutup ini adalah bisa memungkinkan untuk mendapatkan output yang signifikan melalui lubang kecil. Hal ini juga bisa disetel untuk meningkatkan output dalam range frekuensi yang sempit.  Jenis box bandpass ini memang menghasilkan banyak karakter, baik dari sisi sealed/tertutup maupun sisi terbuka/porting.

Dari sisi ruang tertutup/sealed akan memengaruhi respons frekuensi rendah. Untuk mendapatkan bass yang lebih dalam akan membutuhkan ruang udara yang lebih banyak, sehingga perlu box yang berukuran lebih besar.

Lalu sisi terbuka/porting akan menyetel respons frekuensi atas dan tingkat output. Ruang porting yang lebih besar akan memberikan range frekuensi yang lebih luas tetapi akan mengorbankan output. Seperti halnya box tipe porting, area dan panjang port akan sangat mempengaruhi output dan respons frekuensi serta kualitas dan kemampuan speaker.

Output dari box jenis bandpass tidak terlalu datar atau mulus dalam hal respons frekuensi. Ini dapat berarti bahwa beberapa frekuensi akan lebih keras daripada frekwensi yang lain dan tidak akan secara akurat dapat mereproduksi suara musik seperti aslinya. Bandpass sealed yang lebih kecil akan menghasilkan respons yang paling datar tetapi dapat memiliki peningkatan output yang besar dalam range frekuensi yang lebih kecil.

Baca juga : Skema Dan Ukuran Box Subwoofer Audio Mobil 12 Inch Single General

Kelebihan:

  • lebih efisien pada frekuensi tertentu.
  • Memungkinkan menyalurkan bass melalui celah yang lebih kecil

Kekurangan

  • lebih cenderung merusak speaker.
  • Kualitas suara menurun.
  • Susah dibangun.
  • Ukuran bisa sangat besar
  • Susah mengganti speaker

A. Skema Ukuran Box jenis Band Pass 8 inch dengan ventilasi persegi

Ukuran panel dasar, atas dan bawah 485.2mm x  254.0mm
box subwoofer 8 inch

A. Skema Ukuran Box jenis Band Pass 8 inch dengan ventilasi bulat

Sama dengan jenis bass refleks, jenis band pass juga sering menggunakan ventilasi bulat/pipa. Hal ini tentu lebih sederhana daripada yang menggunakan ventilasi kotak diatas.
ukuran box subwoofer 8inch bandpass ventilasi persegi

Demikian Ukuran Box speaker 8 inch subwoofer dari berbagai jenis populer, yang bisa kamu pilih sesuai dengan karakter suara audio yang kamu inginkan – atau mana yang menurut kamu paling mudah dibuat.

Leave a Reply