Desain Box Speaker Band Pass Untuk Subwoofer 10 inch

Apakah box speaker Band Pass? Yang jelas box speaker ini didesain agar nada tinggi benar-benar di saring sehingga yang terdengar hanyalah nada rendah saja. Tapi hal ini mengacu juga pada rangkaian pendorongnya (amplifier) yang sudah diberi tapis Low Pass Filter atau sering juga disebut dengan subwoofer filter. Bahasa yang lebih mudah dipahami ini adalah box speaker bazzoka, itu saja 😀 . Jadi jika Anda menginginkan suara audio dengan bass yang menggelegar atau suara gemuruh yang dahsyat ketika menonton film action, maka box ini sangat cocok untuk Anda gunakan. Bisa juga dipakai sebagai subwoofer didalam mobil, karena desain ini tidak terlalu besar.

Sebelum Anda membuat box bandpass berikut berarti Anda sudah memiliki amplifier yang didesain khusus untuk subwoofer dimana yang dilengkapi dengan lowpass filter/ crossover active. Cocok untuk amplifier dengan kekuatan daya keluaran 100W, menggunakan speaker 10 inch 8 ohm, frekwensi respon 56Hz-27Hz pada 6db. Anda bisa mencoba merakit sendiri untuk pendorongnya dengan power OCL 150W, lihat ulasannya di Cara Modifikasi Power OCL 150 Untuk Mendorong Subwoofer

Desain Box Speaker Bandpass 10 inch

Desain skema box bandpass untuk bazzoka

Desain ini menunjukkan letak speaker berada didalam atau tertutup, dengan menggunakan dasar desain box speaker model box sealed atau tertutup sehingga lebih cocok untuk ruangan. Perlu diingat, speaker yang dipakai adalah speaker khusus subwoofer agar mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Bahan :

  • 1 Lembar Papan MDF atau multiplek harus ketebalan 18mm(jika menggunakan papan 15mm harus merubah desain)
  • Paku dan skrup 1/2 dim
  • Lem kayu
  • Bahan finishing, cat texture/vinil/karpet

Alat alat : Peralatan pertukangan kayu, termasuk meteran, pensil, jigsaw, pasrah, palu, gergaji, dll.

2. Memotong main box

Pertama potong papan persegi dengan ukuran 310mmx360mm

Lihat Juga :  DVD Player No Disc - Penyebab Kerusakan Dan Cara Memperbaiki

Desain Box speaker bandpass bazzoka 1

3. Membuat panel sisi kiri

Potong papan untuk panel kiri 396mmx444mm. Gambar pola dimana nanti akan di sambungkan dengan ptotongan panel panel yang lain.

Desain Box speaker bandpass bazzoka2

4.

Desain Box speaker bandpass subwoofer3

5. Membuat dudukan speaker dan penguat

Gb1.

Potongan warna hijau adalah dudukan speaker dengan ukuran 360mmx310mm, serta buat lubang untuk speaker 10 inch yaitu lubang dengan diameter 234mm. Yang warna kunging adalah penyangga untuk panel sisi belakang.

Desain Box speaker bandpass subwoofer 4

Gb2.

Lanjutkan memasang penyangga warna kuning kiri dan kanan masing masing potongan 50mmx132mm.

Desain Box speaker bandpass subwoofer 10 inch

6. Membuat panel belakang

Panel belakang ada 2 potongan papan yaitu yang pertama warna abu-abu 150mmx310mm dan warna coklat muda 310mmx294mm, plus lubang udara dengan diamter 100mm.

Kedua panel belakang tersebut jangan dipaku atau di lem lebih dulu sebab dari situ kita nanti memasang speakernya.

Desain Box speaker bandpass subwoofer 10 inch 2

7. Membuat panel atas

Panel atas posisinya bisa dilihat yang warna merah muda, 360mmx310mm.

Desain Box speaker bandpass bazzoka7

8.Membuat panel depan

Panel depan berwarna aqua, potong papan 310mmx 444mm


Desain Box speaker bandpass bazzoka8

9. Membuat panel samping kanan

Berikut bentuknya sudah kelihatan, dan panel kanan adalah potongan terakhir yang harus Anda buat yaitu papan 396mmx 444mm, sama dengan panel sisi kiri.

 

Desain Box speaker bandpass bazzoka9

1o. Finishing

Finishing seperti biasa, silakan dicat tekstur atau dilapisi vinil atau karpet sesuyai selera. Seperti gambar dibawah ini, panel belakang tidak di skrup dulu sebelum speaker terpasang didalam.

Desain Box speaker bandpass subwoofer 10 inch 3

Tips:

Anda juga bisa membuat rangkaian power amplifier khusus subwoofer yang dilengkapi low pass filter yang langsung di pasang menjadi satu dengan box speaker diatas sehingga menjadi sebuah bazzoka yang ringkas gampang ditaruh dimana saja baik didalam mobil maupun didalam ruangan.

Leave a Reply