Skema Box Speaker CBS 18 Inch Bass Jauh, Model Sederhana Hasil Luarbiasa

Perkembangan Audio DIY-er makin maju saja, saat itu agak kudet juga soalnya lama tak bergaul dengan kawan-kawan. Sekali ketemu ditanyain tentang box speaker CBS, bingung sih soalnya masih belum tahu :D. Menurunya box ini sangat luarbiasa glerrnya, katanya tak butuh power yang terlalu besar karena diklaim meningkatkan gain hingga 40%. Bikin penasaran juga usut punya usut box CBS yang dimaksud ternyata adalah box jenis sub-bass jauh karya anak bangsa Mas Agung Mbantul Jogya. CBS artinya Continous Box System, yang dimaksud dalah karena box ini menggabungkan 2 jenis box menjadi satu yaitu direct dan sub; yaitu suara bass yang di tingkatkan oleh box sub kemudian di direk/diarahkan jauh kedepan. Disamping ukuran volume boxnya yang memang cukup besar, sehingga gain lebih banyak ditingkatkan.

Konon idenya dimulai ketika memikirkan budget yang terbatas, dimana tak butuh power yang kompleks dan besar tapi sudah mampu menghadirkan kualitas audio lapangan yang setara dengan profesional. Ini adalah ide yang luarbiasa yang bisa menjadi solusi bagi yang ingin segera tanggapan, awesome!. Sampai saat ini sudah berkembang banyak type CBS, baik dikembangkan oleh penciptanya sendiri maupun oleh siapa saja para entusiast audio.

CBS 18 dan Mid hi 12

Menurut saya ini tak beda prinsipnya dengan box speaker miniscoop atau box rumah keong atau superscoop, hanya saja dengan desain dan ukuran yang sedikit berbeda.

Skema Desain Membuat Box Speaker CBS 18 Inch Tunggal

Box Speaker CBS menurut penciptanya yaitu antara direct box dan sub bisa dibuat terpisah maupun dibuat permanen. Untuk skema yang saya buat ini berdasarkan desain resmi dari Mas Agoeng yaitu box speaker CBS 18 inch, namun disini saya membuat desain yang permanen atau menyatu tak bisa dipisahkan. Alasan saya, hal ini hanya sedikit menghemat bahan serta biar lebih praktis saja. Alasan ini praktis jika hanya untuk CBS X 1 speaker saja. Cukup besar juga sih jika dibuat menyatu, tingginya hampir 1,5 meter.

Jika Kamu ingin misalnya memakai driver 15inch x 2, bisa mendesain box CBS dengan  sub dan direct terpisah agar mudah mengangkutnya dengan pickup.

Lihat Juga :  Cara Membuat Efek Gitar Chorus, Skema dan Hasilnya

Bahan :

Papan yang harus digunakan memiliki ketebalan 19mm, atau bisa lebih. Bisa MDF maupun triplek

1 Panjang kali lebar panel utama

  • Panel kiri dan kanan 145.70cm x 96cm
  • Panel atas dan bawah 96cm x 60cm
  • Panel belakang 141.90cm x 60cm
  • Panel tengah/sekat 94.10cm x 60 cm

skema box cbs - lebar dan panjang papan

2. Ukuran Brace dan Port

Brace adalah penjepit atau penahan agar box tidak bergetar , lalu port adalah lubang papan sekitar 37 cm diameter. Sementara lubang speaker 18 inch atau kira-kira 41,6 cm , volume sub cukup besar yaitu 60cmx60cm. Brace tidak harus seperti itu, karena fungsinya hanya sebagai penguat agar box tidak bergetar.

Panel depan tempat bertenggernya driver otomatis ketemu 60cmx60cm.

skema box speaker cbs sekat dan brace

 

skema box speaker cbs 18 inch 3

3. Finishing

Ketika sudah finishing kira-kira seperti ini bentuknya. Dengan dimensi 1,47M x 0,138M, hm.. cukup besar juga ya.

 

Skema box speaker CBS 15 inch finish

Kelebihan Box Speaker CBS

Karena menggunakan volume yang besar, tentu saja bass yang dihasilkan semakin menggema dan besar – bahasa englandnya gleerr. Hal ini tentu saja dengan tendangan power yang lebih kecil sudah mampu menghentak dada, jadi tak perlu susah-susah memiliki power berdaya besar. Hemat listrik, hemat biaya. Karakter sound seperti ini memang sangat cocok untuk box sound system lapangan. Kelebihan lainnya adalah tak begitu sulit jika membuat sendiri, berbeda ketika membuat box turbo atau hogscoop dimana yang banyak membut sekat dengan kemiringan pemotongan yang cukup rumit.

Kekurangan Box speaker CBS

Bentuknya yang besar, tentu lebih banyak papan yang harus dipakai. Yang pada akhirnya ukuran yang besar tentu lebih merepotkan saat “mengusungnya”. Opo seh bahasa Indonesia mengusungnya itu? 😀

Karena ini box los dan dengan volume besar, maka lebih cepat membuat daun speaker kendor atau jebol. Namun ini bukan kendala berarti jika driver yang dipakai berkualitas baik, dan paham tentang keseimbangan daya power dan speaker.

Demikian skema dasar box CBS 18 inch Luarbiasa yang dikembangkan Agoeng Bantul Jogya, semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply