Skema Box Speaker CLA 18 Inch Double Untuk Mereproduksi Bass Jauh

Box speaker CLA 18 ini masuk dalam kategori jenis speaker Folded Horn, dimana yang pada dasarnya meniru konsep klakson atau sangkakala. Artinya yang dibuat untuk mereproduksi suara yang keras sekaligus memiliki jangkauan yang lebih jauh dari lokasi. Asumsi saya seperti itu. Untuk speaker sejenis folded horn termasuk yang sudah saya posting sebelumnya ==> Skema Box Speaker 18 Turbo Bass. Jadi jenis speaker seperti ini memang didesain khusus untuk speaker lapangan. Jenis speaker ini sering dibahas di group-group audio, dan memang sangat diakui dan sudah banyak penggemarnya. Karena ini jenis box speaker tertutup(sealed) maka power amplifier sebagai pendorong harus memiliki power yang cukup besar agar dapat menghasilkan bass yang cukup. Tapi jangan khawatir, jika kamu tidak memiliki power yang cukup besar, bisa memakai Box Speaker CBS 18  dimana yang bisa meningkatkan gain hampir 2 kalilipat.

Skema Dan Desain Box speaker CLA 18 Inch Double

Untuk membuat box speaker CLA dalam desain ini kamu harus menggunakan papan dengan ketebalan 18 inch. Kamu bisa menggunakan MDF atau multiplex, tapi sebaiknya multiplex karena lebih ringan mengingat ini adalah box double 18 dan banyak menggunakan sekat-sekat. Gunakan skrup dan lem kayu agar benar-benar kuat untuk merekatkan antar panel dan sekat box speaker CLA ini.

Desain box ini sedikit rumit. Lakukan dengan hati-hati terutama saat memotong, jangan sampai melenceng dan harus lurus sepresisi mungkin supaya tidak ada sambungan yang longgar dan gunakan papan yang berkualitas. Tentu saja sambungan yang longgar akan menurunkan kualitasnya nanti 😀 .Kalau tukang kayu mebel sih pasti sangat mudah membuatnya :D.

Lihat Juga :  Cara menghilangkan suara dengung-an power audio saat mesin mobil hidup

Bagian-bagian box – panel, sekat dan brace

Berikut bagian-bagian box yaitu panel, sekat, dan brace(komponen box). Masing-masing komponen box identifikasi dengan tanda huruf A- O, yang bertanda 1 ukurannya sama dengan yang bertanda 2. Yang berwarna kuning(O1 , O2) adalah dudukan untuk removable/buka tutup untuk memasang dan melepas driver/loudspeaker.

Skema Box CLA 18 gb2

Ukuran Panjang X Lebar masing-masing komponen box

Ukuran Panel box CLA

tampak belakang

KETERANGAN GAMBAR :

  • Panel atas dan panel bawah adalah panel dasar(tidak ditandai dengan huruf) ukuran papan 1400.0mm x  780.0mm
  • A1, A2 : Panel sisi kiri dan kanan ukuran papan 780.0mm x 544.0mm 
  • B : Panel belakang ukuran papan 1364.0mm x 544.0mm

Ukuran Panjang dan sudut kemiringan sekat-sekat :

Lebar masing-masing sekat berikut adalah 544.0 mm
Skema Box CLA 18 Ukuran komponen

Panel dan brace khusus dan ukurannya

Ukuran panel khusus, O1, O2; A1, A2;  D1 D2; P; K1, K2
Skema Box CLA 18 Double gb5

 

Skema Box CLA Brace Dan Panel
A1, A2 adalah panel sisi kiri dan kanan, dibuat sedemikian rupa untuk dapat dibuka dan ditutup(removable). Karena pada Box CLA ini posisi driver 18 inch berada didalam box. D1, D2 adalah tempat dudukan driver, lubangi untuk speaker 18 inch.
Box CLA 8

Ukuran Box CLA 18

Finishing

Akhirnya selesai sudah membuat skema box speaker CLA folded horn, speaker bass jauh yang cukup banyak digemari oleh soundman tanah air kita. Silahkan melakukan finishing dengan cara masing-masing, dicat tekstur, dico dll.

Desain box speaker CLA 18 Double

Demikian sudah saya sajikan skema desain Box speaker yang cukup banyak digemari ini, folded horn CLA 18 inch. Semoga bisa dipahami dengan mudah gambar desain diatas meskipun agak sedikit njelimet, dan mungkin akan saya perbaiki sedikit-demi sedikit jika masih ada yang kurang benar/jelas.

Leave a Reply