Ukuran Boks Subwoofer Super Scoop 15″ (Rumah Keong) Untuk Lapangan

Tak ada habis-habisnya membahas soal desain boks salon(speaker cabinet) subwoofer jenis scoop. Ya memang ini adalah jenis bass refleks yang paling simpel dibuat namun hasilnya cukup memuaskan terutama untuk audio  lapangan. Ohya apa sih desain speaker bass refleks? pada intinya yang dimaksud dengan bass refleks adalah dimana loudspeakernya berada diluar dan menghadap kedepan. Ini adalah salah satu dari jenis boks subwoofer yang ada, sementara itu jenis yang lain adalah band-pass dimana yang loudspeakernya ditaruh didalam boks dan tidak tampak dari luar – nanti akan kita buat juga desainnya menyusul di artikel berikutnya.

Sudah tahu maksud dari jenis box subwoofer bass refleks, dan sekarang apa sih maksudnya mini scoop? scoop sejatinya adalah sekop untuk mengambil tepung, jadi desain boks speaker meniru bentuk dari sekop tersebut. Nah kalau orang jawa bilang, desain cabinet scoop juga suka disebut dengan desain rumah keong – karena ada yang desainnya mirip dengan rumah keong. Desain seperti ini identik dengan clarinet atau seperti terompet sangkakala – jadi artinya super scoop yang desain mirip rumah keong ini memiliki kelebihan tersendiri yaitu bass bisa terdengar lebih jauh.

miniscoop

Ada banyak desain box subwoofer scoop yang bertebaran, dari mulai yang miniscoop 12 inch, hingga yang mirip rumah keong seperti yang akan saya sampaikan ukuran dan desainnya di artikel ini. Desain versi berikut adalah desain super scoop atau versi scoop yang lebih besar yang lebih khusus untuk lapangan, dimana yang bisa menjangkau lebih jauh lagi.

Baca Juga :  Skema Desain Box Speaker Mid-hi type Horn Loaded 1x12 + Tweeter MT212

Anda bisa melihat alat dan bahan yang anda butuhkan, cari tahu di artikel ini

Gambar Desain dan Ukuran Box Super Scoop Versi Lapangan (rumah keong)

1 . Langkah Dasar Pembuatan

Potong triplek atau bahan apa saja yang anda sukai sesuai pola pada gambar. Sebagai langkah awal, potong bahan sesuai dengan ukuran dasar yaitu potongan samping kiri. Lalu gambar desain ukurannya dengan pensil dan penggaris pada permukaan sisi dalam seperti pada gambar berikut:

 

desain miniscoop 15 inch lapangan

2. Memotong Bagian Komponen

Kemudian langhak berikutnya potong bahan-bahan untuk sisi atas, belakang, bawah sekaligus sekat-sekat yang ada didalam. Untuk bagian yang melengkung, anda bisa menggunakan triplek yang lebnih tipis sehingga mudah di lengkungkan. Potong arah melebar dan panjangnya di sesuaikan sendiri. Lihat Gambar :

 

Desain box mini scoop 15 inch dan ukuran

3. Mempersiapkan Komponen Penutub Boks  Sisi Kanan

Jika sudah nyaris selesai, akan tampak seperti gambar berikut. Disini anda hanya tinggal memotong bahan untuk menutup bagian samping kanan.

desain miniscoop 15 perspektif samping

4. Selesai

Sekarang boks mini scoop 15 inch sudah selesai anda buat. Namun disini anda masih butuh untuk memberi pelindung yang berfungsi untuk mencegah benturan yang ada disudut-sudut serta karpet atau cat tekstur agar bahan lebih tahan terhadap cuaca.

3 model desain boks miniscoop 15 inch

gambar mini scoop 15 inch

Demikian gambar desain untuk boks speaker super scoop 15 inch keong version khusus untuk keperluan sound system lapangan. Semoga bermanfaat!

One Response

  1. yoko Januari 7, 2019

Leave a Reply