Ukuran Dan Skema Box Speaker Planar Horn 18 inch Double Long

Jenis speaker Horn tentu didesain untuk menjangkau jarak yang jauh, sehingga paling sesuai adalah digunakan untuk audio lapangan. Seperti halnya box speaker planar horn 18 inch double long ini, cukup bagus untuk melengakapi sound system lapangan sebagai speaker sub-bass jarak jauh dengan frekuensi repons 30Hz -600Hz . Planar horn sudah sangat populer dikalangan sound system mania, selain lebih mudah dalam membuatnya(daripada jenis box speaker sub-bass horn lainnya) juga memiliki karakter bass yang rata-rata disukai. Skema box speaker lapangan lainnya jenis mid-hi, mungkin kamu tertarik ==>Skema Box Speaker Mid-hi type Horn Loaded 1×12 + Tweeter MT212

Ukuran Box Speaker Planar Horn 18 inch Double Long Dan Skema Secara Rinci

Bahan dan material :

Material terbaik mungkin jenis kayu lapis yang berkualitas, akan tetapi jika menurut skema ini ketebalannya harus 18mm. Agar supaya sambungan papan tidak mudah lepas atau bocor, disarankan menggunakan 3 kombinasi dalam meyambung antar panel yaitu paku, skrup dan lem epoxy/lem kayu.

Sebagai sentuhan akhir atau finishing, disarankan pakai dempul dan cat agar material tidak mudah menyerap air.

1. Ukuran Panel Dasar

  • Panel dasar adalah panel bawah dan panel atas, ukuran : 1254.0mm x900.0mm
  • Panel belakang ukuran 1218.0mm x 600.0mm
  • Panel samping kanan/kiri ukuran 900.0mm x 600.0mm
  • Panel tengah / pemisah 872.0mm x 600.0mm

Pada skema box planar 18 inch double berikut juga disertakan ukuran setiap panel yang ada, dalam tampilan 2D dan 3D supaya lebih mudah dibaca dan pahami.

Skema Dalam 2D
ukuran box speaker planar 18 double
Skema dalam 3D
Skema box speaker planar horn 18 double 3D

Lihat Juga :  Skema Box Speaker Rumah Keong, Super Scoop 18 Inch

2. Ukuran panel depan/penyangga speaker

Diameter baffle driver dengan diameter 424.0mm adalah sesuai dengan driver ACR 18″ PA 188175 EXCELLEN, jika ingin mempergunakan merk driver yang lain, silakan disesuaikan diameternya.
Panel depan planar 18 double

3. Penampilan Planar 18 inch double

CAATATAN : Pegangan disesuaikan dengan keinginan

Desain planar horn 18 double long

4. Menambahkan peredam

Bahan peredam akustik untuk speaker sangat mudah didapatkan ditoko elektronik. Boleh ditambahkan jika ingin suara lebih soft, karena karakter box planar cenderung kick atau sedikit lebih menghentak mirip box mid-low misalnya cubo kick. Baca juga : Skema Box Speaker Midlow, Cubo Kick 15 Inch Untuk Lapangan
desain speaker planar

5. Finishing

Selain box disarankan dempul dan cat sebagai sentuhan ahkir, jika perlukan bisa diberi grill pelindung supaya tidak dijadikan markas tikus ketika disimpan lama. Tinggal di lup bagian tepi, kemudian grill pelat baja di potong sesuai ukuran dan diskrup.

Desain box speaker planar 18 inch double lengkap 3D

Box speaker model planar adalah satu dari sekian model box speaker lapangan sub-bass horn yang paling sederhana dan tidak membutuhkan material yang banyak seperti model yang lainnya. Karakter box planar adalah sub-bass namun gak keatas sedikit mendekati karakter box mid-low, memiliki ventilasi/angin-angin yang cukup sehingga konon katanya lebih awet daun speakernya. Mungkin Anda tertarik dengan model box sub-bass lainnya yang cukup bagus juga, silakan lihat Skema Box Speaker Hybrid MPH-46, Sub-Bass 18 Double Sederhana Namun Efektif

Spesifikasi power amplifier untuk box speaker planar horn 18 ini berkisar 1600W-3200W, frekwensi 30-600Hz. Silahkan dibuat untuk melengkapi koleksi speaker lapangan Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply