Rangkaian Cara Membuat Power Supply regulator dengan IC LM78xx dan Transistor 3055

Beberapa sirkit elektronika khususnya audio (seperti tone control, mikser, audio prossesor, active subwoofer, parametrik) membutuhkan PSU atau power supply teregulasi agar hasilnya maksimal dan tidak menghasilkan dengungan atau noise. Tegangan teregulasi adalah tegangan yang benar-benar stabil dan searah, sehingga tidak drop saat diberi beban serta tidak naik turun sehingga sirkit dapat bekerja dengan baik dan sempurna.

Sementara itu,Β  power supply adalah serangkaian elektronik yang sanggup merubah tegangan listrik AC menjadi DC sekaligus memproduksi besaran arus listrik yang sesuai dengan kebutuhan. Power supply yang baik juga haruslah bisa membuat tegangan listrik DC menjadi lebih stabil (teregulasi).Tegangan yang kurang stabil akan membuat alat elektronik yang dipasok tenaganya akan menjadi kurang bagus kinerjanya. Pada beberapa perangkat audio, power supply yang kurang baik akan menimbulkan noise dan dengungan sehingga akan mengganggu kualitas suara audio yang dihasilkan.

Rangkaian power supply sederhana berikut sekaligus berfungsi sebagai regulator, sehingga listrik DC yang dihasilkan lebih stabil. Cocok untuk menghidupkan perangkat audio maupun radio agar bisa meredam noise menjadi lebih baik lagi.
ini adalah bentuk rangkaian power supply yang sederhana,hanya menghasilkan 1 tegangan output saja yaitu 12V dengan menggunakan IC stabilisator LM 7812. Kamu bisa bereksplorasi agar rangkaian power supply berikut bisa digunakan untuk beberapa besaran arus output misalnya menambahkan 1 switch,Β  plus beberapa IC LM78xx sesuai kebutuhan.

Untuk rangkaian regulator ini kita tambahkan juga rangkaian penguatan akhir yaitu menggunakan transistor type 3055, dimana yang memiliki daya dan tegangan yang tinggi. Kamu juga bisa meniadakan transistor penguat 3055 ini, jika PSU akan anda gunakan untuk sirkit yang tidak banyak membutuhkan daya misalnya pre-amp seperti tone control tunggal atau equalizer.

Lihat Juga :  Penjernih air

Berikut rangkaian power supply dengan menggunakan stabilizer IC LM7812:

Komponen/Bahan

  1. C1 :10.000mf/50v
  2. C2 :2.200mf/25v
  3. C3 :2.200mf/25v
  4. IC : LM7812
  5. D1-D4 : Diode 6 Ampere di bridge
  6. TR1 : 2N3055
  7. Trafo keluaran 15 volt

Rangkaian/Skematik

 

Rangkaian Power Supply

Rangkaian Power Supply

Keterangan:

  • Jika Kamu ingin membuat tegangan regulator menjadi 15V misalnya,kamu hanya mengganti IC stabilizer LM7812 dengan LM 7815.Perlu diketahui bahwa seri IC LM78xx adalah IC regulator dengan 2 angka dibelakang adalah tegangan stabil yang akan dikeluarkan.Namun ingat,untuk menghasilkan tegangan yang stabil,tegangan arus AC dari trafo harus berada diatas keluaran dari IC regulator LM78xx.
  • TR1 2N3055 adalah berguna sebagai penguat tegangan,sehingga jika kamu menggunakan trafo diatas 10 ampere sebaiknya dipararel menjadi 2 buah atau lebih.Hal ini agar transistor penguat tersebut tidak overheat yang bisa mengakibatkan terbakar/rusak.

Catatan : Oh ya, Trafo setidaknya memiliki arus keluaran 15Volt – 20 volt. Kenapa demikian?… jika dari travo 12 volt sedangkan IC yang dipakai adalah 7812(asumsi butuh tegangan supply 12V), maka output regulator tidak benar-benar stabil karena akan drop jika diberi beban.

Demikian sekema dan cara membuatΒ  power supply regulator dengan IC seri 78xx plus transistor sebagai penguat tegangan.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

6 Pemikiran pada “Rangkaian Cara Membuat Power Supply regulator dengan IC LM78xx dan Transistor 3055

  1. optimuz

    terima kasih banyak mas informasi mas sangat bermanfaat bagi saya semoga sukses terus y mas ,terus sebenarnya ada 1 soal yg terlewat tidak dijawab oleh mas yaitu resistor di driver apa boleh diganti ukuranya ?

    Balas
  2. optimuz

    assalamualaikum
    sebelumnya maaf mas aku nanya banyak banget y
    1 Mas temen aku kan punya power 150 wat stereo terus tr final,dioda 1n4148 dan tr yg dibawah nya juga short semua , kalau mau di perbaiki yg mono yg satu aja nggak dua duanya (baiknya tr yang short dan dioda 1n4148 di power mono yg satunya dilepas dulu atau nggak mas karena takut short lagi)?

    2 mas terus dioda 1n4148 diganti dioda 1n4002 yg ada di driver power itu boleh mas?

    3 mas terus kalok cek resistor kapasitor dan transistor itu yang benar di pcbnya langsung / di lepas dulu, kalau saya ini saya lepas semua dulu baru di cek, bedanya apa mas biar tambah ilmu biar ahli seperti mas?

    4 Mas di power 150 kan ada 3 tr seri ini namanya tr vas y mas tipenya (a733)? pengganti nya yg mudah dicari tipe apa mas?

    5 terus ada tr atasnya 1 tipenya c2001 kalau gk salah mas ini tr bias ya mas ? Terus pengganti nya apa mas yang serinya mudah dicari?

    6 Terus atasnya lagi tr bd 138/140 ini tr driver y mas kalu salah mohon dikoreksi mas ,soalnya saya pengen perbaiki driver yg rusak,dirumah banyak karena dulu buat latihan ngrakit udah berhasil tapi setelah 6 bulan pasti driver terbakar semua h h? KALAU SALAH MAAF MAS LAGI BELAJAR

    7 Elco sebagai filter tegangan dan elco dan elco posisinya sebagai di pass filter bedainya gimana mas sebenernya karena tadi mas sudah jelasin seharusnya tugas saya untuk mencari letaknya sendiri, tapi mumpung bisa tanya langsung pada ahlinya?

    Mas tolong di jawab semua y meskipun banyak

    Balas
    1. Supri

      Waduh, banyak sekali PR saya ini πŸ˜€ . Tapi gak papa, biar makin lengkap kontennnya.

      1. Stereo adalah 2 kanal terpisah, jadi kalau yang R misalnya bermasalah tidak akan menyebabkan kerusakan pada sisi L. Kecuali kerusakan itu menyebabkan power supply terganggu misalnya kerusakan komponen yang menyebabkan hubungan pendek pada power supply sehingga powerr supply tidak bisa menyuplai tegangan dengan benar.

      2. in4148 dan in4002 adalah dioda switching kecepatan tinggi, sementara in4002 dirancang utk tegangan dan arus yang lebih tinggi, tapi kecepatannya lebih lambat daripada in4148. Dalam kasus power OCL, menggantinya in4148 dengan in4002 tidak masalah alias masih cocok. Karena arus dan tegangan yang lebih tinggi, in4002 biasanya dipakai untuk perata/penyearah tegangan hingga 100V, sementara in4148 tak cocok untuk penyearah.

      3. Memang sebaiknya dilepas dalam banyak kasus, tapi biasanya kalau saya hanya saya sedot timahnya saja di 2 pin dan transistor masih nempel untuk menghemat pekerjaan. Tapi kalau memang sudah berpengalaman serta tergantung peran transistor tsb dalam rangkaian, kadang tak perlu harus dilepas.

      4. a733 Itu bukan tr vas, yang vas itu biasanya tipe yang lebih besar misalnya d400 atau bd139 pada power OCL 150. tr A733 masuk dalam bagian pre-amp atau penguatan awal, A733 yang dua buah adalah tingkatan input, lalu yg733 yag satunya bekerja sebagai regulator/penyuplai tegangan untuk diferential.

      5. Yang benar adalah TR VAS, adalah penguat singal level tegangan untuk menarik signal bias untuk penguat tingkat pertama/driver. Karena bekerja untuk menarik signal BIAS, maka sering disebut juga dg tr BIAS. Penggantinya harus sama-sama NPN, biasanya yg besar adalah BD 139 atau D400 atau bisa juga yg lebih kecil yaitu C829 pada power OCL 150.

      6. Bukan bd138,/bd140, tapi bd 139/bd140 adalah tr driver/penguat tk pertama.

      7. pass filter artinya bukan sebagai penghalus tegangan, melainkan sebagai filter signal (menghilangkan dengung, menyesuaikan frekwensi) posisinya ada di jalur input/output(basis transistor). Kalau elco sebagai filter tegangan, letaknya ada di bagian supply tegangan untuk transistor. Dan saya bukan ahli, kita sama-sama belajar ya. πŸ˜€

      Balas
  3. optimuz

    assalamualaikum mau tanya
    mas kalau di driver power kan ada banyak resistor dan elco terus kalau ada yg rusak terus ingin. diganti tapi kebetulan tidak ada ukuran yg cocok terus kalau dirubah ukuran menjadi lebih kecil / lebih besar bagaimana mas (baik uf dan v nya untuk elco dan resistansi/ ohm nya untuk resistor) trus nanya lagi mas dioda 1n 4148 kan itu bentuknya seperti dioda zener tapi sebenarnya bukan y mas maaf pertanyaan nya keluar dari tema

    Balas
    1. Supri

      ~ Jika Elco sebagai filter tegangan: Lebih besar uf-nya tidak apa-apa, asal tegangan kerja(Volt)nya jangan lebih kecil karena bisa panas dan meledak. Volt yang lebih besar tidak ada masalah. Jika lebih kecil uf-nya asal tidak terlalu jauh tidak bisa dilihat pengaruhnya, artinya kurang lebih tidak masalah. Misalnya 50uf, jangan diganti dengan 15uf apalagi 10uf – karena terlalu jauh mungkin bisa diganti 35uf

      ~ Tapi kalau elco posisinya sebagai di pass filter, lebih besar atau lebih kecil uf nya bisa berpengaruh terhadap suara.

      Dioda itu memang mirip, tapi bukan diode zener, mungkin itu dioda in4148 pada power amplifier. Diode zener biasanya ada tulisannya, yang sesuai dengan voltase kerjanya , misalnya 9V, 12V, dsb.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *