Cara Membuat Box Speaker PLANAR, Skema & kelebihannya

PLANAR HORN jika diterjemahkan menggunkan google translate, maka akan kita dapatkan terjemahannya yaitu cerobong asap. Hal ini memang bentuknya seperti mengadopsi dari bentuk cerobong asap pada rumah-rumah didaerah yang ada musim dinginnya;  Lalu apa kelebihan dan kekurangan box speaker planar horn ini?. Box Speaker Planar memang sudah lama sekali menjadi favorit para pecinta audio amatir maupun profesional. Hal ini mungkin karena jenis box speaker planar horn memiliki kararakterisitk yang baik sebagai sepaker SUBBASS yang bisa digunakan baik didalam ruangan maupun luar ruangan serta lebih simpel dan mudah dibikin daripada box model bass refleks lainnya.

Ada bermacam jenis SUBBASS Planar menurut desain yang ada, namun skema jenis box speaker ini ditandai dengan ciri utamanya yaitu dilengkapi dengan 4 ventilasi udara berbentuk kotak/bujur sangkar pada keempat sudutnya serta letak speaker yang menjorok masuk kedalam persis seperti planar horn atau cerobong asap .

Desain speaker Pelanar termasuk dalam model  bass reflex, yaitu mengadopsi model planar horn yang dengan ciri memiliki cerobong supaya jangkauannya jauh *(planar = pelantang ~ mungkin). Hal inilah yang membuat kelebihan penting dari box subbass ini, yaitu memiliki dentuman bass yang mantab, yang  tak hanya terdengar di dilokasi namun juga terdengar baik di kejauhan. Kesimpulannya planar ini sangat cocok bagi Anda yang menyewakan audio sound system untuk keperluan apa saja, baik indoor maupun outdoor.

Skema , cara membuat, kelebihan, dan kekurangan BOX SUBWOOFER lapangan Planar Horn

Desain dan Bahan terbaik untuk Box subwoofer Planar

Desain subwoofer planar tidak teralu rumit seperti box subwoofer atau bass refleks pada umumnya, namun supaya bisa mendapatkan karakter suara yang memuaskan maka desainnya harus tepat serta memakai bahan yang baik terutama untuk box speaker. Planar sendiri memiliki 2 type yaitu type long dan type short.

Bahan yang harganya mahal belum tentu baik kalau berbicara mengenai box speaker; sebagai contoh triplek yang harganya lebih mahal daripada bahan MDF, ternyata hasilnya tidak sebagus bahan MDF jika diterapkan untuk box speaker. Sementara itu pertikel adalah bahan salon yang banyak dijual dipasaran, namun partikel bukanlah bahan yang bagus dan kualitas hasilnya masih dibawah triplek.

Lihat Juga :  Kelebihan Kekurangan Power Class D dan Perbedaannya dengan Power Class AB

Namun Anda juga bisa memilih bahan kayu misalnya meranti, yang ini tentu saja lebih baik dan lebih kuat dari bahan-bahan yang tersebut diatas. Jadi kalau saya boleh menyarankan, pilihlah bahan fiber atau MDF, karena bahan ini lebih baik daripada triplek serta lebih mudah dalam membuatnya daripada dari kayu. Kalau Anda bisa atau sangat memungkinkan jika membuat box dari kayu, maka  nggak ada salahnya karena kayu adalah bahan yang kuat dan cocok untuk pemakaian jangka panjang.

Baca juga : SMPS untukCatu Daya Power soundsystem raksasa atau Watt Besar

Kelebihan kekurangan box speaker planar

  • Kelebihan box planar ini adalah tidak akan membuat speaker cepat rusak. Karena ventilasinya yang ada disetiap sudut maka daun loadspeaker tidak cepat sobek dan spul tidak mudah panas.
  • Karena desainnya mengadopsi planar horn atau bentuk cerobong asap, maka bass yang dikeluarkan bisa terdengar jauh diluar lokasi dan juga mantab didengar dilokasi. Artinya suara bisa terdengar disegala penjuru.
  • Desain tidak terlalu rumit karena kita tidak perlu untuk memotong diagonal atau membuat potongan-potongan kecil. Dengan membuat box speaker planar, siapapun pasti bisa asalkan bisa mengukur bahan dan menatanya. Soalnya memotong bahan berbentuk besar dan persegi tidaklah sulit.

Kelemahan satu-satunya box planar adalah dimensinya yang lebih besar daripada box speaker pada umumnya dengan INCH yang sama. Hal ini tentu saja akan memakan banyak ruang dan tentu bahan yang akan digunakan.

Skema dan cara membuat box planar 15 inch long

skema gambar box speaker planar

Credit : FB Group Sound system madein dewe

skema box planar

Credit : Forum.poweraudio.ro

desain skema box planar

Credit : Forum.poweraudio.ro

Skema box planar 15 inch

desain box speaker planar horn

cara membuat box planar

Credit : sombox.com.br

Nah demikian bagi para penggemar audio sound system, bahasan kita kali ini tentang desain dan cara membuat box speaker planar horn yang  banyak dijadikan favorite, skema, serta kelebihan kekurangannya.

Advertisement

14 thoughts on “Cara Membuat Box Speaker PLANAR, Skema & kelebihannya

  1. Achmad

    Wah fully recomended subwoofer box basa reflex ini….1 pertanyaan saya mas,volume ruang speaker seperti ini kira kira merk speaker apakah yang cocok yah…mungkin ada rekomendasi mas?

    Reply
    1. Supri Post author

      Kalau masalah merk sih biasanya duit yg bicara 😀 Tapi Yang jelas speaker fullrange, karena box jenis planar di desain untuk outdoor/jarak jauh….

      Reply
    1. Supri Post author

      Buat ruangan juga mantab… kalau 12 inch tinggal nyesuaiin aja lebar dan tingginya menurut INCH dari speaker. Jika box dibuat untuk 15 inch, agar sesuai dengan jika untuk12 inch , tinggal ngurangi aja P X L sekitar 2 inch

      Reply
    1. Supri Post author

      Miniscoop macem-macem modelnya, ada miniscop lapangan dan ruangan. Biasanya miniscoop yg buat lapangan desain keong…. Planar lebih didesain untuk lapangan, tapi bagus juga….

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *