Biaya Service TV LED Mati Total

Biaya Service TV LED Mati Total bisa bervariasi tergantung kerusakan yang terjadi. Hal ini terkait dengan tingkat kesulitan dan part apa yang harus diganti. Mari kita bahas!

Biaya Service TV LED Mati Total Berdasarkan Tingkat Kerusakan Secara Umum

Pengantar : TV LED mati Total

TV LED dikatakan mengalami kerusakan Mati Total, sesuai dengan definisi kerusakan dikalangan tukang service adalah tidak ada tanda-tanda kehidupan samasekali. Yang ditandai ketika steker di tancapkan ke stop kontak, TV tidak merespon samasekali. Tidak ada suara mendesis atau apapun dan lampu indikator tidak menyala samasekali.

Jenis kerusakan TV LED mati total bisa disebabkan oleh bermacam-macam masalah, mulai dari steker, kabel AC, hingga blok power supply TV. Didalam blok sirkuit power supply TV LED terdapat berbagai macam sub-blok sirkuit lainnya. Ini termasuk; blok primer yang bekerja mengolah daya dari listrik utama/PLN. Juga blok skunder yang bekerja mengolah arus skunder yang sudah diturunkan, dan menyearahkannya menjadi arus DC murni yang stabil. Arus DC yang keluar dari blok sirkuit power supply ada beberapa jalur termasuk jalur utama untuk menghidupkan mainblok atau mainboard TV.

Biaya service TV LED mati total

Baca juga : Biaya Service TV LED Ada Suara Tidak Ada Gambar

Mengapa saya jelaskan sedetail itu? karena kerusakan TV LED mati total seringkali terkait dengan blok power supply, dan sebagian kecil lainnya adalah kerusakan kabel atau steker karena pemakaian.

Beberapa penyebab umum TV LED Mati total

Kerusakan kabel dan steker

Sebagai seorang tukang service saya sendiri sering mendapatkan TV pelanggan yang mati total yang disebabkan oleh keruskan steker atau kabel steker yang putus dibagian dalam. Ini adalah jenis kerusakan paling ringan untuk kasus TV LED Mati total dan dengan tingkat kesulitan yang kecil.

Biaya untuk kerusakan seperti ini sama untuk berbagai ukuran TV, rata-rata 150 ribu sudah termasuk biaya kabel penggantinya.

Baca juga : Tangkapan Channel Siaran TV Digital Sedikit Atau Tidak Lengkap

Kerusakan dioda penyearah dan elco tegangan tinggi

Dioda penyearah atau elco tegangan tinggi terdapat pada bagian primer power supply, Yang ketika rusak kedua komponen ini akan menyebabkan arus listrik tegangan tinggi terhenti sampai disitu sehingg TV LED mati total. Dioda penyearah yang digunakan untuk menyearahkan arus PLN 220V yang sering digunakan pada power supply TV LED adalah jenis dioda bridge tegangan tinggi.

Kerusakan dioda bridge dan elco termasuk jenis kerusakan ringan, dan harga komponen penggantinya sekitar 20-30 ribuan. Dan biaya service TV LED mati total karena sebab tersebut biasanya dikenakan biaya service sekitar 200 ribuan.

Kerusakan Mosfet /Switching transistor

TV LED mati total juga sering disebabkan oleh komponen elektronika daya yang disebut Mosfet. Mosfet ini terdapat di blok primer power supply yang bisa rusak tiba-tiba ketika terjadi lonjakan arus listrik. Gejala kerusakan TV LED yang disebabkan rusaknya mosfet adalah mati total, selain itu terkadang menyebabkan NCB listrik njeglek ketika steker dicolokkan.

Baca Juga :  TV Analog : Pengertian Dan Perjalanannya Di Era Digital

Harga komponen mosfet tidak terlalu mahal berkisar antara 40-50ribuan(tergantung ukuran layar TV), tetapi kerusakan mosfet seringkali disertai dengan kerusakan komponen lainya misalnya dioda. Biaya service TV LED yang disebabkan oleh Mosfet memiliki tingkat kesulitan sedang, umumnya sekitar 250 ribuan untuk rata-rata ukuran layar 32 inch keatas.

Kerusakan blok PWM

Blok PWM adalah blok sirkuit elektronika yang masih berada di area primer blok sirkuit power supply. PWM ini bertanggung jawan terhadap pengiriman pulsa frekwensi tinggi yang mengatur kerja mosfet. Kerusakan PWM menyebabkan mosfet tidak bekerja yang membuat TV LED mati total karena tidak ada daya yang dikirim ke mainboard.

Kerusakan PWM termasuk tingkat kerusakan dengan kerumitan sedang, sayangnya IC PWM terkadang susah diperoleh dipasaran. Bukan berarti tidak ada part yang dijual berarti tidak bisa diperbaiki, masih bisa diperbaiki walaupun dengan cara dimodifikasi. Biaya perbaikian TV LED mati total akibat rusaknya blok PWM power supply sekitar 250 ribuan.

Kerusakan blok skunder power supply

Blok skunder adalah blok yang mengolah daya listrik setelah diproses blok primer power supply sampai siap digunakan menyuplai mainboard hingga TV LED bisa menyala. Blok skunder ini pada intinya berisi dioda penyearah frekwensi tinggi dan filter yang terdiri dari elco dan capasitor.

Kerusakan blok skunder yang sering saya temui adalah kerusakan dioda penyearah/resonant yang menyebabkan arus listrik ke mainboard terhenti yang menyebabkan TV LED mati total. Dioda frekwensi tinggi yang digunakan sebaga penyearah pada blok power supply TV LED umumnya dioda ultrafast/dioda fast recovery atau dioda schottky yang harganya sekitar 20 ribuan.

Jika TV LED anda yang mati total disebabkan oleh kerusakan dioda ini sekitar 200 ribuan karena termasuk jenis kerusakan ringan. Hal ini juga karena biaya part pengganti yang tak mahal. Tetapi pada kasus yang jarang, kerusakan power supply bisa menjadi lebih rumit dan otomatis menjadi lebih mahal lagi.

Apakah kerusakan mainboard bisa menyebabkan TV LED mati total?

Jawabnya bisa saja terjadi jika mainboard rusak total semenjak dari blok boost / buck converter yang rusak hingga IC chipset microcontrol nya. Tetapi ini jarang terjadi, karena kerusakan mainboard yang paling sering TV tidak mati total misalnya lampu indikator masih hidup. Dan ini juga terkadang masih ada suara mendesis blok power supply.

Jika kerusakan TV LED mati total oleh sebab mainboard yang rusak, maka biasa servicenya bisa menjadi mahal lagi daripada. Hal ini karena blok mainboard adalah blok yang kompleks, dan IC microcontrol biasanya tidak ada yang jual dipasaran selain cabutan /komponen bekas dari mainboard lainnya.

Penutup

Demikian tentang biaya service TV LED Mati total yang bisa bervariasi. Jangan ragu berkonsultasi kepada calon tukang service yang anda pilih, karena kerusakan TV LED mati total tidak selalu berat. Biaya diatas bisa berbeda-beda tergantung daerah anda, dan biaya service yang saya sebutkan diatas biasanya sama dikota-kota besar.

Leave a Reply