Mencari Kerusakan TV SHARP Alexander Slim Mati Protek

Mencari Kerusakan TV SHARP Alexander Slim Mati Protek  atau pada TV lainnya pada umumnya tergolong pekerjaan yang sedikit rumit. TV Sharp yang  protek umumnya ditandai dengan lampu indikator stand-by menyala terang kemudian redup lagi dan gambar serta suara tidak hadir. Kemudian tentu saja tombol remot dan tombol di TV selain tombol power tidak merespon. Keruskan seperti ini juga sering disebut dengan kerusakan mati stand-by. Yuk mari kita bahas, baca sampai habis supaya tidak kesulitan jika menemukan jenis kerusakan yang seperti ini.

TV SHARP alexander Mati Protek, cara menelusuri penyebab dan menonaktifkan sistem protek

Memeriksa titik tegangan penting pada mainboard TV

Kerusakan mati stand-by pada kebanyakan TV terkenal sebagai kerusakan yang sulit sebab teknisi akan kesulitan atau bahkan tidak bisa untuk menelusuri kerusakan berdasarkan membaca tegangan normal pada titik titik test point utama seperti titik tegangan B+ 120V , titik tegangan Vertical, dan titik tegangan Video 180V. Banyak yang mencoba untuk menemukan cara mematikan sistem protek TV, meskipun cara ini berisiko supaya lebih cepat menemukan penyebab kerusakannya.

mencari penyebab kerusakan TV sharp alexander mati protek

Langkah Awal : Menelusuri penyebab kerusakan tanpa menonaktifkan sistem protek

Tapi sebelum mencoba melumpuhkan sistem protek yang berisiko, sebaiknya coba mengecek dulu tegangan pada titik test poin tegangan B+ dilanjut titik point tegangan vertikal dengan cara meletakkan probe multimeter (posisi mengukur tegangan DC) negatif ke ground atau body lalu probe merah pada titik point test B+. Kemudian colokkan steker TVnya saat probe multimeter sudah menempel diposisinya, dengan asumsi sebelum TV protek, biasanya masih ada waktu beberapa saat dimana tegangan dari power supply mengalir utuh sebelum sistem membaca ada kerusakan dan mati protek lagi. Manfaatkan waktu ini untuk mengukur test poin B+.

  • Jika pada titik B+ ternyata tegangan 120V hadir (normal pada TV sharp), berarti jalur B+ tidak ada masalah karena sementara ini telah diketahui bahwa tegangan normal sebelum TV mati protek dan tegangan menjadi hilang.
  • Lanjutkan mengukur test point pada titik tegangan supply IC vertikal dengan cara seperti diatas. Dengan asumsi bahwa tegangan vertical diambil dari flyback, maka jika tegangan vertical tidak hadir maka kerusakan bisa berada dijalur tegangan dari flyback. Maka kita bisa mengukur atau memeriksa komponen yang sejalur sampai ke kaki VCC IC vertical, disana ada elco dan dioda yang harus diperiksa lebih dulu. Jika semua komponen di jalur VCC ini aman, lanjutkan memeriksa IC vertical apakah short atau tidak, tai kemungkinan ya short jika tegangannya menjadi drop.
  • Tegangan pada pin ke VCC vertical pada sharp alexander ini sekitar 28Volt. Jika tegangan ini hadir, maka anggaplah untuk sementara flyback sudah bekerja, rangkaian vertical normal, dan jalur VCC dari flyback juga pasti normal.
  • Sekarang persiapan untuk mengukur tegangan pada titik tegangan video 180V dengan cara yang sama. Titik tegangan video bisa di cek pada pin dioda yang terhubung dengan pin flyback tegangan 180 untuk menyuplai modul RGB matrik. Pada sharp alexander slim, protek tegangan juga bisa disebabkan oleh keruskan yang ada pada blok penguat video ini.

Jika tegangan supply untuk penguat video ini drop, maka TV sharp alexander sistemnya akan protek. Tegangan normalnya adalah 180V, tapi jika hanya drop dikisaran 150V terkadang masih bisa ditoleransi sehingga TV tidak menjadi protek.

Baca Juga :  Cara Kerja Driver Amplifier Class TD Dan Kelebihannya

JIka tegangan yang harusnya 180V ini drop parah hingga 100V kebawah, maka dalam banyak kasus sudah pasti itulah penyebab proteknya, atau setidaknya itu adalah salah satunya. Jika tegangan 180V ini drop parah, langkah pertama tentu harus menormalkan dulu . Periksa elco untuk dioda penyearah yang terhubung dengan pin FBT. Kalau tak punya ESR meter, elco bisa saja dicek dengan multimeter analog untuk mengetahui apakah sudah lemah atau bahkan short.

Cara paling gampang ganti aja dengan yang baru yaitu sekitar 4.7uf/250V. Jika masih belum berhasil mengembalikan tegangan video, coba open jalur tegangan 180v yang menuju ke RGB matrik/penguat video. Jika RGB matrik yang short, maka tegangan 180v akan hadir jika diopen jalurnya. Kesimpulan berikutnya ada kerusakan komponen di RGB matrik yang harus diperbaiki.

Penyebab protek tak hanya sebatas itu, karena pada system sharp ini jangkauan proteksinya cukup luas termasuk pada blok regulator, blok tuner dll. Pun protek pada TV bisa juga disebabkan karena masalah atau kerusakan pada jalur protek itu sendiri. Jalur protek ini terhubung dengan pin IC controler dan rangkaian pendeteksinya.

Akan tetapi pada banyak kasus, TV yang mati Protek kebanyakan disebabkan ada masalah pada blok rangkaian pada TV yang bekerja berat, misalnya blok Vertical, blok Video, dan blok regulator.  Tak ada salahnya mengecek elco yang terdapat pada blok regulator, biasanya elco kecil tapi voltasenya tinggi .

Cara Melumpukan sistem protek TV SHARP Alexander

Jika upaya awal diatas tak membuahkan hasil, maka jurus terakhir adalah melumpuhkan sistem protek pada mainboard TV SharP Alexander ini. Karena penyebab kerusakan bisa sangat rumit dan susah dideteksi jika TV masih protek. Tapi harus hati-hati dan tidak gegabah sebab jika ada kerusakan parah dan sistem proteksi tidak ada maka resiko terburuk adalah meledak karena ada tegangan yang tidak normal atau ada komponen yang short.

tv sharp mati protek
Pada gambar diatas sudah dilepas/diopen sistem proteksinya yang nampak sudah berlubang yang dilingkari merah. Biasanya protek pada TV Sharp alexander sudah tidak bekerja dan anda bisa melanjutkan memeriksa tegangan secara lebih luas. Jika pin yang didalam lingkaran merah sudah dilepas, namun masih saja protek coba lihat pin yang dilingkari orange, urut jalurnya sampai menemukan sebuah dioda, lalu open dioda tersebut sebab itu terhubung dengan sistem protek deteksi tegangan  AC. Harusnya TV sudah tidak protek lagi.

Jika masih protek, maka coba sentuh body IC kontroler atau besar yang nempel kayak laba-laba kakinya berkeliling dan jumlahnya banyak kecil-kecil. JIka terasa panasnya tidak wajar atau nyelekit, maka bisa dimungkinkan IC tersebut rusak.

Kesimpulan

TV mati protek adalah jenis kerusakan yang bikin pusing jika tidak paham bagaimana cara mengatasinya. Bisa jadi kerusakan hanya ringan saja akan tetapi susah dideteksi akibat protek. Cara-cara untuk menemukan TV protek khususnya TV sharp alexander yang lebih kompleks harus teliti dan hati-hati. Trik yang dianggap manjur adalah melumpuhkan sistem proteksinya terlebih dahulu baru mencari sumber kerusakan yang sebenarnya. Harus berhati-hati sebab ketika sistem proteksi di lumpuhkan, ketika TV dihidupkan malah justru ada komponen yang langsung meledak atau terbakar. Itu tak begitu berat, karena bagaimana kalau leher CRTnya langsung patah? Leher CRT bisa saja langsung patah ketika tegangan vertikal tidak normal dan TV dipaksa untuk ON.

Oleh sebab itu, langkah pertama sebaiknya tidak langsung menonaktifkan sistem proteksi seperti yang sudah dijelaskan pada awal awal artikel ini. Semoga membantu!

Leave a Reply