Biaya Service TV LED Ada Suara Tidak Ada Gambar

TV LED Ada Suara Tidak ada Gambar adalah kerusakan yang sering terjadi pada jenis TV ini. Biaya service TV LED ada suara tak ada gambar bervariasi sebab ada beberapa kemungkinan penyebab dan cara penanganannya, hal ini pasti terkait dengan jenis part yang harus diganti. Tapi ini masih ada faktor lain yang mempengaruhi berapa biaya servicenya, mari kita bahas!

Biaya Service TV LED Ada Suara Tidak ada Gambar

Biaya Service TV LED Ada Suara Tidak ada Gambar Sesuai Dengan Jenis Kerusakan

Sebelum kita jelaskan prakiraan biaya service TV LED yang tidak ada gambar tapi ada suara, supaya lebih gamblang akan kita jelaskan faktor yang bisa menentukan besaran biaya servicenya. Baca juga : Ciri TV LED Yang Sudah Digital Yang Perlu Anda Tahu

Ukuran Layar Dan Harga Part

Selain faktor penyebab dan harga part, berbeda ukuran juga bisa mempengaruhi besaran ongkos servicenya. TV ukuran 24 inch biasanya lebih murah daripada ukuran 32 inch hal ini karena semakin besar ukuran TV, penanganannya juga semakin berisiko. Selain itu kapasitas komponen(misalnya rating daya komponen) semakin besar sesuai ukuran TV dan semakin mahal juga harganya.

Tingkat Kesulitan

Kerusakan TV LED ada suara tidak ada gambar bisa disebabkan oleh beberapa jenis kerusakan yang terkait gambar yang tidak tampil. Jenis kerusakan tertentu dapat memerlukan penanganan berbeda dan dengan tingkat kesulitan dan risiko yang berbeda pula. Hal ini biasanya juga bisa mempengaruhi berapa ongkos yang harus dibayar kepada tukang servicenya.

Jumlah kerusakan

Dalam sebuah TV LeD yang ada suara tidak ada gambar bisa disebabkan hanya satu kasus kerusakan saja, atau 2 jenis kasus kerusakan sekaligus. Biasanya ini juga akan menjadi faktor pertimbangan dari tukang service, tetapi mungkin ada tukang service lain yang tidak menghitung jumlah kerusakan. Tapi yang jelas, jika ada 2 jenis kerusakan menyebabkan penggantian part komponen menjadi lebih banyak yang membuat biaya service lebih besar.

Merk TV

Berbeda merk TV terkadang bisa juga mempengaruhi harga part yang harus diganti, karena berbeda merk bisa menggunakan part jenis tertentu, dengan ukuran dan kapasitas yang berbeda. Dan hal ini sudah pasti akan mempengaruhi biaya servicenya. Ambil saja satu contoh, jumlah deretan lampu LED TV merk A adalah 2 deret per-setnya, sementara TV B terdapat 3 deret, maka ini jelas membuat harganya berbeda.

Baca juga : Cara Membersihkan Layar TV LED Dengan Baik Dan Benar

Berikut Beberapa Jenis Kerusakan Yang Menyebabkan Gambar TV LED Tidak Tampil :

Kerusakan Backled

Backled adalah lampu latar yang membuat TV LED bisa mengeluarkan cahaya terang, sehingga gambar  yang ada pada layar TV bisa nampak oleh mata kita. Jika lampu backled ini mati/rusak maka TV akan gelap seolah tidak menampilkan gambar, yang sebenarnya gambar pada layar sudah tampil tapi tidak bisa terlihat karena tidak ada cahaya.

Lampu Latar pada TV LED adalah jenis lampu LED (Light Emiting Diode) yang jumlahnya ada banyak yang terbagi menjadi beberapa deret rangkaian. Satu deret rangkaian lampu backled bisa terdiri dari 6 atau 12 lampu LED tergantung ukuran layar TV dan Merk TV.

Untuk mengganti lampu backled TV LED dianjurkan mengganti secara keseluruhan(1 set) walaupun yang mati hanya 1 biji lampu saja. Mengapa demikian? mengganti lampu LED harus membongkar panel, dan ini adalah pekerjaan yang cukup berisiko. Risiko terbesar membongkar panel layar adalah layar TV yang sangat tipis itu bisa pecah jika kurang hati-hati. Jadi sebaiknya mengganti semua set lampu backled yang ada sebab dikhawatirkan tak lama kemudian lampu yang lainnya putus lagi sehingga harus membongkar layar lagi.

Biaya Service Mengganti Lampu Backled rata-rata kota besar:

Ukuran Layar TV Ongkos Service + Harga Backled
22-24 Inch  150 ribuan  Kisaran 50 ribuan
24-32 inch 200 ribuan  Kisaran 70 ribuan
32-50 inch 250 ribuan  Kisaran 150 ribuan
50 inch keatas  350 ribuan  200 ribuan keatas

Ingat, harga set lampu backled diatas hanya angka kisaran yang umum dijual di markeplace dan merupakan Part yang sesuai untuk merk tertentu. Hal ini karena ada lampu Backled universal alias bisa digunakan untuk TV merk apapun tetapi ini kurang direkomendasikan.

Kerusakan Driver Backled

Penyebab lain TV LeD rusak ada suara tidak ada gambar adalah akibat kerusakan pada driver backled. Driver backled adalah pengendali/pengontrol lampu backled sehingga bisa dimatikan saat TV standby atau dapat dinyalakan sesuai dengan intensitas cahaya yang disetel pada TV oleh pengguna. Blok driver ini terdiri dari beberapa komponen termasuk IC controler, transistor, resistor, dan capasitor.

Kerusakan pada driver backled bisa disebabkan oleh IC yang rusak, transistor mosfet yang rusak, atau komponen lainnya. Harga part untuk IC atau transistor driver backled tidaklah terlalu mahal tetapi mmiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi untuk memperbaikinya. Kendala yang ada biasanya komponen yang tidak ada yang jual dipasaran, tetapi tukang servis biasanya bisa memodifikasinya supaya TV bisa menyala lagi.

Baca Juga :  Biaya Service TV LED Mati Total

Biaya Service Kerusakan Driver Backled rata-rata kota besar:

Ukuran Layar TV Ongkos Service + Harga part pengganti
22-24 Inch  150 ribuan  30-60ribuan
24-32 inch 200 ribuan -idem-
32-50 inch 250 ribuan  -idem-
50 inch keatas  350 ribuan  -idem-

Kerusakan Timing control(T-CON)

Timing control pada TV LED mengatur waktu sinyal-sinyal yang masuk ke layar, termasuk sinkronisasi sinyal video, pengendalian laju penyegaran layar, pengurangan lag input, manajemen daya, kendali driver-panel, dan memastikan kompatibilitas dengan berbagai sumber sinyal. Secara keseluruhan, T-Con membantu memastikan kualitas gambar yang baik dan kinerja TV yang optimal.

Kerusakan pada T CON sudah lazim terjadi, ini juga dapat menyebabkan TV LED ada suara tak ada gambar dengan gejala layar blank biru nampak ada backlight. Rata-rata perbaikan T-COn cenderung memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dalam menganalisa, walaupun ada kemungkinan harga part yang tidak terlalu mahal pada kerusakan ringan.

Tak jarang juga kasus TCON yang rusak susah untk diperbaiki, yang bisa terkendala komponen seperti IC tidak ada yang jual dipasaran. Tergantung tukang servisnya, terkadang bisa dimodifikasi, bisa diganti dengan part cabutan dari TV lain, hingga mengganti blok T-COn secara utuh. Dan mengganti T-CON yang rusak dengan yang baru juga memiliki tingkat kesulitan tinggi yang dikarenakan kecilnya ukuran koneksi kabel fleksibel dari T CON ke Layar TV.

Kerusakan TCOn termasuk jenis kerusakan berat dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, susahnya komponen dan mahalnya blok tcon membuat ongkos perbaikan menjadi lebih mahal dari pada kerusakan lampu backled.

Biaya Service Kerusakan T CON rata-rata kota besar:

Ukuran Layar TV Ongkos Service + Harga part pengganti
22-24 Inch  200 ribuan  30-200ribuan
24-32 inch 300 ribuan -idem-
32-50 inch 400 ribuan  -idem-
50 inch keatas  450 ribuan  -idem-

Kerusakan COF / COG

COF (Chip on Film) dan COG (Chip on Glass) adalah dua teknologi yang berkaitan dengan cara chip atau sirkuit terintegrasi ditempatkan pada panel atau film dalam teknologi layar, termasuk pada TV LED.

COF  adalah teknologi di mana chip terintegrasi ditempatkan langsung pada film fleksibel, digunakan untuk menghubungkan driver-panel langsung ke panel layar. Ini membantu mengurangi jumlah kabel dan meningkatkan efisiensi produksi. COG  adalah chip terintegrasi ditempatkan langsung pada kaca yang membentuk layar untuk membantu mengurangi kerumitan kabel dan meningkatkan kekuatan sambungan.

COG sering digunakan dalam layar LCD dan OLED untuk mengontrol piksel pada panel. Keduanya merupakan metode untuk menyatukan komponen elektronik dengan komponen lainnya ke layar panel.

Jika COF dan COG TV LED rusak atau sobek bisa menyebabkan TV tidak tampil gambar tapi masih ada suara dari siaran TV yang ditangkap. Tapi terkadang kerusakan pada COF atau COG TV masih ada tampilan gambar tetapi terdapat kecacatan misalnya bergaris, bergelombang, gambar separoh dll.

Jika TV anda mengalami kerusakan COF ata COG, biasanya harus diganti dengan yang baru. Sayangnya jenis kabel ini tidak selalu ada yang jual dipasaran, dan jika menggantinya biasanya membutuhkan keahlian dan alat khusus yang tidak semua tukang servis bisa melakukannya.

Mengenai biaya kerusakan COF atau COG tergantung, jika teknis bisa mengerjakan penggantian sendiri mungkin bisa lebih murah. tetapi jika tukang servis membutuhkan jasa pihak ketiga untuk memasangnya maka ongkos bisa menjadi lebih mahal lagi.

Ongkos biaya servicenya rata-rata sama dengan kerusakan T CON atau bisa lebih mahal lagi.

Kerusakan Panel/Layar

Salah satu jenis kerusakan panel atau layar TV adalah TV tidak ada gambar blank biru dengan lampu backled tampak menyala. Hanya tukang servis yang berpengalaman yang bisa menentukan kerusakan layar ini karena hampir sama gealanya dengan kerusakan T COn. Kerusakan Layar Tidak bisa diperbaiki, dan kalau beruntung TV masih bisa tampil gambar lagi dengan trik khusus. Namun trik khusus tidak bisa menjamin TV bisa berumur panjang karena pada dasarnya kerusakan panel TV LED tak bisa diperbaiki.

Biaya servis yang harus ada berikan adalah ongkos mengganti dengan panel layar yang baru, namun ini jarang sekali dilakukan penggantian panel sebab harga panel sangat mahal hampir seharga TV baru. Kecuali jika tukang servis memiliki panel bekas cabutan dari TV lain , dan biayanya tergantung kesepakatan dengan konsumen. Tetapi meskipun mengganti dengan layar bekas, biaya ganti layar secara keseluruhan masih akan lebih mahal daripada jenis kerusakan diatas.

Penutup

Demikian tentang perkiraan Biaya Service TV LED Ada Suara Tidak ada Gambar. Hal ini tergantung dari jenis kerusakan, tingkat kesulitan dan ukuran TV. Biaya service yang sudah dijelaskan diatas adalah biaya rata-rata saja karena setiap tukang servis bisa berbeda beda dalam menghargai pekerjaannya. Lokasi juga bisa mempengaruhi berapa biaya service TV LEd, karena cara mendapatkan komponen dan harga komponen pengganti tiap daerah dapat berbeda-beda.

Leave a Reply