Cara Aman Menguji Trafo Dengan Bola Lampu Pijar 100W

Beberapa peralatan litrik terutama trafo atau yang menggunakan trafo memiliki risiko besar jika mengalami kerusakan berat. Misalnya saja terjadi koslet atau istilahnya short dalam dunia elektronika, bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah sampai komponen lain terbakar atau bahkan menyebabkan NCB listrik jala-jala trip atau njeglek. Dan para teknisi punya cara cerdik namun sederhana untuk menghindari risiko ini jika memiliki rasa ragu dengan peralatan yang ditanganinya tersebut yaitu memanfaatkan Bolam 100Watt. Apa saja dan bagaimana itu?

Cara Cerdas Menguji Trafo Dengan Aman Menggunakan Bolam 100W

lampu pijar 100w

Sebenarnya caranya mudah yaitu hanya dengan jalan menyambungkan seri antara bolam 100W dengan peralatan atau trafo yang akan diuji . Dengan demikian jika ada short pada trafo yang diuji maka bolam akan menyala terang secara maksimal, dikarenakan arus litrik akan menuju bolam karena memiliki hambatan listrik tertentu. Sedangkan trafo yang short hanya berfungsi sebagai jumper saja seperti kabel biasa. Dan ketika peralatan/trafo tidak short  maka arus akan menuju peralatan karena memiliki hambatan yang lebih besar, dan bolam bisa saja tidak menyala atau redup tergantung seberapa banyak trafo mengonsumsi arus. Nah mudah kan? Berikut ilustrasi dan caranya :

Untuk menguji trafo stepdown pada power supply linier :

Cara menguji trafo step down

Trafo stepdown power supply, biasanya dipakai untuk peralatan elektronika seringkali mengalami short gulungan primer yang menyebabkan listrik jeglek/trip. Jika untuk menguji karena kurang yakin dengan aman bisa menggunakan cara sperti gambar diatas dengan bolam 100W. Jika gulungan skunder trafo short, maka bolam akan menyala terang dan listrik tidak trip. Jika bolam tidak menyala bisa saja trafo masih baik atau malah sudah putus gulungannya, untuk itu perlu juga diuji dengan avometer untuk mengetahui itu. Lihat artikel : √Cara Cek Atau Menguji Kerusakan Trafo Step Down Menggunakan Multimeter

Cara menguji Trafo Plyback TV  dengan bolam 100W

menguji plyback dengan bolam 100W

Trafo plyback pada TV yang rusak bisa menyebabkan transistor Horizontal yang men-drive plyback supaya bekerja dan menyalakan tabung gambar dan rangkaian. Biasanya teknisi akan menguji dulu trafo plyback ini supaya transistor horizontal tidak spontan putus setelah diganti. Nah untuk mengujinya secara aman juga bisa menggunakan bolam 100W. Caranya yaitu menjumper/menyambungkan secara seri dari Colector transistor horizontal yang menuju pin B+ pada plyback.

Lihat Juga :  Cara mengatasi dan memperbaiki Remot TV macet

Jika plyback short maka bolam akan menyala terang sementara transistor horizontal tidak terbakar . Jadi cara ini lazim digunakan oleh tukang servis sebagai jurus andalan yang sederhana dan murah.

Cara Menguji Trafo Las/ atau las listrik inverter

Menguji las listrik iverter

Las listrik inverter atau sering disebut trafo las, apapun jenisnya baik pakai mosfet atau IGBT jika ada yang short maka bisa menyebabkan listrik jeglek/trip yang risiko lainnya bisa saja merusak komponen vital trafo las inverter lainnya.

Biasanya cara ini diipakai oleh tukang servis las listrik yang ingin menguji apakah FET/IGBT yang dipasang sudah benar dan aman tidak ada yang short lagi. Caranya yaitu hanya menghubungkan bolam 100W secara seri antara arus dari saklar input 220V ke rangkaian inverter, dan tandanya juga sama yaitu lampu tidak nyala atau nyala tapi redup ketika FET atau IGBT tidak ada lagi yang short.

Cara yang sederhana dan sudah banyak membantu tukang servis mesin las inverter.

Cara Menguji Power supply SMPS

Power supply SMPS secara mendasar sama dengan kerja mesin trafo las listrik inverter, yaitu memakai metode switching yang menggunakan FET. Dan FET ini jika short maka akibatnya juga menyebabkan listrik trip, dan untuk mengujinya juga bisa memanfaatkan bolam 100W dengan cara yang sama dengan mesin las inverter sekedar untuk mengujinya secara aman.

Jika kamu ragu dengan catudaya SMPS yang ada didepan Kamu, maka tidak ada salahnya untuk menguji menggunakan cara ini ketika habis mengganti FET-nya.

Demikian cara sederhana untuk menguji trafo, merupakan ide cemerlang secemerlang nyalanya bolam 100W. Silahkan kalau ingin menguji alat lain bertegangan 220V jika merasa ragu apakah ada kemungkinan koslet, apapun terutama yang menggunakan trafo power supply. Setrika? hair dryer? mesin cuci? hand mixer? bisa saja kan short karena menggunakan lilitan juga motornya.

Leave a Reply