Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Dan Penyebabnya

Kipas angin adalah alat elektronik rumah sering mengalami masalah seperti kipas angin tidak berputar saat dihidupkan. Jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips perbaikan sederhana yang dapat Anda coba sebelum memanggil teknisi atau mengganti kipas angin secara keseluruhan. Dengan sedikit pemahaman dan beberapa langkah perbaikan yang tepat, Anda mungkin dapat mengembalikan kipas angin Anda ke kondisi normal tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Cara memperbaiki kipas angin tidak beputar dan mengenali penyebabnya

Mengenali penyebab kipas angin tidak berputar berdasarkan gejala

1. Tidak berputar, ada suara dengung

Kipas angin yang tidak berputar dan ada suara dengung umumnya bisa disebabkan karena bearing yang rusak, poros atau kotor kemasukan rambut, karatan atau pelumas kering. Hal ini juga dapat disebabkan karena kumparan pernah kepanasan sehingga ada konsleting didalam.

2. Tidak berputar, tidak ada suara dengung

Bisa jadi kapasitor rusak, sekring termal putus, saklar kecepatan rusak, atau kabel putus dalam.

3. Berputar tapi lambat

Kipas angin yang berputar lambat umumnya disebabkan oleh kapasitor yang sudah menurun kapasitansinya.

Catatan : Jenis kipas angin yang menggunakan kontroler elektronik bisa disebabkan oleh modul kontroler yang rusak

Periksa sumber listrik dan Kabel

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa kipas angin Anda memiliki suplay daya dari PLN yang cukup. Untuk itu pastikan kabelnya terhubung dengan baik ke colokan listrik dan periksa juga apakah ada kabel yang rusak atau terkelupas. Jadi hal pertama pastikan ini dulu dan gantilah kabel yang rusak dengan yang baru.

Selanjutnya, periksa juga saklar pada kipas angin. Pastikan bahwa saklar dalam posisi “ON” atau “Hidup” dan tidak dalam posisi mati atau tombol rusak. Jadi hal kedua yang harus dipastikan adalah, apakah saklar pada kipas angin yang biasanya berjajar dengan tombol kecepatan masih dalam keadaan baik? Seringkali tombol menjadi penyebab mengapa kipas angin tidak berputar.

Bersihkan dari kotoran dan kalau perlu tambahkan gemuk atau Pelumas

Kipas angin yang kotor atau kering dapat mengalami hambatan dan sulit untuk berputar. Bersihkan kipas angin dari debu dan kotoran dengan menggunakan kuas lembut atau penghisap debu. Pastikan untuk mematikan kipas dan mencabutnya dari sumber listrik sebelum membersihkannya.

Baca Juga :  Kenapa TV Digital Sering Tidak Ada Sinyal

Selain itu, periksa juga bagian-bagian mekanis kipas angin seperti poros atau bantalan/bearing / laker/bos. Jika bantalan terlihat kering, Anda dapat melumasi dengan sedikit minyak pelumas atau gemuk yang cukup. Jangan gunakan pelumas motor, tetapi bisa menggunakan pelumas yang biasanya untuk melumasi poros mesin jahit. Bearing atau bos dari kipas angin seringkali rusak, menyebabkan macet sehingga kipas tidak bisa berputar. Harus mengenali tanda kerusakan bearing dan menggantinya jika memang rusak.

Periksa Capasitor

CARA MEMPERBAIKI KIPAS ANGIN TIDAK BERPUTAR

Untuk jenis kipas angin besar biasanya motor induksi yang menggunakan kapasitor 1,5uf 450V. Kapasitor yang rusak menyebabkan kipas angin berhenti berputar atau berputar tapi pelan. Langsung ganti saja.

Periksa sekring yang ada didalam gulungan kawat email

memperbaiki kipas angin tidak berputar gani sekring

Sekring kipas angin adalah jenis sekring termofuse atau sekring termal, yang bentuknya kotak kecil dan letaknya diikat didalam kumparan  motor. Biasanya diikat dengan benang dan sekring berada didalam sehingga tidak nampak dari luar. Jadi untuk memastikan sekring putus apa tidak jangan dibongkar dulu tetapi harus dicek menggunakan multitester posisi Ohmmeter skala 1x jika jarum bergerak berarti sekring masih oke. Kabel untuk sekring biasanya berwarna biru atau bisa juga warna lain. Jika sekring bisa dipstika putus ada 2 solusi, 1 ganti sekring dengan cara membongkar gulungan atau tidak membongkar gulungan tetapi sekring dijamper saja.

Periksa kumparan motor listrik

Jika sekring masih bagus, capasitor sudah diganti, saklar tidak ada masalah, kabel tidak ada yang putus maka bisa dipastikan yang terbakar adalah kumparannya. Kumparan yang rusak tidak bisa diperbaiki kecuali oleh spesialis gulung dinamo yang memiliki alat khusus. Tetapi motor kipas angin banyak dijual, anda bisa mengganti motor secara keseluruhan jika itu sebanding. Masalah pada Kumparan yaitu bisa putus atau konsleting karena terbakar.

Ciri-ciri kumparan putus adalah tidak mengeluarkan panas samasekali, atau tidak ada getaran samasekali. Jika ada getaran dan kumparan panas tetapi tidak berputar maka kumparan konsleting. Tidak ada cara lain selain menggulung ulang atau ganti motor baru.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas Angin Kenapa Berputar Lambat Segala Merk

Kesimpulan

Ketika menghadapi kipas angin yang tidak berputar, ada beberapa langkah perbaikan sederhana yang dapat Anda coba sebelum memanggil teknisi. Pastikan untuk memeriksa sumber listrik dan kabel terlebih dahulu, memeriksa saklar serta membersihkan, melumasi kipas angin, mengganti kapasitor, mengganti termofuse/sekring dan kumparan. Jika anda kurang memahami alat listrik dan perbaikan-perbaikannya, sebaiknya serahkan perbaikan pada teknisi yang berpengalaman. Ingatlah bahwa keselamatan selalu menjadi prioritas utama, jadi pastikan untuk mematikan kipas dan mencabutnya dari listrik saat melakukan pemeriksaan dan perbaikan.

Leave a Reply