Karakter Speaker ACR 15600 Black 15 Inch Dan Box Speaker Yang Cocok

Dikalangan penggemar sound sistem, ACR 15600 Black cukup begitu populer atau sering dibicarakan. Banyak yang berpendapat speaker ini cukup bagus namun dengan harga yang bersahabat, namun tak sedikit sahabat yang bertanya ACR 15600 ini karakternya bagaimana, cocoknya untuk dipakai sebagai apa dan box speaker yang cocok bagaimana. Ini pertanyaan logis karena dalam mendesain sound system juga perlu memperhatikan speaker ini, baik spesifikasi serta karakternya.

Ya, tidak mungkin satu buah speaker bisa mencakup semua karakter suara dengan sempurna untuk seluruh range frekwensi suara yang bisa didengar manusia 20Hz-2kHz. Dan untuk itu juga pabrik sudah mengkategorikan jenis-jenisnya seperti woofer, subwoofer, midrange, fullrange dan compression drive yang masing-masing bekerja optimal untuk range frekwensi tertentu. Baca juga : Perbedaan dan Fungsi Speaker Subwoofer, Woofer, Midrange, dan Tweeter

Karakter ACR 15600 Black 15 inch dan Box yang Paling Cocok

Spesifikasi Utam Datasheet ACR 15600 Black

Spesifikasi speaker memang banyak dalam daftar, namun hanya berikut yang perlu dilihat dalam penggunaan praktis.

  • Diameter Speaker 15 inch
  • Impedansi 8 (Ω)
  • Maximum power 500(Watt)
  • Lebar daerah frekuensi 40 Hz – 4.2 KHz
  • SPL (2.83 V / 1 m) 95 (dB)

karakter acr 5600 Black

referensi box acr 15600 Black

Sumber data dan gambar : ACRspeaker.com

Dengan melihat spesifikasinya diatas sudah bisa disimpulkan bahwa ACR 15600 Black ini cocok dipakai untuk lapangan/outdorr (SPL 95dB), namun tentu saja juga bisa dipakai untuk keperluan speaker indoor. Namun karakter dari driver ini adalah low-mid (frekwensi range 40Hz-4.2kHz), sehingga bagus dipakai sebagai driver untuk speaker jenis mid-bass. Sementara Impedansi, Diameter, dan Max power disesuaikan dengan power amplifier dan kebutuhan, yang mana ini juga turut menentukan box speaker seperti apa. Belum mengerti tentang spesifikasi speaker? Baca : Cara Membaca Spesifikasi Speaker Agar Tak Salah Pilih

Lihat Juga :  Box Speaker Tanpa lubang Angin (Sealed) Vs Dengan Lubang Angin(Ported)

Karakter mid-low seperti apa? Karakter ini sudah cukup baik untuk mereproduksi nada rendah(low) dan menengah (mid) antara 40Hz – 2kHz. Sekarang pertanyaannya, seperti apa box speaker yang cocok?

Box Speaker Untuk ACR 15600 Black

Kita sudah menemukan karakter ACR 15600 Black yaitu Low-mid dimana ini karakter yang cocok sebagai driver untuk speaker jenis mid-bass(sering dipakai misalnya sebagai speaker monitor indoor/outdoor ). Dengan SPL 95dB, ACR 15600 Black lebih sesuai untuk speaker performance atau speaker lapangan tentu saja untuk speaker low-mid. Suara alat musik yang ditonjolkan dengan baik oleh speaker low-mid adalah seperti kick-drum, electric guitar, kendang, perkusi hingga vokal tengah. Dengan demikian dalam pertunjukkan live music atau organ tunggal, speaker low-mid sangat dibutuhkan.

Pada intinya desain box speaker harus disesuaikan dengan tempat penggunaan yaitu indoor atau outdoor.

Contoh box speaker yang cocok untuk ACR 15600 Black

Ukuran desain Box yang sesuai standard speaker low-mid adalah dengan volume sekitar 125-135liter

Demikian tentang ACR 15600 Black, karakter serta box speaker yang cocok untuk memperoleh hasil terbaik. Dengan beberapa contoh desain speaker 15 inch yang saya sertakan linknya diatas jika ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah .

Leave a Reply