Ukuran Skema Box Speaker Aktif 3-Way 15 Inch 700W Bass Besar

Hallo DIY-ers dimanapun berada. Speaker Active adalah perangkat audio system yang praktis, sehingga banyak dipakai untuk berbagai keperluan acara baik indoor maupun outdor. Hal ini sangat cocok buat awam yang kurang begitu paham tentang instalasi system audio yang rumit. Disini saya telah mendesain box speaker active 3-way 15 inch, dimana mempergunakan¬† 1 Woofer 15″ sebagai bass, 1 Midrange 8″ sebagai mid, dan 1 tweeter sebagai high. Speaker 3-way adalah mencakup 3 jalur distribusi untuk rentang frekwensi audio Low, Mid dan Hi, dan untuk speaker active disini kita hanya perlu membaginya dengan Crossover passive 3-way. Baca juga :Perbedaan dan Fungsi Speaker Subwoofer, Woofer, Midrange, dan Tweeter

Skema Box Speaker Active 3-Way 15 Inch 400W-700W Indoor/Outdoor

mbd007

Bahan : Material yang harus digunakan memiliki ketebalan 15mm, boleh partikel, MDF maupun kayu lapis/triplek. Disarankan menggunakan skrup, paku dan lem kayu atau epoxy untuk menyambung tiap bagian-bagian panel/sekat. Baca juga : 5 Bahan Terbaik Untuk Membuat Box Speaker Dan Subwoofer

1. Skema dan ukuran panel-panel

Desain box speaker aktif 3 way 15 inch ini tidak terlalu rumit, tidak ada pemotongan dengan kemiringan tertentu, jadi sangat mudah untuk dibuat sendiri. Semua ukuran dalam mili-meter, supaya lebih akurat.

Jika ingin membuat box speaker aktif 12 inch 3-way, bisa lihat di : Skema Desain Box Speaker Aktif 3 Way 12 Inch Super Bass

Catatan :

  • Ukuran corong tweeter yang sesuai dengan ukuran skema adalah 15,5cm x 19,7cm
  • Ukuran lubang driver/baffle baik midrange yang 8 inch atau woofer 15 inch, sebaiknya disesuaikan dengan merek yang kamu ingin pergunakan, coba lihat datasheetnya. Mungkin berbeda ukuran untuk setiap merk/jenis meskipun sedikit.
Lihat Juga :  Penyebab Spul Speaker Corong/Membran TOA Sering Terbakar

Ukuran box speaker aktif 3-way 15 inch desain box speaker aktif 3 way

2. Ukuran batten

Batten diperlukan sebagai dudukan untuk grill pelindung dari pelat berlubang, yang umum dipakai untuk melindungi driver speaker.

skema box speaker aktif 3 way

3. Desain panel depan dan belakang

  • Grill tidak harus seperti pada gambar, boleh saja menggunakan griil bulat untuk setiap loudspeaker tapi port-port/angin-angin sebaiknya juga diberi grill agar tidak dibuat sarang tikus.
  • Amplifier panel tak harus berada dibelakang, jika kamu lebih suka berada diatas ya boleh saja di buat diatasnya.
  • Box amplifier sebaiknya tidak tertutup rapat, harus ada ventilasi supaya pembuangan panas lebih baik atau kalau perlu diberi fan.
    skema box speaker aktif 3 way 15 inch bass besar

4. Finishing

Jika ingin bass lebih empuk dan lebih lembut ditelinga terutama ketika dipakai didalam ruangan, bisa diberi polyster fiber atau karpet peredam suara pada kompartemen woofer.

menambahkan peredam speaker

 

Beginilah penampilan box speaker aktif 15″ 3-way project kita kali ini. Ukuran yang agak gemuk terutama untuk menghasilkan bass yang besar dan mantab.
Speaker 3-way 15" design

JIka menginginkan stereo/2 unit channel speaker, coba buat box dengan letak midrange dan tweeter berbeda/berlawanan antara L dan R, lebih jelas lihat gambar 3D berikut:

Desain box speaker 15 inch 3 way

 

Atau bisa juga didesain tanpa baten dan grill penuh sesuai selera, something like this :

speaker 3-way 15" design

Demikian desain beserta skema dan ukuran lengkap box speaker 3-way 15 inch dengan max-power hingga 700watt bass besar. Cocok untuk segala keperluan terutama untuk acara kecil baik indoor maupun outdoor.

Leave a Reply