Skema Desain Box Speaker 18 Turbo Bass Jauh Atau Loaded Horn

Bermacam-macam desain box speaker, untuk kali ini saya akan membagi skema desain type box Turbo 18 inc, orang luar menyebutnya loaded horn kemudian diadaptasi oleh kita menjadi istilah bass jauh. Tujuan utama desain ini memang khusus untuk audio lapangan, dimana yang diharapkan bisa menjauh lokasi sejauh mungkin. Desain ini sudah sangat populer dimana-mana dikalangan profesional, berkembang dengan berbagai macam model yang ada; tapi yang ini saya jamin adalah yang paling sederhana dan tidak terlalu sulit membuatnya.

Kenapa horn loaded speaker ini diklaim bisa menjangkau jarang yang lebih jauh? Saya tak akan bercerita teknis banget tentang mekanik dan akustik. Jika kamu tahu terompet tanduk, itu adalah desain yang bagus untuk melipatgandakan suara dan mampu menjangkau jarak yang jauh. Prinsipnya adalah suara keluar mulai dari saluran tersempit kemudian melebar saat keluar, baik lurus maupun terlipat. Lalu apa kelebihannya?

  • Meningkatkan efisiensi, kekuatan suara tidak ada yang terbuang percuma.
  • Menghilangkan resonansi yang umum dari box speaker kebanyakan.
  • Meningkatkan directivity, yaitu suara dari speaker tidak menyebar kesegala arah tapi bisa diarahkan ke area tertentu dengan kekuatan terpusat sehingga jangkauan bisa lebih jauh.

Berikut skema, cara membuat, dan desain Box Speaker 18 Turbo

Catatan : Papan yang digunakan bisa multiplek atau MDF dengan ketebalan 20mm. Baca juga : 5 Bahan Terbaik Untuk Membuat Box Speaker Dan Subwoofer

1. Ukuran panel dan sekat

  • Ukuran Sisi kanan dan kiri 750mm X960mm
  • Ukuran bawah dan atas 600mm X 750mm
  • Ukuran lebar sekat/penopang speaker masing-masing lihat gambar skema, panjang semuanya 600mm. Masing-masing memiliki derajat kemiringan lihat gambar.
  • Cutout/lubang speaker sesuaikan dengan ukuran speaker 18 inch, yaitu diameter 415mm.
Lihat Juga :  Mengenal Fungsi Dan Penggunaan DLMS Dalam Sound System

skema box speaker turbo 18 bass jauh
SKEMA BOX SPEAKER TURBO 18
Diameter dan jari-jari cutout/lubang speaker
diameter speaker 18 inch box turbo

2. Ukuran letak dan posisi

Bagaimana box speaker turbo ini terbentuk dengan benar, bisa melihat ukuran letak dan posisinya seperti pada gambar skema berikut ini :
skema speaker box 18 turbo Horn Loaded

 

3. Ukuran Brace/penjepit/penahan

Guna brace ini adalah untuk memperkuat sekat-sekat dari box speaker turbo 18 ini agar tidak bergetar atau lebih kuat tak mudah kendor. Khusus untuk brace 1 dan brace 4 harus dibua 2 buah. Ukuran brace bisa menyesuaikan sendiri atau lihat skema berikut :
speaker box 18 turbo bass Horn Loaded schema design

4. Removable back

Removable back adalah bagian yang bisa dilepas dan dipasang yang terletak dibagian belakang box, , atau semacam pintu untuk buka-tutup yang gunanya tentu untuk memasang atau melepas driver jika diperlukan.

18 turbo bass Horn Loaded box schematic designremovable back skema box speaker turbo

5. Finishing

Finishing bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, bisa dicat tekstur atau dilapisi karpet. Diberikan sudut atau ditambahkan pegangan silakan. Ukuran letak pegangan, silakan diukur sendiri saja, 😀
skema box speaker turbo 18 inch
Mungkin kamu tertarik untuk membuat box subwoofer 18 inch lainnya , silakan dilihat Desain Skema Box Speaker Lapangan 18 Inch Sub-Bass Model RCF Bassbin

Demikian skema desain box speaker model turbo 18 inch bass loaded horn untuk menjangkau area yang lebih jauh dari lokasi. Ini adalah model yang lebih sederhana, mungkin membutuhkan ketrampilan pertukangan untuk bisa membuatnya.

Leave a Reply