Skema Box Subwoofer 12 Inch Untuk Segala Keperluan

Proyek kali ini adalah membuat desain dari box sub-woofer 12 inch dengan speaker yang dipasang menghadap kedalam, magnetnya terlihat diluar. Nah karena akhir-akhir ini trendnya makin populer aja yang seharusnya disembunyikan diperlihatkan, desain box speaker juga ikut-ikutan. 😀

Desain box subwoofer ini memiliki respon frekwensi 3db-nya sekitar 52Hz menurut si penemunya, dan Anda bisa menggunakan bahan box speaker terbaik yaitu MDF atau multiplek. Dengan menggunakan subwoofer 12 inch, ini masih cukup lumayan menggelegar jika dipakai untuk sound rumahan. Aplikasi lainnya yang cocok yaitu untuk melengkapi hi-fi audio Anda menjadi audi 2.1 serba guna, baik untuk nonton film ditelevisi maupun memutar musik. Jika ingin merakit sendiri subwoofernya berdasarkan kit power OCL 150W bisa lihat artikel ini =>  Cara Modifikasi Power OCL 150 Untuk Mendorong Subwoofer

Skema Box Subwoofer 12 Inch

Desain Box subwoofer 12 inchi

Skema yang saya sajikan disini bukan sekedar garis-garis bolpoin atau pensil biasa, tapi ini saya buat menggunakan aplikasi sketchup agar lebih mudah dipahami dan lebih menarik untuk dilihat. 😀

Bahan:

  1. Papan MDF atau Multiplex 15mm
  2. Lem kayu
  3. Sekrup
  4. Paku 1/2 dim
  5. Bahan finishing: Bisa pakai cat tekstur atau dilapisi vinil, atau karpet manasuka.

1. Memotong Main box

Potong papan persegi dengan ukuran P.L = 680mm X 570mm. Kemudian gambar pola tata-letak sekat-sekatnya dengan pensil.

Skema Box subwoofer main 1

2. Memotong papan untuk samping kiri, kanan dan belakang box

Potongan kiri dan kanan 340mm X 570.mm, dan potongan belakang 650mm X 340mm. Mau langsung dipasang atau dipasang belakangan setelah memasang sekat-sekatnya, boleh saja manasuka. Caranya di berikan lem kayu dulu disetiap sisi yang mau di sambungkan dengan merata, kemudian di paku di sudut-sudutnya. Setelah membentuk seperti gambar dibawah, lanjutkan dengan diskrup biar kuat.

Skema box subwoofer 2

3. Memasang sekat belakang dan kanan

Sekat sebelah kanan berukuran 199mm X340mm, dan sekat yang belakang 210mm X 340mm. Pasang menurut pola yang sudah digambar seperti dibawah ini. Lem dan paku/skrup seperti saat memasang sisi-sisi sebelumnya.

Lihat Juga :  Skema Box Speaker Rumah Keong, Super Scoop 18 Inch

Skema box subwoofer 3

4. Memasang sekat tengah

Potongan papan yang harus dipersiapkan 340mm X 225mm. Pasang seperti gambar dibawah, caranya sama saja.

Skema box subwoofer 4

5. Memasang tempat dudukan speaker

Potongan papan yang harus dipersiapkan 324.mm X340mm, serta buatkan lubang untuk speaker 12 inch, pada gambar diameternya adalah 270mm namun sebaiknya langsung mengukur pada speaker yang akan dipasang kalau sudah ada. Pasang seperti biasanya.

Skema box subwoofer 6

6. Memasang tutup sisi depan

Potongan papan yang dibutuhkan adalah 340mm X 337mm, dan pasang seperti pada gambar dibawah.

Skema box subwoofer 5

7. Memasang sisi kanan, potongan terakhir

Potong papan untuk penutup sisi kanan terakhir, ukuran sama dengan main boxnya atau sisi kanan yaitu 570mm X 680mm. Pasang menggunakan lem, paku dan skrup seperti sebelumnya.

Desain box subwoofer

 

8. Tahap Finishing

Untuk finishing orang biasanya didempul besi dulu, digosok kemudian dicar tekstur. Atau ada juga yang melapisinya dengan karpet atau vinil. Silakan pilih sesuai selera. Jika ingin menambahkan pegangan juga boleh, ukuran mengkuti pegangan yang dijual di toko atau bisa juga membuat pegangan dengan cara dilubangi saja kemudian bagian dalam ditutup dengan triplek dan kayu.

CATATAN:

  • Ingat speaker conus bagian depannya speaker menghadap ke lubang dan magnetnya kelihatan dari luar, jangan lupa 😀
  • Ini adalah box speaker khusus sub-woofer, jadi harus didorong dengan amplifier yang diseting untuk subwoofer misalnya menggunakan crossover aktif atau low pass filter.
  • Gunakan speaker khusus subwoofer, karena akan berbeda hasilnya jika menggunakan speaker jenis midrange/fullrange.
  • MDF atau multiplek harus yang memiliki ketebalan 15mm, sebab kalau tidak Anda harus merubah ukuran pada desain diatas supaya pas.

 

 

Skema Box speaker subwoofer 12 inch
Demikian tentang skema dan desain project subwoofer 12 inchi yang bisa Anda coba buat dirumah. Semoga bermanfaat dan selamat bereksperimen!

Leave a Reply