Skema Dan Ukuran Box Speaker 6 inch x 1 plus tweeter 2-way

Untuk audio ruangan yang tak terlalu besar, umumnya cukup dengan speaker 6-10 inch. Berbicara mengenai speaker 6 inch umumnya tak terlalu besar bass yang bisa direproduksi, tapi dengan desain dan volume yang cukup maka ini bisa dimaksimalkan.  Jadi untuk itu desain speaker 6 inch yang saya posting kali ini memang volumenya agak besar, dan jika dihitung respon frekwensi low-nya bisa cukup rendah yaitu 40Hz . Spesifikasi speaker ini adalah 2-way , 1 woofer dan 1 tweeter. Box ini tidak menggunakan pipa sebagai port/lubang udara. Baca juga : Memodifikasi Power OCL 150W Untuk Mendorong Subwoofer

Skema dan Ukuran Box Speaker 6 Inch 2-way, 1 Woofer dan 1 Tweeter – Bass besar.

Desain box speaker 6 inch dalam 3D

Bahan :

Material papan bisa menggunakan partikel atau triplek, dengan ketebalan 10mm jika mengikuti skema ini. Meskpun speaker hanya 6 inch, sebaiknya tetap menggunakan skrup dan lem kayu/epoxy agar betul-betul kuat.

1. Ukuran panel dan sekat

  • Ukuran panel atas dan bawah 340.0mm x 320.0mm
  • Ukuran panel kanan dan kiri 385.0mm x 340.0mm
  • Ukuran panel belakang 300.0mm x 385.0mm
Lihat Juga :  Cara Mudah Merakit Sendiri Power Audio Mobil yang Bassnya Mantab

skema speaker 6 inch 1 tweeter
tampak depan box speaker 6 inch skema

 

Ukuran panel depan :

Ukuran tweeter tidak harus sama persis dengan yang ada diskema, sebaiknya ukur lubang sesuai dengan tweeter yang sudah ada atau yang diingingkan.

Baca juga : Skema Cara Menggabungkan 2 Trafo untuk keperluan 1 Power Amplifier

ukuran panel depan desain speaker 6 inch
Prespektif 3D
3D skema speaker 6 inch

Finishing

Berikut penampilan box speaker 6inch kita jika sudah selesai dibuat. Finishing boleh menggunakan cara apapun baik dilapisi bahan vinil atau karpet, dan bisa juga dicat. Sebaiknya diberi grill untuk melindungi woofer dari benturan.

Baca juga : Cara Menghitung Kemampuan Trafo Terhadap Watt Power Amplifier

desain box speaker 6inch 3D

Demikian skema dan ukuran box speaker 6 inch 2-way, yaitu 1  woofer 6 inch dan 1 tweeter. Untuk membagi jalur bisa menggunakan crossover atau hanya menambahkan filter (HPF)  yaitu capasitor non-polar 4,5uf untuk tweeternya. Speaker yang dipakai 8 ohm 30w – 80watt, dan daya power disesuaikan.

Leave a Reply