Skema Dan Ukuran Box Subwoofer Audio Mobil 12 Inch Single General

Audio mobil bawaan umumnya sudah terdengar bagus, tapi kalau bicara bass tentunya masih kurang jika belum ada tambahan subwoofer. Selera orang terkadang melengkapi audio mobil mereka secara custom dan desain khusus agar tampak serasi dengan mobil mereka. Tapi bagi Anda yang hanya menginginkan kualitas audio yang terdengar lebih mantab, cukup bisa menambahkan subwoofer general praktis untuk berbagai jenis mobil MPV seperti Avanza, toyota kijang, ertiga, granmax, Carry, hingga jenis jeep seperti taft, jimny, escudo, vitara dan mobil sedan segala merk. Untuk itu spesial kali ini saya bagikan skema dan ukuran untuk box subwoofer mobil tersebut bagi yang ingin membuatnya sendiri, spesifikasi driver 12 inch single 100W-300W.

Ukuran, Desain, Skema Box Subwoofer Mobil 12 inch General

cara membuat box subwoofer mobil 12 inch

Mengapa harus membuat sendiri dengan desain ini? Box ini memang tidak terlalu luarbiasa, namun didesain praktis supaya bisa masuk ruang untuk berbagai jenis mobil dan sudah teruji mampu menghasilkan tendangan bass yang cukup besar mantab dengan respon terbaik 30Hz-180Hz.

Baca juga : Cara Mudah Merakit Sendiri Power Audio Mobil yang Bassnya Mantab

Bahan :

Material papan triplek dengan ketebalan 10 mm, pilih kualitas bahan kayu meranti. Boleh saja memilih partikel board, tapi ketebalan harusnya lebih misalnya 15 mm.

Lihat Juga :  Penyebab dan cara mengatasi Suara Mendengung Amplifier Rakitan

1. Ukuran panel dasar

ukuran panel dasar

2. Ukuran panel depan dan sekat-sekat

CATATAN: Untuk ukuran baffel/lubang speaker ada baiknya disesuaikan dengan driver yang dipakai, sebab kadang ada selisih ukuran untuk tiap produk/pabrikan. Saya tidak merekomendasikan jenis driver tertentu, jadi sesuai keinginan saja.

Skema ukuran box speaker mobil 12 inch Ukuran depan subwoofer mobil 12

3. perspektif 1, dimensi subwoofer perspektif dalam desain box speaker subwoofer mobil

4. Finishing

Finishing sepnuhnya saya serahkan kepada Anda bagaiamana baiknya. Anda bisa melapisinya dengan oscar, atau pelapis mebel lainnya. Harusnya juga diberi grill atau pelindung speaker supaya tidak rusak terkena kemungkinan benturan. Grill ini bisa didapatkan ditoko variasi audio mobil.

desain ukuran box subwoofer mobil 12 inch

Demikian ukuran dan skema plus desain 3D dari speaker box subwoofer 12 inch untuk audio mobil general. Power yang digunakan sebaiknya memiliki daya 100W-300W, speaker bisa jenis double coil 2-4Ohm. Jangan lupa atur impedansi speakernya, baca juga : Cara Mengatur Impedansi Speaker Subwoofer Pada Audio Mobil

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang instalasi audio mobil, silakan lihat artikel kami yang lain di Cara Pemasangan Audio Mobil + Power Amplifier 2 dan 4 Channel

Selamat mengerjakan!

 

Leave a Reply