Penyebab Cancel Pada Sound System Dan Mengatasinya

Cancel (Cancelled) adalah fenomena umum dalam dunia audio yang sangat merugikan kualitas suara, dan bisa menurunkan reputasi audio profesional. Bagaimana tidak, hal ini karena canceled menurunkan kualitas suara audio terutama frekwensi rendah yang menjadi lemah atau bahkan hilang. Apa penyebab cancel pada sound system ini, dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Umum Terjadinya Cancel Pada Sound System Dan Tips Mengatasinya

cara mengatasi cancel pada speaker

Terjadi Pada Frekuensi Rendah/Bass

Canceled atau pembatalan sering terjadi pada frekuensi rendah karena memiliki panjang gelombang suara yang lebih besar jika dibandingkan dengan frekuensi tinggi. Oleh karena itu, efek interferensi dan canceled menjadi terdengar lebih nyata pada frekuensi rendah.

Pada frekuensi rendah, jarak relatif antara speaker dan dinding atau antara 2 sumber suara(speaker) dapat menciptakan perbedaan fase yang signifikan, yang mengakibatkan pembatalan gelombang(canceled). Ini dapat menyebabkan daerah di ruangan di mana suara bass menjadi sangat lemah atau bahkan hilang sama sekali.

Untuk mengatasi Canceled pada frekuensi rendah, beberapa langkah yang bisa diambil termasuk penempatan speaker, menggunakan perangkat lunak pengaturan delay, dan penerapan solusi akustik seperti penyerap suara bass atau peredam frekuensi rendah.

Ciri-ciri Cancel dalam Soud System

  • Penurunan dramatis pada range suara bass pada beberapa titik frekuensi tertentu.
  • Terdapat titik-titik nol atau area (null point) di ruangan di mana suara bass terdengar menghilang atau sangat lemah.
  • Pada frekuensi tertentu, suara bass mungkin terdengar tidak alami atau terdistorsi.
  • Kekuatan dan kejelasan karakteristik suara “punch” atau “thump” dari suara bass dapat hilang pada beberapa frekuensi.
  • Ada ketidak-konsistenan dalam respons frekuensi rendah, dengan beberapa frekuensi terdengar lebih lemah daripada yang lain.
  • Akustik ruangan dapat memperparah cancel pada frekuensi rendah, menciptakan daerah di mana suara bass tidak terdengar seperti seharusnya.

Beberapa faktor penyebab cancel

Penatan speaker

  • Jika speaker ditempatkan terlalu dekat satu sama lain atau terlalu dekat dengan dinding, dapat terjadi interferensi yang menghasilkan canceled.
  • Pada sistem audio berada dalam ruangan, sifat akustik ruangan, seperti pantulan suara dari dinding dan langit-langit, juga dapat berkontribusi terhadap cancel. Dan pada sistem audio outdoor, suara yang dipantulkan oleh permukaan keras seperti dinding bangunan, tanah, atau air dapat menciptakan pantulan suara yang bisa mengakibatkan cancel.
  • Pada sistem outdoor sering ada perbedaan jarak antara speaker dan pendengar. Jika tidak dikelola dengan baik, ini dapat menyebabkan perbedaan fase dan potensial terjadi cancel.
  • Bentuk dan topografi area outdoor, seperti bukit, lembah, atau bangunan, dapat mempengaruhi perambatan suara dan menyebabkan efek cancel.

Cancel sering kali lebih terlihat pada frekuensi tertentu, dan beberapa frekuensi mungkin saling membatalkan, sementara yang lain tidak.

Perbedaan Fasa Antara  Sumber Suara Berbeda

Fase kebalik antara dua sumber suara(speaker), atau antara dua saluran audio dapat menyebabkan cancel. Fase gelombang merujuk pada posisi relatif dari puncak-puncak dan lembah-lembah dalam dua gelombang suara yang berinteraksi. Jika dua gelombang suara memiliki fase yang berlawanan ketika sampai ditelinga pendengar, gelombang-gelombang itu dapat saling membatalkan atau mengalami pembatalan fase.

Pembatalan fase terjadi ketika puncak gelombang suara dari satu sumber suara bertemu dengan lembah gelombang suara dari sumber lain, sehingga mengakibatkan penurunan atau bahkan pembatalan total amplitudo suara pada frekuensi tertentu. Ini terutama terlihat pada frekuensi rendah atau bass.

Pada intinya perbedaan fase antara 2 sumber suara menyebabkan masing-masing gelombang suara dari sumber suara(speaker) yang berbeda akan saling meniadakan. Akibatnya dapat menghilangkan frekwensi suara tertentu terutama bass yang paling terlihat nyata.

Baca Juga :  Fungsi Elco Dalam Berbagai Peralatan elektronika

Box speaker

Box speaker juga bisa berperan dalam menyebabkan cancel, terutama pada frekuensi rendah atau bass. Pembentukan gelombang suara di dalam kotak speaker dapat menciptakan fenomena interferensi dan fase yang dapat menyebabkan cancel pada beberapa frekuensi. Ini dapat terjadi terutama jika desain box  speaker tidak optimal atau jika kotak speaker tidak sesuai dengan karakteristik driver  yang digunakan.

Dalam beberapa konfigurasi/model box speaker, gelombang balik (Backwave) dari speaker dapat memantul dari permukaan panel belakang box dan berinteraksi dengan gelombang utama, menciptakan potensi cancel.

Bagaimana box speaker bisa menyumbang canceled?

  • Box speaker yang tidak dirancang dengan baik dapat mengalami resonansi pada frekuensi tertentu. Resonansi ini dapat mempengaruhi respons frekuensi dan menyebabkan cancel.
  • Gelombang suara di dalam box dapat menciptakan pola gelombang yang berinteraksi dengan gelombang dari speaker itu sendiri, menyebabkan pembatalan pada beberapa frekuensi.
  • Karakteristik akustik di dalam kotak speaker, seperti pantulan suara atau absorpsi yang tidak sesuai, dapat mempengaruhi bagaimana gelombang suara berperilaku di dalam box dan akhirnya mempengaruhi keluaran suara.

Untuk mengatasi potensi canceled yang disebabkan oleh boc speaker, maka perlu mempertimbangkan desain kotak yang baik, pemilihan material yang sesuai, dan penerapan bahan peredam atau penyerap suara di dalam kotak. Selain itu, pemilihan driver yang sesuai dengan desain box speaker juga penting untuk mencapai kinerja suara yang optimal.

Cara Mengatasi Canceled

Untuk mengatasi cancel dalam sistem suara, terutama pada frekuensi rendah, Anda dapat mengambil beberapa langkah berikut:

Cek fasa :

Cek semua speaker, jika salah satu ada yang fasa kebalik maka bisa menyebabkan cancel. Fasa kebalik juga bisa terjadi pada I/O atau jalur input output, untuk itu periksa keseimbangan misalnya pada input balance.

Penempatan Speaker :

Pastikan speaker ditempatkan dengan hati-hati, hindari penempatan terlalu dekat dengan dinding atau sudut dinding yang dapat menyebabkan interferensi.

Box speaker :

Pastikan box speaker didesain dengan tepat sesuai dengan driver yang digunakan, dibuat dengan material yang berkualitas, serta memiliki bentuk desain yang mengurangi efek cancel. Pertimbangkan untuk mencoba desain box speaker yang berbeda misalnya direct bass refleks, folded horn, loaded horn, tapped horn, box vacuum/ported, sealed dan lain-lain. Baca juga : Perbedaan Box Speaker Folded Horn, Loaded Horn, Tapped Horn, Vented

Pengaturan Delay:

Gunakan pengaturan delay pada speaker untuk menyelaraskan fase gelombang, dan menghindari perbedaan waktu tempuh yang dapat menyebabkan cancel.

Penggunaan Equalizer:

Sesuaikan pengaturan equalizer untuk meratakan respons frekuensi sound system. Identifikasi frekuensi yang terpengaruh oleh cancel dan atur equalizer dengan bijak.

Pertimbangkan Pemosisian Pendengar:

Pertimbangkan posisi pendengar yan ada dalam ruangan, dan pastikan pendengar tidak berada di daerah yang sangat dipengaruhi oleh cancel.

Perlu diingat bahwa setiap ruangan memiliki karakteristik akustik yang unik, jadi seringkali diperlukan eksperimen dan penyesuaian berulang untuk mencapai kualitas suara yang optimal.

Kesimpulan

Canceled pada sound sistem terjadi ketika gelombang suara dari 2 sumber atau lebih mengalami interferensi, ini mengakibatkan penurunan atau pembatalan amplitudo suara pada frekuensi tertentu. Faktor-faktor seperti penempatan speaker, fase gelombang, dan karakteristik akustik ruangan dapat menyebabkan canceled. Pada frekuensi rendah, fase kebalik dan resonansi dalam box speaker juga dapat berkontribusi. Solusi untuk mengatasi canceled termasuk mengubah-sesuaikan penempatan speaker, dan pengaturan fase, dan penggunaan perangkat keras pengatur suara/audio. Lingkungan outdoor juga dapat memperkenalkan faktor tambahan, seperti pantulan suara yang juga perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan kualitas suara.

Tags:

Leave a Reply