Layout PCB Dan Skema Efek Gitar Chorus, Skema dan Hasilnya

Berikut kita akan mengetahui cara membuat efek chorus untuk gitar electric, beserta Layout PCB dan panduan serta bagaimana hasilnya. Disini juga akan saya bagikan skemanya supaya kalian semua bisa mengikuti jejak saya dalam project elektronik kali ini, hey-hey. Apasih efek gitar Chorus itu?… chorus menurut skosakata bahasa inggris, kalau di artikan kedalam bahasa Indonesia berarti “Paduan Suara”. Lho kok paduan suara?

Maksudnya efek gitar chorus adalah bagaimana cara agar suara gitar bisa terdengar seperti berasal dari banyak gitar yang dibunyikan bersama2  dengan nada yang sama. Ya , mungkin seperti paduan suara pada vokal, yang sebuah nada lagu dinyanyikan oleh banyak orang secara bersama-sama. Kurang lebih seperti itu.

Contoh lagu yang mengaplikasikan efek chorus sih banyak, cuma saya lupa… mungkin seperti lagu Love Hurt yang dipopulerkan Grup Band tempo dulu , Nazareth… Bisa juga sih, tapi katanya itu adalah efek gitar flanger…. tapi menurut saya flanger dan chorus itu 11/12… alias beti alias beda tipis hehe. Nah langsung saja kita akan bahas tentang efek gitar yang satu ini. Efek chorus sering juga disebut dengan efek tremolo, yaitu juga bisa terdengar seperti tremolo sebuah gitar listrik yang sedang dimainkan naik dan turun.

RANGKAIAN EFEK CHORUS INI JUGA BISA DIAPLIKASIKAN UNTUK GITAR AKUSTIK

Aplikasi efek chorus

Aplikasi atau penggunaan efek chorus biasanya dipasang setelah efek distorsi dan sebelum efek delay. Kalau untuk kecocokan jenis musik, efek chorus cocok untuk segala macam jenis aliran musik. Hal ini juga cocok  diaplikasikan untuk electric maupun akustik gitar, melody gitar atau bass gitar juga cocok. Bahkan, untuk memainkan melody gitar dangdut asoelole, dangdut classic original, dangdut jaranan juga sangat oke. Bahkan banyak gitaris dangdut yang menggunakan chorus setelah efek distorsi saat mereka memainkan melody, sebut saja grup orkes RGS, New Palapa, SERA, SONATA, dll. Untuk musik top40, heavymetal, pop, poprock, atau hardcore juga tambah cakep ….

Membuat Efek Gitar Chorus Plus Layout PCB Lubang, Sederhana Hasil Maksimal

Secara produk efek gitar chorus memang sudah tersedia sejak Richie Blackmore masih belajar gitar hingga saat inipun masih ada. Efek chorus analog buatan pabrik seperti contohnya merk Boss™, juga yang digital all in one juga banyak seperti contoh merk Casio™. Namun bagi saya sendiri, kalau tak merakit sendiri itu asanya kurang sreg,,,, meskipun hasilnya mungkin kalah bagus sama produk pabrik, tapi kalau karya sendiri itu rasanya puas banget….

BTW, meskipun efek yang akan kita buat kali ini cukup simpel dan mudah dirakit, namun hasilnya boleh kamu sandingkan dengan efek buatan pabrikan…. yakinlah…. ya-ya-ya,,, yang penting yakin ya bro?… haha… Tapi asli loh, saya sendiri tidak bisa membedakan mana bunyi efek chorus dari efek rakitan saya ini dan mana yang bunyi efek chorus dari efek pabrikan. Ya iyalah, efek chorus yang chorus sama saja bunyinya ya begitu itu diseluruh dunia.

Apalagi penonton mana tahu mana yang efek chorus rakitan dan mana yang buatan pabrik saat kita pakai perform dipanggung, karena yang akan mereka dengar adalah permainan gitar kita bagus apa nggak, itu saja kan ya? Gimana mahalnya atau bagusnya efek yang kita punya tapi kalau hasilnya FALS ya bisa kena timpuk gelas achua 😀

Baca juga : Efek Gitar Listrik ini Wajib Bagi Seorang Gitaris Pengiring

Penampakan efek gitar chorus rakitan saya

skema efek gitar chorus

Nah itu diatas adalah gambar sirkit  efek gitar chorus buatan saya sendiri. Simpel bukan?…. mudah kok bikinnya, saya saja bisa membuatnya sendiri, masa kamu nggak bisa sih… Rangkaian  efek gitar chorus ini menggunakan IC PT2399, yang umumnya dipakai untuk echo vokal plus ditambah dengan penguatan oleh IC Double op-amp TL072… Kamu juga bisa mengganti IC double op-amp ini dengan type yang lain seperti JRC4558 atau NE 5532.

Lihat Juga :  Skema Box Subwoofer 12 Inch Untuk Segala Keperluan

Hasil sound efek gitar chorus rakitan saya

Hasilnya cukup mantab, dan saya sendiri merasa cukup puas; dan kayaknya nggak ada bedanya dengan rangkaian efek gitar chorus bikinan pabrikan. Percaya sama saya dah, dicoba saja buat nambah referensi, lagian biayanya nggak banyak kok, cuma habis 35 ribu rupiah saja!…. Murah, but its Work!

Skema efek gitar chorus

skema efek gitar electric chorus

Catatan :

  1. Yang bertanda khusus (*) , adalah resistor yang bisa kamu ganti dengan 10k sampai 33k.
  2. IC yang kaki 8 adalah TL072, dan yang kaki 16 adalah IC PT2399
  3. ic 7805 adalah IC regulator berkaki 3. Secara fisik bentuknya, jika tulisannya menghadap ke wajah kita, yang sebelah kiri adalah pin 1(in), tengah pin2(ground), dan yang sebelah  kanan sendiri adalah pin 3 (out +5volt )
  4. 4. Kode N/C pada skema di kaki potensio no 1 adalah Not Connected alias nggak perlu disambungkan kemana-mana lagi; atau bisa juga disambungkan ke kaki potensio yang no 2.

Skema efek gitar diatas sudah terbukti work dan sudah dicoba beribu kali oleh orang diseluruh dunia alias verified. Jadi jika kamu tidak berhasil, artinya kamu salah dalam hal merangkai atau dalam hal penggunaan komponen. Pastikan IC memakai socket, supaya tidak kepanasan dan rusak waktu disolder, terutama IC PT 2399.

Pin IC TL072 dan double op-amp lainnnya

Biar nggak bingung, berikut data pin IC TL072. Kaki nomor 8 adalah tegangan alias VCC, jadi sambungkan saja ke tegangan positif arus 9 volt pada rangkaian, dan kaki ke 4 ikut ke ground. Sementara kali yang lain ikuti saja tanda simbol segitiga, pin minus(input inverting) dan pin plus(input non-inverting) pada rangkaian.

IC TL072

UPDATE 2021 : Penambahan Layout PCB Berlubang

Berhubung banyak yang meminta dibuatkan layout, maka disini saya buatkan tapi hanya memakai perfboard, soalnya lebih mudah dan cepat menghemat waktu dan biaya. Dengan catatan karena komponen yang dipakai tidak banyak.

Karena alasan rangkaian ini sederhana tidak banyak komponen, maka lebih cepatnya adalah menggunakan PCB berlubang/perfbord seperti yang sudah saya lakukan sebelumnya. Daripada harus nyablon PCB bisa butuh waktu dan proses lebih panjang, kecuali produksi massal :D.

Langkah 1 Memasang Komponen Pada Perfboard

Pasang semua komponen pada perfboard yang sudah dipersiapkan. Urutan atau susunan komponen bisa mencontek pada gambar berikut dibawah, tentu Kamu sudah bisa menentukan setiap koordinat setiap kaki komponen berdasarkan pedoman gambar ini :

efek gitar chorus pcb layout

Saya kira membuat desain gambar panduan routing pada PCB bolong diatas lebih lama daripada merouting langsung pada PCB beneran tapi dengan jalan mengikuti jalur yang sudah jadi dibawah ini. Berterimakasihlah 😀

CATATAN: PCB BOLONG YANG DIPAKAI ADALAH PCB BOLONG TyPE UNTUK IC ATAU YANG UKURAN KECIL

 

Langkah 2 Merouting/Membuat Jalur Rangkaian

Gambar berikut dibawah ini adalah routing jalur PCB yang sudah di balik/MIRROR supaya kamu lebih mudah mencontek pada saat membuat jalurnya atau routing PCB.

Gambar Panduan Memasang Komponen :

 

layout PCB lubang efek choursCATATAN:

APABILA POTENSIO REV LOG TIDAK DITEMUKAN, BISA MENGGUNAKAN POTENSIO LINIER ATAU POTENSIO LOGARITMIK ATAU POTENSIO TYPE A/B

APABILA KESULITAN MEMASANG JEK DAN 3PDT FOOT SWITCH ATAU SAKLAR INJAK, BISA MELIHAT PANDUAN INI.

APABILA INGIN MENAMBAHKAN EFEK DELAY, SILAHKAN LIHAT LAYOUT PCB EFEK DELAY.

Demikian rangkaian dan sekema efek gitar chorus, semoga berhasil dan selamat berkreasi.

17 Comments

  1. herdi Juni 5, 2020
  2. Iwan Maret 13, 2020
  3. audiolover Juni 8, 2019
    • Supri Juni 14, 2019
  4. ovin Maret 31, 2018
    • Supri April 4, 2018
  5. opik Februari 26, 2018
    • Supri Maret 7, 2018
  6. Eka Arimika September 28, 2017
    • Supri Oktober 4, 2017
  7. ferdi Agustus 8, 2017
    • Supri Agustus 9, 2017
  8. ari April 1, 2017
    • Supri April 3, 2017
      • Richad Maret 28, 2021
        • Supri April 2, 2021

Leave a Reply