Perbedaan Box Speaker Vakum dan Direct Dengan Lubang Angin

Box Vakum adalah istilah yang banyak dipakai untuk menyebut box speaker jenis sealed dimana box speaker jenis sealed ini tidak diberi lubang udara samasekali. Kayaknya kurang tepat jika disebut vakum menurut saya, tapi lebih cocok disebut kedap udara.

Tapi yasudahlah itu hanyalah sebuah istilah saja. Sebagai contoh box vakum yang paling populer adalah jenis CLA atau Subpali yang baru saja viral kemaren, akan tetapi box vakum tersebut termasuk jenis outdoor yang dilengkapi dengan horn untuk bass jauh. Tapi secara umum mirip dengan box subwoofer jenis bandpass. Beberapa box audio mobil juga banyak dari jenis sealed dan bandpass, semua tergantung preferensi musik masing-masing pengguna.

Desain box speaker CLA 18 Double

Sedangkan box direct mengacu kepada jenis box speaker yang diberi lubang angin dan daun speaker menghadap langsung ke udara/kedepan sebagai contoh box speaker bass refleks misalnya jenis box martin, box planar, box miniscoop, CBS, dll. Secara umum box speaker dengan diberikan lubang udara atau lubang resonansi disebut dengan box Ported/Vented.

Skema box speaker CBS 15 inch finish

Apapun ketika kita membicarakan baik jenis box sealed maupun ported semua mengacu kepada jenis box subwoofer, atau jenis low-mid karena semua itu pengaruhnya ke nada rendah.

Nah berikut perdedaan kekurangan kelebihan box speaker vakum(sealed) dan Box dengan lubang angin(Ported)

gambar jenis box speaker subwoofer

Keterangan : Terbuka = Ported; Tertutup =sealed

Box speaker sealed dan ported (bass reflex) memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis box tersebut:

Kelebihan Box Speaker Sealed (Acoustic Suspension):

Respons Presisi:

Box speaker sealed cenderung menghasilkan respons frekuensi yang lebih presisi dan akurat, terutama pada frekuensi rendah. Dengan kontrol pergerakan conus yang baik dan peredaman resonansi yang efektif, respons frekuensi rendah bisa menjadi lebih terkendali.

Ukuran Kompak/ringkas:

Desain sealed memungkinkan pembuatan box yang lebih kecil dibandingkan dengan box speaker ported dengan karakteristik yang serupa. Ini dapat menjadi keuntungan jika Anda memiliki keterbatasan ruang atau membutuhkan sistem speaker yang lebih portabel.

Kualitas Bass yang Tepat:

Box Sealed menghasilkan kualitas bass yang bisa lebih ideal untuk musik yang membutuhkan bass yang presisi dan lebih terkendali daripada bass yang dalam dan menendang. Untuk itu umumya banyak digunakan di studio atau speaker audio mobil , ruang karaoke, dll.

Kekurangan Box Speaker Sealed:

Kurang Ekstensi Frekuensi Rendah:

Karena box sealed tidak memiliki port/lubang angin untuk memperpanjang respons frekuensi rendah, maka cenderung memiliki ekstensi frekuensi rendah yang lebih terbatas jika dibandingkan dengan box ported. Respons rendah yang dalam dan menendang mungkin tidak sepenuhnya bisa dicapai. Makanya box jenis vakum sepertinya lebih banyak digunakan untuk mod-low atau musik yang dominan bass menengah misalnya genre dangdut koplo.

Efisiensi Rendah:

Box Sealed cenderung memiliki efisiensi yang lebih rendah, artinya mereka memerlukan daya yang lebih tinggi untuk menghasilkan output suara yang sama dengan box ported. Jadi inilah alasan mengapa box vakum seringkali menuntut driver dengan kualitas bagus.

Kelebihan Box Speaker Ported (Bass Reflex):

Ekstensi Frekuensi Rendah yang Lebih Dalam:

Desain box ported memungkinkan ekstensi frekuensi rendah yang lebih dalam jika dibandingkan dengan desain box sealed. Hal ini membuatnya cocok untuk aplikasi di mana respons rendah yang dalam yang diperlukan, seperti dalam musik berbasis bass yang kuat. Nah jika anda penggemar sound beat atau DJ dengan bass gempa bumi atau bass gunung meletus atau bass rudal yang ingin merontokkan plafon tetangga maka box jenis ported ini yang anda cari.

Baca Juga :  Cara Mudah Merakit Sendiri Power Audio Mobil yang Bassnya Mantab

Efisiensi Lebih Tinggi:

Box speaker ported cenderung memiliki efisiensi yang lebih tinggi, artinya mereka membutuhkan daya yang lebih rendah untuk menghasilkan output suara yang sama dengan box sealed. Jadi power amplifier jenis TPA3110 saja bisa gleerrr dengan box bass refleks yang diisi dengan driver inch.

Kekurangan Box Speaker Ported:

Respons Frekuensi yang Kurang Presisi:

Desain box ported dapat mempengaruhi respons frekuensi dan menghasilkan resonansi pada frekuensi tertentu. Hal ini bisa mengakibatkan respons frekwensi yang kurang presisi atau terjadi distorsi yang tidak diinginkan pada frekuensi tertentu. Untuk mencegah ini biasanya box ported diisi dengan glass woll atau lainnya.

Ukuran Kotak yang Lebih Besar:

Box ported cenderung lebih besar dibandingkan dengan box sealed dengan karakteristik yang serupa. Hal ini dapat menjadi kendala jika Anda memiliki ruang terbatas atau memerlukan sistem speaker yang lebih portabel.

Pilihan antara box speaker sealed dan ported tergantung pada preferensi pribadi, tujuan penggunaan, dan karakteristik audio yang diinginkan. Jadi jika anda menyukai genre koplo atau DJ, genre sound garasi atau sound balap maka akan berbeda melihatt jenis-jenis box speaker ini.

Penggunaan Box speaker pada berbagai situasi

Penggunaan box speaker sealed dan ported dapat bervariasi tergantung pada lingkungan dan kebutuhan spesifik. Berikut adalah penjelasan tentang penggunaan keduanya dalam berbagai situasi:

Box Speaker Sealed (Acoustic Suspension):

Box speaker sealed cocok untuk digunakan di ruangan dalam seperti ruang tamu, kamar tidur, atau studio. Respons frekuensi yang presisi dan kontrol pergerakan yang baik membuatnya ideal untuk mendengarkan musik dengan detail yang tinggi.

Jika Anda memiliki kabin yang sempit seperti di mobil atau kabin pesawat, box speaker sealed dapat menjadi pilihan yang baik karena ukurannya yang kompak. Ini membantu mengoptimalkan ruang yang terbatas tanpa mengorbankan kualitas suara yang baik.

Box Speaker Ported (Bass Reflex):

Ruang besar: Box speaker ported cocok untuk digunakan di ruangan yang lebih luas seperti ruang keluarga atau ruang konser. Ekstensi frekuensi rendah yang dalam dan lebih banyak output bass membuatnya cocok untuk mengisi ruang yang lebih besar dengan suara yang kuat dan menendang.

Outdoor: Dalam situasi di luar ruangan seperti acara panggung atau pertunjukan di luar, box speaker ported dapat memberikan keuntungan dalam menghasilkan output suara yang lebih besar dan mencapai jarak yang lebih jauh.

Mobil: Dalam kendaraan, box speaker ported bisa memberikan bass yang lebih dalam, memberikan pengalaman audio yang lebih kaya saat mendengarkan musik di dalam mobil. Namun, perlu diperhatikan bahwa ruang dalam mobil yang terbatas dapat mempengaruhi performa dan perlu disesuaikan dengan desain box yang tepat untuk kendaraan tersebut.

Pemilihan antara box speaker sealed dan ported juga bisa dipengaruhi oleh preferensi pribadi terhadap karakteristik suara, jenis musik yang didengarkan, dan keinginan untuk bass yang presisi atau lebih mendang dan dalam. Penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor tersebut serta memilih box speaker yang sesuai dengan ukuran ruangan, lingkungan, dan tujuan penggunaan yaitu untuk mencapai performa audio yang optimal.

Tags:

Leave a Reply