Cara Modifikasi Power OCL 150W Untuk Middle Dan Suara Lebih Jernih

Power OCL 150W adalah kit power class A/B yang cukup sederhana, menggunakan komponen yang mudah didapatkan dipasaran dan harganya terjangkau. Oleh karena itu power ini banyak sekali digemari. Secara umum power ocl 150W ini sebenarnya sudah cukup baik walaupun tanpa dimodifikasi, namun untuk beberapa tertentu terkadang diperlukan misalnya untuk membuatnya menjadi lebih cocok sebagai driver pendorong speaker middle.

Modifikasi Power OCL 150W Untuk middle

Tujuan modifikasi ini tidak meningkatkan daya, tapi untuk mengubah linieritas power OCL 150W sehingga kualitas audio menjadi lebih baik, dimana ini sangat diperlukan jika ingin dipakai sebagai power untuk speaker middle karena suara lebih jernih. Namun demikian tidak menutup kemungkinan power ini jika dipakai untuk mendorong mid-bass/speaker 3-way karena suara bass masih bisa diboost menggunakan equalizer atau tone control.

Jika Anda berniat ingin modif power OCL 150W untuk menambah daya, silakan cek artikel yang ini ==> Modifikasi Power OCL 150 Watt menjadi 400 Watt dengan tegangan 60VDC

Skema Asli
Skema asli power ocl 150W

Skema modfifikasi

modifikasi power ocl 150 untuk middle
Urutan komponen/bagian yang dimodifikasi dan tujuannya

  • (1) Mengganti C1 100nf dengan yang lebih besar, disini bisa diganti dengan 470n – 1uf. Hal ini untuk menghilangkan efek daun speaker bergerak liar maju mundur(terutama jika diboost pakai TC atau equalizer) karena power menguatkan frekwensi 20Hz yang tidak terdengar oleh telinga kita, jadi percuma dan memboroskan daya.
  • (3) dan (6) tambahkan capasitor keramik 100nf jika belum ada, hanya sebagai filter.
  • (4)R2 aslinya 560, diganti dengan 1k. Jalur yang menghubungkan R2 dan R3 diputus, lalu R3 disambungkan dengan GND. Hal ini bertujuan sama yaitu menghilangkan efek daun speaker yang bergerak tanpa suara atau hanya angin karena menguatkan frekwensi 2oHz.
  • Menentukan titik potong HPF dengan yang lebih rendah supaya tidak terjadi distrosi signal AC, maka perlu merubah komponen yang mempengaruhi negatif feedback – dan yang menentukan adalah  C2(10) dan R3, sesuai perhitungan C2 diganti dengan 33uf.
  • TR A733 diganti dengan 2N504
  • TR 3 C945 diganti dengan yang lebih tinggi untuk menyesuaikan yaitu dengan BD139
  • Menambahkan Capasitor (7) 220nf yang dipararel dengan D1 dan D2 untuk membantu mengurangi nois dan menurunkan impedansi dioda.
  • R4 tetap 10K hanya saja wattnya dinaikkan untuk menyesuaikan karena disipasinya akan meningkat sehingga lebih panas.
  • (11) C3 100p diganti dinaikkan dengan 68pf untuk menaikkan slew rate, dan supaya stabilitas terjaga maka ditambahkan Capasitor millar 10p (8). Perubahan ini akan membuat suara nada tinggi menjadi lebih detail dan tidak mudah pecah. Namun juga tidak bisa dibuat terlalu tinggi karena rawan osilasi.
  • C4 (9) C5 (5) dan C6 (2) diganti dengan 47uF jika aslinya selain itu.
  • R12 100Ω diganti dengan trimpot 200Ω (12) lalu D3 dilepas untuk mengatur bias, dan menambahkan capasitor 2,2uF(13) untuk menstabilkannya. Untuk mendapatkan tegangan bias yang sesuai, maka cara tunningnya adalah; pertama input driver dihubungkan ke ground, kemduian atur trimpot pada posisi terendah lalu putar trimpot sampai mendapatkan tegangan 0.025V(50mA) pada titik pertemuan resitor R15 dan R16. Baca juga : Cara Menyetel Bias Dan DC Offset Pada Driver Amplifier Class A/B
  • R14 dan R13 dilepas lalu diganti dengan 1 buah resistor saja yang nilainya sekitar R13 + R14 yaitu 560Ω(14) yang dihubungkan langsung dari basis TR8 ke basis  TR7 final, tanpa terhubung ke jalur output. Hal ini akan mempercepat proses “off ” TR final sehingga bisa meningkatkan kinerjanya khususnya pada frekuensi tinggi.
  • Tambahkan filter untuk mencegah osilasi sehingga aman untuk speaker, Capasitor 100nf yang diseri dengan R10Ω/2W yang dihubungkan dari jalur ouput speaker ke GND.
Lihat Juga :  Gambar Desain Ukuran Boks Speaker Mini Scoop 12" Lengkap

Demikian modifikasi power OCL 150W sehingga menjadi lebih linier, jernih dan tidak pecah sehingga sangat cocok untuk speaker middle maupun mid-bass/2-3-way. Artinkel ini berdasarkan referensi dari @sue2012 selamat bereksperimen semoga mendapatkan hasil yang terbaik.

Tags:

Leave a Reply