Cara Pemasangan Audio Mobil + Power Amplifier 2 dan 4 Channel

Instalasi audio mobil sih sebenarnya tidaklah susah amat karena kita hanya perlu bisa membaca jalur input dan output sekaligus, dan memahami sedikit tentang spesifikasi power agar kita tak salah dalam menginstalasi-nya. Setiap power amplifier mobil tentu memiliki spesifikasi dan jenisnya masing-masing, misalnya sebagai contoh; power amplifier 2 atau 4 channel, mendukung bridge atau tidak, serta memiliki kestabilan untuk bekerja di impedansi speaker berapa ohm. Selain itu ada lagi jenis power monoblock, dimana power ini adalah power saluran tunggal /mono yang didesain khusus untuk mendorong subwoofer, memberikan kualitas yang maksimal.

Tapi tentu semua spesifikasi diatas sudah ditulis didalam buku manual/petunjuknya. Ambil saja sebuah contoh spesifikasi power misalnya; spesifikasi output: 2 x 50w @ 4Ω, bridge mode 1x200w @ 2Ω; maka artinya power Anda memiliki daya output 2×50 watt stereo dengan impedansi speaker yang sesuai yaitu 4Ω. Kemudian pada saat di bridge mode maka power amplifier audio mobil Anda tadi akan menjadi power output tunggal/mono dengan bridged output sebesar 200 watt yang bekerja baik pada impedansi speaker 2 Ω.

Ketahui lebih banyak dan detail tentang bridging power amplifier mobil agar tidak salah, klik disini.

Sebenarnya yang agak susah itu adalah ketika harus membongkar dahboard mobil dan mengembalikannya pada saat kita perlu menginstal kabel-kabel audionya yang dari head unit menuju ke power dan seterusnya hingga ke speaker yang akan digunakan. Namun yang penting hati-hati saja ketika membongkar dashboard, perhatikan dan teliti agar tidak ada kabel yang lepas/ terputus, atau ada kait bahan plastik dashboard yang patah.

Untuk penempatan power, hanya usahakan dilokasi yang tidak mudah tersentuh/tersenggol oleh penumpang serta tidak mudah bergeser/bergoyang. Yang terakhir pastikan betul, jangan sampai ada kabel yang salah sambung, instalasi dengan baik, dan pakailah kabel in/out RCA berkualitas untuk menghindari storing. Kabel ACC/baterai dan kabel speaker pilih yang tebal dan berkualitas juga agar tak mudah panas atau mudah terkelupas.

Cara instalasi audio mobil dari head unit hingga power dan speaker

Gambar 1 : Instalasi standard audio mobil dengan 4 channel power amplifier

Instalasi power audio mobil 4 channel

Cara diatas termasuk skema standard yang umum dipakai penggemar audio di mobil. Disini kita hanya memerlukan 2 channel speaker mid-bass dan tweeter yang ditambah dengan 1 buah subwoofer untuk meningkatkan suara bassnya. Power yang kita gunakan adalah jenis 4 channel, yaitu dengan pembagian : yang 2 channel satunya kita bridge untuk meningkatkan daya supaya tendangan subwoofer supaya lebih besar – sementara yang 2 channel lainnya kita pakai untuk midbasss dan tweeter right dan left channel stereo.

Catatan : Konfigurasi subwoofer pada gambar 2Ω hanyalah sebagai contoh, karena anda bisa menggunakan 1Ω atau 4Ω, tergantung dari kemampuan power amplifiernya.

Alat :

  • 1 Head unit
  • 2 buah speaker midbass
  • 1 unit power 4 ch
  • 1 unit subwoofer
  • 2 set RCA
  • 1 kabel REM warna biru

Gambar 2 : Instalasi standard audio mobil dengan 4 channel power amplifier untuk double subwoofer

Instalasi power audio mobil 4 channel BRIDGED doubler subwooferCara instalasi power audio mobil diatas bisa Anda pilih apabila menginginkan bass yang super besar, karena disini power 4 channel kita kita bridge menjadi 2 output channel untuk subwoofer semua. Lalu bagaimana dengan suara tengah/midle dan suara tinggi/hi? Suara mid dan suara tinggi dihasilkan langsung oleh head unit, biasanya langsung ke speaker bawaan mobil biasanya ada di pintu mobil atau dashboard; jadi Anda tak perlu menambahkan power lagi.

Lihat Juga :  Kerusakan Umum pada Driver POWER Amplifier OCL 150 watt

Namun Anda juga bisa menggunakan 4 channel power amplifier anda tersebut untuk mendorong speaker midbass baik depan (front) dan belakang(rear), sementara untuk subwoofernya Anda bisa menambahkan power jenis monoblok yang khusus untuk menangani speaker subwoofer.

Alat:

  • 1 head unit
  • 1 unit power 4 ch
  • 2 unit subwoofer
  • 2 set RCA
  • 1 kabel REM warna biru

Gambar 3: Instalasi audio mobil 2 channel untuk  menangani subwoofer

2 CHANNEL POWER untuk subwoofer bridge

Cara instalasi standard diatas bisa Anda gunakan jika Anda sudah cukup puas dengan suara langsung dari head unit yang bisanya sudah terintegrasi secara default dengan 4 speaker bawaan mobil biasanya yang ada dipintu mobil depan dan belakang.

Nah, karena Anda ingin menambah suara bass agar lebih keras maka Anda hanya cukup menambahkan 1 buah power amplifier mobil 2 channel yang mendukung untuk bridge. Jadi 2 output power tadi cukup Anda bridge mono untuk mendorong sebuah speaker subwoofer. Cara instalasinya seperti gambar diatas.

Catatan : Konfigurasi speaker 2 ohm pada gambar hanya sebagai contoh saja. Anda bisa mengkonfigurasi 1 speaker atau menggabung 2 speakerpun bisa asal impedansinya didukung oleh power Anda.

Alat:

  • 1 head unit
  • 1 unit power 2 ch
  • 1 unit subwoofer
  • 1 set RCA
  • 1 kabel REM warna biru

Pertanyaannya: Apakah bisa power 2 channel yang bridge mode mono menggunakan speaker lebih dari satu? Jawabannya tergantung. Misalnya sebagai contoh power Anda memiliki spesifikasi bridge mode 1x400watt/2Ω, maka Anda bisa menggunakan 2 buah speaker subwoofer yang masing-masing 200watt dengan di konfigurasi 2Ω.

Bagaimana cara menyambung speaker lebih dari satu, informasi lengkapnya bisa dibaca di Cara Menyambung Banyak Speaker yang Benar pada Audio Sound System

Gambar 4:  Instalasi 2 channel power amplifier dengan 2 speaker bassmid

instalasi 2 CHANNEL POWER untuk STANDARD speaker

Cara terakhir dalam artikel ini adalah seperti gambar diatas; cara tersebut bisa Anda pakai apabila Anda sudah merasa cukup dengan audio mobil stereo biasa dengan speaker bassmid tanpa subwoofer. Disini anda hanya membutuhkan power ampli 2 channel dan 2 unit speaker bassmid kiri dan kanan. Jika mobil Anda adalah mobil keluarga, mungkin cara ini yang paling sesuai yang dimana bassnya tak terlalu keras karena tak menggunakan speaker subwoofer. Namun audio mobil Anda beberapa langkah lebih baik daripada audio mobil standard tanpa power amplifier. Baca juga : Cara Membuat sendiri Box subwoofer mobil 2 speaker 12 inch

Alat:

  • 1 head unit
  • 1 unit power 2 ch
  • 2 unit speaker midbass
  • 1 set RCA
  • 1 kabel REM warna biru

Demikian beberapa cara instalasi standard audio mobil yang umum dilakukan orang. Ada banyak cara orang menginstalasi audio mobilnya, dari mulai kelas biasa hingga kelas kontes. Untuk Audio yang lebih besar lagi, mungkin Anda masih perlu untuk menambahkan kondensator, crossofer active, equalizer, dsb. Untuk cara instalasi audio mobil yang lebih advance mungkin akan saya bahas lain kali saja.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

14 Pemikiran pada “Cara Pemasangan Audio Mobil + Power Amplifier 2 dan 4 Channel

    1. Supri Post author

      24 V itu kan dari 2 buah aki yang diseri. Jadi yang bisa dipakai untuk power hanya yang diambil dari positif (+) 1 buah aki saja yaitu 12V.

      Balas
  1. Irfan

    Mlm mas suhu
    Mhn info nya..saya masang pre amp & power di bus..cm suara nya kok kecil stlh sy besar kan vol dri pre amp tetep kecil suara nya
    Apa sy sh pasang
    Krn input Btre & Rem dri pre amp & power sy gabung lgsg ke + Btre
    Ground nya lgsg ke badan mbl
    Mohon solusi yg benar
    Trmksh

    Balas
    1. Supri Post author

      Awas aki di bus biasanya ada 2 biji yang diseri, jadi tegangan menjadi 24V. Pakai yang 1 aki saja untuk power dan head unit.

      Balas
  2. Ngurah S

    Pagi suhu.. saya mw tanya. Saya punya power 4 channel. Mw saya pasang d mobil sedan dengan speaker depan 2 biji, SPEAKER BELAKANG 2 biji. Tambah 1 subwoofer single coil 12 inch. Bgmn cara instal yg paling baik ? Makasi info nya

    Balas
    1. Supri Post author

      Ada beberapa cara:

      1). 4 speaker depan belakang itu biarkan dipakai untuk head unit saja. Sementara karena power amplifiernya 4 channel, seharusnya pakai 2 woofer dg cara power dibridge mono menjadi 2 channel.

      2.) 2 channel pada power ampli untuk speaker belakang, dan yang 2 channel pada power dibridge untuk woofer 12 inch

      Balas
  3. Yoyok

    Mlm pak supri ini aku instal sendiri audio mobil… mau tny… pada dasarnya bunyi storing saat mobil di nyalakan dari kabel rca head unit… kabel dah bagus… tp bila body head unit / power di ground body malah tambah kenceng. Suara storingnya. Mohon solusinya. Trims bnyk… smg di beri kelancaran untuk pak supri.

    Balas
    1. Supri Post author

      Ini power rakitan apa pabrikan? Pada dasarnya masalah stroing ini ada pada pengkabelan terutama jalur RCA.

      • Pastikan RCA tersambung dengan benar
      • Coba jalur tegangan power diambil langsung dari aki
      • Bisa juga ada gangguan pengapian pada mobilnya, seperti busi, kabel busi, delco atau platina kalai masih pakai platina
      • Kemungkinan lainnya adalah sudah menjadi bawaan powernya dimana kurang bagus grounding internalnya. Coba ditest tanpa pakai power dan lepas semua kable RCA out HU, apakah masih storing?, jika tidak storing maka kemungkinan masalah internal power ampli
      Balas
  4. Chayo

    Mlm om… Maaf mau tanya kalau power audio mini merk astello disambung dr output HU masuk input power audionya kok gak mau kluar suaranya kecil bgt ya… Padahal cm diambil super bassnya saja dr power audionya… Mohon infonya… Maaf msh newbi…

    Balas
    1. Supri Post author

      Pastikan memang benar mengambil dari jalur line output HU
      Pastikan kabel RCA disambung dengan benar
      Pastikan speaker di sambung dengan benar terutama double coil, ada petunjuknya

      Jika sudah betul masih belum normal, mungkin bisa dicoba dengan pemutar musik yang lain misalnya handphone atau dvd player untuk memastikan HU masih normal

      terimakasih

      Balas
  5. muhammad sholeh

    Siang Pak Supri

    kalau diamati dari skema diatas bila head unit mati arus masih ngalir ke power amplifier, ada cara lagi gak ya bila head unit dimatikan tampa saklar tambahan arus ke power amplifier ikut mati atau gak ngalir posisi mobil jalan.
    matursuwun kang supri

    Balas
    1. Supri Post author

      itu kan ada jalur REM, pada HU kabel warna biru dan harus dihubungkan ke REM pada power. Dengan demikian jika HU dimatikan maka otomatis power akan nonaktif meskipun arus masih masuk ke power. Cara kerjanya memang seperti itu.

      Kalau memang ingin arus benar-benar terputus dari aki, ya tentu saja harus diberi saklar on/off tambahan

      Balas
      1. Meme

        Malem pak supri numpang tanya bisa gak head unit merek symbion saya ,mau di pasang dirumah pake aki tolong penjelasan nya
        . Saya gk paham kabel B+ ACC GND gmna instalasi nya

        Balas
        1. Supri Post author

          Symbion saya nggak pernah lihat. Tapi biasanya warna kabel sudah menjadi kode untuk semua HEAD UNIT:

          Warna merah :> Ke jalur ACC kunci kontak mobil, bisa juga diganti saklar on/off
          Warna Kuning :> Ke B+, kutub positif Aki bisa juga + adaptor 12V kalau pakai adaptor
          Warna Biru garis putih: > kabel REMote biasanya untuk subwoofer, jika dirumah/tak pakai subwoofer tak perlu dipakai
          Warna Hitam :> GND

          Warna hijau dan hijau tua : > Speaker Left rear
          Warna Ungu danj ungu tua : > Speaker Right Rear
          Warna abu abu dan abu abu garis hitam:> speaker Right front
          Warna putih dan putih garis hitam:> speaker Left Front

          Yg kabel RCA biasanya ada tanda tulisan, audio in/out, Video in/out, dan aux.

          Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *