Skema Box Speaker Midlow, Cubo Kick 15 Inch Untuk Lapangan

Cubo Kick adalah jenis box speaker mid low atau mid-bass type Port Assisted Front Loaded Horn,  yang cukup luarbiasa. Hal ini sangat layak dipakai untuk mendukung jenis speaker sub-bass terutama untuk lebih menonjolkan kick bass seperti suara bass drum sehingga lebih menghentak dada. Jika sound system kamu tidak dilengkapi dengan mid-bass yang bagus, maka sepertinya kurang afdol dipakai untuk acara seperti live music 😀 . Maka Cubo midbass ini bisa menjadi solusi yang cukup baik untuk menghentak dada dan menjangkau lebih jauh. Mid-bass seperti cubo kick ini sendiri bisa dipergunakan secara berdiri sendiri atau tanpa didukung dengan speaker sub-bass.

Skema Desain Box Mid-Low 15 Inch Cubo Kick 80 – 200Hz

Cubo kick 15 inch ini memiliki dimensi 62cm x62cm x62cm, yang dirancang khusus untuk frekwensi 80-200Hz. Bagus diletakkan pada ketinggian rata-rata 180 meter untuk menjangkau lokasi yang jauh. Jika ingin lebih tinggi lagi bisa menambahkan Cubo kick 12″ bisa untuk hingga frekwensi ke 110 – 250 Hz. Sub-bass yang cocok untuk dikombinasi dengan cubo kick 15 ini adalah seperti box RCA Turbo Bass atau box CBS.

1. Bahan

Material yang bisa kamu pakai sebagai bahan adalah papan triplek/MDF 18 mm, harus dilem yang kuat seperti lem putih atau epoxy dan skrup.

2. Ukuran panel dan kedudukan sekat-sekat

Papan dasar sisi kanan, dan sisi kiri dimensi 620.0mm x 620.0mm, sekat-sekat dan brace silakan dilihat pada gambar skema berikut :

Lihat Juga :  Skema Box Subwoofer 12 Inch Untuk Segala Keperluan

Skema box speaker midlow 15 cubokick
Ukuran brace 1 dan brace 2. Brace 1 ada 2 buah dan brace 2 ada 3 buah :
Brace cubokick

 

3. Ukuran Brace belakang,  untuk buka tutup.

Untuk dapat melepas atau memasang driver, didesain bisa dibuka tutup.

Cubo bass 15 design

4. Membuat Tutup belakang

Buat tutup belakang sedemikan rupa, lihat skema gambar :

Cubo kick acces panel

 

5. Finishing

Sekarang box Cubo Kick sudah selesai, karena ini jenis midbass maka driver yang cocok tentu yang berkarakter midlow seperti jenis fullrange atau midrange. Berikut penampakan box single :

cubo kick midbass 18 inch

Kamu bisa membuat 2 pasang atau 4 pasang, yang bisa disusun seperti penampakan gambar berikut dibawah.

Schema design Mid-bass 18 inch cubokick

 

Cubo Kick Mid-bass Double 15 inch

Atau kamu juga bisa membuatnya sekaligus menjadi satu unit cubo double double 15 inch. Hanya perlu menggabungkan desainnya saja, jadi panjang papan atas dan bawah jika double 15 inch adalah P = 1222mm. Sementara lebarnya sama, mengikuti skema diatas – dengan demikian dimensi keseluruhan menjadi : P= 1222mm x L= 620mm x T= 620mm

Berikut kira-kira penampakan Cubo kick 15 inch double :

cubo kick midlow 15 inch double

midbass double 15 inch

Jadi demikian skema desain lengkap box speaker jenis mid-low atau midbass jauh untuk keperluan lapangan type Port Assisted Front Loaded Horn, Cubo kick 15 inch yang cukup keren . Selamat bereksperimen!

Leave a Reply