Skema Box Speaker Mid Bass 2 Way 15 Inch Indoor dan Outdoor

Box speaker dalam project desain kali ini adalah box speaker 15 inch 2way untuk mid-bass, cocok baik untuk luar ruangan (outdoor) maupun dalam ruangan (indoor) termasuk aula dsb. Biasanya untuk model ini sering dipakai sebagai speaker tambahan didalam ruangan selain speaker yang ada diluar pada acara-acara seperti pesta atau hajatan.

Saya menyebutnya ini adalah speaker serbaguna, baik digunakan walaupun tanpa tambahan subwoofer atau jenis speaker yang lain sudah enak didengar. Dan umumnya diberi stand/standard agar letaknya berada diatas sehingga bisa didengar lebih jauh.

Skema Desain Project Box Speaker Mid Bass 2 Way 15 Inch

Box speaker 15 inch 2way mid bass

Bahan :

  1. MDF atau Multiplek dengan ketebalan 15mm
  2. Paku 1/2 dim dan skrup
  3. Lem kayu
  4. Cat tekstur/karpet/vinil untuk finishing

Baca juga : 5 Bahan Terbaik Untuk Membuat Box Speaker Dan Subwoofer

Alat :

Alat pertukangan kayu, termasuk gergaji, palu, pasrah, pensil tukang, bor, obeng, dll.

Baca juga : Perbedaan dan Fungsi Speaker Subwoofer, Woofer, Midrange, dan Tweeter

Langkah 1. Membuat main box dan menentukan pola dan ukuran

Desain dasar harus dibuat lebih dulu, karena ini berbentuk segi enam jadi harus telaten mengukurnya. Pertama potong dulu papan persegi dengan ukura 360mmx 450mm, supaya mudah berikan garis imajiner tepat membagi dua pada sisi yang 450mm. Untuk bagian sisi kiri, dari garis imajiner tarik keatas 125,1 atau dibulatkan saja menjadi 125mm; juga tari dengan ukuran yang sama kebawah dari garis imajiner. Nanti total ketemunya 250mm. Setelah itu Anda hanya tinggal menggaris-garis pola seperti gambar dibawah :

Gb. 1

Skema box speaker mid bass 15 inch

Gb.2

Ingat area yang berwarna putih menunjukkan tempat pertemuan potongan papan pada setiap sisi, 15mm adalah ketebalan triplek/MDF yang Anda pakai untuk membuat box speaker 15 inch mid bass 2way ini.

Desain box speaker mid bass 15 inch 1

Langkah 3. Membuat dan memasang bagian sisi-sisi

Sudah Anda buat pola ukurannya seperti pada gambar diatas, berikutnya Anda akan membuat dan memasang semua sisi sampai selesai. Panjang/tinggi untuk sisi-sisi samping masing-masing adalah 670mm, kecuali untuk sisi depan atau penyangga speakernya.

Desain box speaker mid bass 15 inch 2

Langkah 4. Membuat sekat

Untuk apakah sekat ini?…. Tujuannya tak lain adalah agar box tidak ikut bergetar atau agar lebih kuat. Membuat sekat ini agak sedikit rumit juga, tapi sebenarnya mudah tinggal menyamakan main box yang sudah digambar polanya, dikurangi ketebalan triplek pada masing-masing sisi yaitu 15mm mengikuti pola yang sudah digambar poada main box tadi. Untuk yang lainnya sudah dijelaskan pada gambar berikut :

Lihat Juga :  Mengenal Fungsi Dan Penggunaan DLMS Dalam Sound System

Desain box speaker mid bass 15 inch 3

Langkah 5. Memasang sisi-sisi samping dan menempatkan sekat.

Silakan dilanjutkan sampai sekat dan semua sisi-sisi terpasang seluruhnya. Pada titik sambungan potongan-potongan tentu saja tidak siku karena ini persegi enam, dan supaya sambungan rapat potong dengan kemiringan yang sesuai, caranya cukup dengan mengikuti pola yang sudah di gambar pada main box tadi.

Gunakan lem kayu, paku dan skrup sesuai kebutuhan, jangan kurang atau terlalu banyak.

Gb. 1

Tempatkan sekat diukur sepanjang 183mm dari potongan atas

Box speaker mid bass 15 inch stand 2
Gb. 2

Melanjutkan memotong dan memasang sisi-sisi yang lain sampai selesai. Anda juga perlu memberikan penahan bawah agar tidak bergetar/kuat dengan ukuran lebar 80mmx420mm.

Box speaker 15 inch stand indoor outdoor

 

Langkah 6. Membuat potongan untuk sisi depan dan memasangya

Ukurannya silakan melihat gambar dibawah ini, tingginya yaitu 640mm sementara lebarnya cukup mengikuti main boxnya saja. Nah untuk lubang anginnya ada dibawah dengan lebar 30mm. Cukup lebar karena ini termasuk box speaker mid juga.

Desain box speaker mid bass 15 inch 5

Langkah 7. Tahap akhir dan finishing

Lubang speaker adalah 360mm umumnya cukup untuk loudspeaker 15 inch, tapi jika kurang yakin silakan mengukur speaker 15 inch yang sudah ada.

Lalu untuk lubang twitternya silakan dibuat sendiri ukurannya sesuai dengan twitter yang tersedia di tempat Anda. Tak harus melulu speaker horn, bisa juga menggunakan twitter bulat pada umumnya.

Skema box speaker mid bass 15 inch 2way

Menambahkan Grill

Speaker umumnya dilengkapi dengan grill untuk melindungi driver yang rentan rusak terkena benturan. Jika ingin menambahkan grill pelat berlubang, maka harus ditambahkan lis kayu disekeliling tepi box speaker, lihat pada gambar:

skema box speaker mid bass 2 way 15 inch

Untuk tahap finishing silakan menggunakan teknik yang Anda sukai, apakah itu dicat tekstur, dilapisi vinil atau karpet sesuai selera saja.

Dalam gambar tidak saya buatkan pegangan, ini gampang sipakan buat lubang sendiri untuk pegangan disesuaikan dengan ukuran pegangan yang tersedia atau bagaimana sesuai selera Anda.

Baca juga : Skema Box Subwoofer 12 Inch Untuk Segala Keperluan

Box speaker mid bass 15 inch stand

Demikian desain project speaker mid bass 2way 15 inch untuk segala keperluan baik indoor maupun outdoor.

6 Comments

  1. Rozi Oktober 11, 2019
    • Supri Oktober 16, 2019
  2. Wawan September 17, 2019

Leave a Reply