Ukuran Box Speaker 15 Inch X 2 ACR 15600 Black Untuk Low-Mid

Kali ini saya akan membagikan Skema dan Ukuran Box Speaker 15 Inch ACR 15600 Black yang dibuat untuk Low mid yang mantab glerr. Banyak yang bertanya cocoknya dipakai sebagai apa speaker ACR 15 Black?, type ini dibuat oleh pabriknya untuk karakter Low mid. Namun dengan box speaker 15 x2 berikut ini, kamu juga bisa memakainya sebagai subwoofer apabila masih belum punya jenis speaker itu. Atau kamu bisa juga menggunakan driver type lain yang khusus untuk subwoofer jika ingin memakai box ini sebagai sub, sangat cocok karena dimensinya yang cukup besar dan memadai sebagai subwoofer.

Skema Ukuran Box Speaker 15 Inch X 2 ACR 15600 Black

Box speaker ini masuk jenis Low-mid / Mid-bass, bisa dipasangan dengan subwoofer seperti box sub rumah keong Superscoope 18 atau Box sub CBS 18. Boleh juga dipasangkan dengan Box Planar 2×18 sebagai subnya yang sudah saya bagikan skemanya.

Skema Box speaker 15 inch ACR

Bahan :

Material papan yang bagus adalah kayu lapis jenis meranti, dapatkan yang memiliki ketebalan 18mm. Ketebalan 18mm sangat ideal jika box ini dipakai sebagai subwoofer sehingga tidak lentur dan bergetar ketika terkena hantaman bass yang besar. Box yang terlalu lentur dan bergetar menyebabkan bass atau nada low kurang maksimal bahkan suara bisa terdengar sember.

Gunakan baut dan lem kayu yang cukup, atau kalau bisa gunakan lem epoxy agar box menjadi kokoh , awet dan tidak bergetar.

1. Ukuran Dan Skema Box speaker 15×2 ACR 15600

Speaker dibuat miring setengah berhadapan antara satu dengan yang lainnya dengan tujuan agar suara lebih meluas terdengar.

Lihat Juga :  Cara Merangkai Banyak Elco Untuk Power Supply Power Amplifier

Ukuran panel semuanya sudah tercantum dalam satu gambar skema berikut dibawah ini. Diameter lubang speaker sudah sesuai dengan type driver ACR 15600 Black Low mid.

Ukuran Box speaker 15 ACR 15600 black

2. Perakitan

Saat perakitan, gunakan skrup dengan jarak rata-rata antar skrup sekitar 25cm, harus dibor lebih dulu supaya papan tidak pecah, berikan lem pada sisi persambungan hingga merata lalu kencangkan skrupnya. Jika sudah selesai diskrup, oleskan lem sescukupnya pada sudut persambungan agar box semakin kokoh. Ingat, box yang bergetar karena kurang betul pada penyambungan bisa menyebabkan box mudah bergetar dan mempengaruhi nada low. Berikut gambar ilustrasi dalam 3D setelah box dirakit sebelum panel kiri dipasangkan :

Box speaker 15x2 ACR 15600

3. Finishing

  • Sebaiknya finishing dilakukan dengan melapisi papan dengan dempul besi atau resin sebelum dicat tekstur atau dibungkus karpet agar box semakin kuat dan tahan lama karena tidak mudah menyerap air.
  • Tambahkan Grill atau plat ram untuk melindungi driver dari benturan benda-benda yang dapat membuatnya rusak.
  • Tambahkan pegangan, ukur sesuai dengan ukuran pegangan yang tersedia. Disini tidak saya cantumkan berapa ukurannya karena yang tersedia dipasaran bermacam-macam.

Ukuran Box speaker 15

Demikian skema dan ukuran box speaker 15 inch ACR 15600 Black untuk Low-mid/Mid-bass, yang bisa juga dipakai sebagai subbass/subwoofer . Keuntungan lain dari box ini adalah bisa dipakai mandiri tanpa subwoofer karena sudah mampu memberikan nada rendah/bass yang cukup mantab dan glerr, hanya tinggal menambahkan jenis speaker Mid-Hi.

Leave a Reply