Cara Menambah Bass Pada Speaker Aktif Atau Compo Lawas

Sekarang lagi demam lagu lagu DJ dimana yang menonjolkan suara bass yang dalam dan menghentak. Tapi jika tak didukung oleh perangkat audio yang mendukung maka itu tidak akan terdengar seperti yang diharapkan. Pada sistem audio rumahan jaman dulu pada umumnya hanya stereo biasa, menggunakan loudspeaker 3 atau 2 way dengan crossofer pasif yang hanya berguna untuk membagi suara saja. Semua range frekwensi akan dibagi sesuai dengan kemampuan speaker, dimana misal ketika bass yang lebih besar maka suara tak linier lagi atau kurang jernih.

Beda dengan audio rumahan sekarang yang memang didesain untuk mendukung multimedia, bisa memutar lagu hingga film yang mampu menyajikan kualitas audio mendekati bioskop atau home theatre. Jadi untuk itu audio multimedia sekarang setidaknya menggunakan sistem 2.1 bahkan mendukung surround atau seperti home theatre.

Audio 2.1 adalah kode untuk sistem speakernya dimana ada 2 speaker satelite(stereo mid-hi) dan 1 speaker sub-woofer (low-sub). Sebenarnya jaman dulu sudah ada yang menyertakan apa yang disebut dengan bazzoka untuk audio kelas “high-end”.

Jadi kesimpulannya jika teman teman memiliki speaker aktif atau compo lawas sayang untuk dirombeng karena barang lawas biasanya bagus. Bisa digunakan menyaingi model audio rumahan kekinian. Tak perlu dimodifikasi dan tak perlu beli lagi audio multimedia yang mahal. Cukup menambahkan sub-woofer saja karena hanya cara itu yang bisa membuatnya cocok untuk ber DJ ria. Cobalah maka akan mendapatkan perbedaan kualitas audio yang fantastis tak kalah dengan produk audio 2.1 multimedia yang banyak dijual sekarang. Bagaimana cara menambahkannya?

Menambahkan Bass yang spektakuler dengan subwoofer untuk speaker aktif stereo atau compo lawas

Sub-woofer mungkin ada dijual dipasaran tapi disini saya akan memberikan ide untuk merakit sub-woofer sendiri, tentu dengan biaya yang murah. Berikut Cara Merakit Subwoofer sendiri:

Bahan komponen dan modul yang diperlukan

1. Kit driver power amplifier mono

Kit driver ini sebenarnya tergantung kebutuhan tapi karena rata-rata speaker aktif dan compo adalah 6 inch minimal maka saya sarankan memakai kit power yang cukup besar yang banyak dijual dan paling mudah dan sederhana yaitu power OCL 150W mono. Harga pasaran sekitar RP 60.00,-

kit power ocl 150watt untuk subwoofer

2. Kit Filter sub-woofer

Kit filter subwoofer adalah rangkaian yang bekerja menyaring frekwensi rendah atau nada bass(LPF), jadi nada menengah dan tinggi dihilangkan yang tinggal hanya nada rendah antara 30Hz – 55Hz, ini ada setelannya. Harga sekitar 25 ribuan rupiah.

kit filter subwoofer 1pot

3. Kit penambah Bass(bass booster)

Kit ini sebagai pendorong agar bass ditingkatkan atau menambah gain pada sub-woofer biar makin terasa bassnya dan bisa diatur. Harga sekitar 30 ribuan rupiah contoh merk Turbo bass atau giga bass.

Lihat Juga :  Urutan Jalur Distribusi Speaker Untuk Sound-System Lapangan 4-Way

kit giga bass

4. Speaker sub-woofer

Speaker bisa menggunakan jenis sub-woofer 8 Inch – 12Inch, biasanya jenis ini lebih mahal dari jenis speaker woofer biasa. Sementara boxnya bisa menggunakan jenis untuk subwoofer contohnya seperti gambar:

skema bass refleks 8 inch

Contoh loudspeaker jenis sub-woofer gambar:

contoh loudspeaker subwoofer

Atau lihat artikel berikut jika ingin membuat sendiri ==> Skema Ukuran Box Speaker 8 Inch Subwoofer 3 Jenis Populer

5. Power supply dan cara merakit sendiri

Power supply ini untuk memberikan tegangan pada driver power amplifier dan modul rangkaian subwoofer filter dan modul penambah bass. Bisa membeli kit jadi atau merakit sendiri beberapa komponen power supply yaitu trafo 3-5A CT 25V, elco, dioda bridge dan IC regulator 7812 atau 7815 tergantung yang diperlukan oleh kit filter subwoofer dan penambah bass.

Bahan / komponen :

  • Trafo CT 32V
  • Elco 2x 4700uf/50v
  • Elco 470uf/25v
  • IC 7815
  • Dioda bridge 10-20A
  • Resistor¬† 100 ohm
  • Steker&kabel
  • Saklar lampu indikator 3 pin, sesuai selera ada yang tidak pakai lampu.

POWER SUPPLY 32V CT DAN 15V

Rangkaian power supply diatas lengkap untuk menyuplai tegangan simetris untuk power amp -+ 25-35V DC untuk power amp dan tegangan teregulasi +15VDC untuk kit Filter subwoofer dan kit bass booster. Catatan: Jika menggunakan power supply diatas harusnya kit filter sub dan bass booster menggunakan tegangan tunggal atau non-ct 15V.

Cara merakit modul sub-woofer

cara merangkai kit sub-woofer SUPAYA bass nendang

Dari gambar diagram diatas, pertanyaannya input diambilkan dari mana pada speaker aktif atau compo? Untuk speaker aktif bisa diambilkan atau digabung dari inputnya/RCA in, untuk compo bisa diambil outputnya melalui melalui kaki potensiometer volume pada kaki kiri jika dilihat dari belakang/yang tidak terhubung dengan ground.

Penempatan

Penempatan rangkaian subwoofer yang sudah jadi ada 2 cara yang praktis.

  • Cara 1 bisa dimasukkan menjadi satu kedalam box speaker
  • Cara 2 bisa dimasukkan kedalam box speaker aktif, kalau compo sepertinya harus pakai cara 1

Apakah harus menambahkan subwoofer untuk menambah bass?

Tidak harus, karena menambahkan bass yang nendang bisa dengan jalan menambahkan filter subwoofer atau giga bass kedalam mesin/kit dari speaker aktif atau compo. Tapi cara ini tidak begitu baik hasilnya karena buatan pabrik sudah dirancang dengan perhitungan yang pass dan juga sedikit rumit. jadi menambahkan subwoofer seperti diatas adalah cara terbaik.

Jadi ini adalah sekedar ide dari saya dan sudah banyak dipraktekkan oleh para pecinta audio rakitan yang hasilnya dijamin nendang seperti audio 2.1 pada umumnya. Bass lebih linier dan suara tengah/mid tetap jernih tidak terganggu. Pokoknya dijamin mantab! Salam glerr..

Leave a Reply