Modifikasi Speaker Aktif Jadul Menjadi Speaker Bluetooth Multimedia

Mengubah atau modifikasi speaker aktif jadul menjadi speaker bluetooth bisa? Adalah pertanyaan dari banyak pelanggan toko tetangga, yang dijawab dengan mengatakan untuk menambahkan modul speaker blutooth maka semuanya menjadi memungkinkan. Betul sekali, produk ini adalah solusi yang luarbiasa yang bisa menjawab kebutuhan pengguna yang mulai terbiasa dengan sistem nirkabel.

Produk-produk baru khususnya speaker aktif saat ini sudah dilengkapi dengan koneksi bluetooth, walaupun masih ada yang tanpa fitur ini untuk speaker aktif harga untuk pasar low-end. Tapi saat ini tak perlu khawatirlah karena speaker aktif yang kamu miliki dengan gampang sekali dimodifikasi sehingga bertambah fitur nirkabel yang lagi trendi saat ini dengan cara cukup menambahkan modul kecil seharga 40 ribu rupiah saja 😀 . Murah sekali dengan ukuran fitur yang disediakan antara lain : koneksi bluethoot, USB, Radio FM, AUX input, mic bluetooth dll.

Tak perlu menjadi ahli elektronika, melalui artikel ini kamu yang mungkin hanya ngerti sedikit elektonika audio bisa melakukannya sendiri dengan mudah. Baca juga : Ukuran Skema Box Speaker Aktif 3-Way 15 Inch 700W Bass Besar

Cara Mudah Menambahkan Bluetooth untuk Speaker Aktif Jadul

Sediakan bahan-bahan

  • Modul speaker active bluetooth
  • Power supply 9-12V
  • Kabel skerm/kabel input output audio secukupnya
  • Timah solder 1 meter

Khusus untuk power supply, tidak harus ditambahkan tersendiri karena bisa diambilkan tegangan dari power supply speaker aktif yang sudah ada.

Mengenal Modul speaker bluetooth atau audio console support bluetooth

Modul ini rata-rata yang ada dipasaran adalah buatan China, akan tetapi tersedia beberapa model  yang mungkin dibuat oleh pabrik yang berbeda. Jadi modul ini tidak selalu sama persis seperti dalam gambar. Satu perbedaan penting adalah ada produk modul ini yang dilengkapi dengan input pada belakang PCB sebagai AUX, dan ada yang tidak akan tetapi ada jack AUX yang sudah tersedia dibagian panelnya. Sayangnya jack aux yang ada tersebut adalah jack kecil seperti yang ada pada HP. Berikut salah satu contoh modul speaker bluetooth yang beredar di toko-toko elektronik offline/online :

menambahkan bluethoot speaker pada speaker aktif

Menurut saya sebaiknya dapatkan yang ada input AUXnya di PCB supaya jack RCA bawaan speaker aktif tetap bisa dipasang seperti biasanya. Berikut langkah dan cara menambahkan modul speaker bluetooth

 

1. Melepas RCA dari mainboard speaker aktif

modif speaker active to BluethootPertama tentu bongkar box speaker aktif yang terdapat mesinnya, biasanya lewat panel belakang. Lepaskan jack female RCA yang berfungsi sebagai input dari speaker aktif tersebut. Ada speaker aktif yang Jack RCAnya nempel atau ada juga yang melewati perantara kabel dan di baut pada tutup panel belakang.  Akan tetapi sama saja, yang pada intinya harus melepas jack RCA ini.

2. Menambahkan Modul Speaker Bluetooth

Modifikasi speaker aktif menjadi speaker bluethoot

Setelah jack RCA dilepas, selanjutnya sambungkan dengan input yang terdapat pada modul speaker bluetooth dengan kabel skerm yang telah disediakan.

Lihat Juga :  Cara Menghitung Daya Output Watt RMS Power Amplifier

Bekas koneksi dari jack RCA yang dilepas tadi, kemudian sambungkan dengan pin output dari modul speaker bluetooth.

3. Catudaya untuk modul speaker bluetooth

Tentu saja butuh tegangan tertentu untuk menghidupkan modul speaker bluetooth, yang disarankan yaitu 7V-12VDC. Nah tegangan ini bisa kamu ambilkan secara langsung dari power supply speaker aktif apabila memungkinkan yaitu memiliki tegangan 12V.

Apabila speaker aktif ternyata menggunakan tegangan dari power supply lebih dari 25V maka sebaiknya menambahkan power supply sendiri untuk modul speaker aktif tersebut. Ada 2 cara dan ide dari saya yang bisa kamu pilih :

  1. Memanfaatkan charger HP yang tidak terpakai.
  2. Merangkai sendiri power supply sederhana untuk modul speaker aktif bluetooth

1. Memanfaat kan charger HP sebagai power supply

Charger HP yang ada pada umumnya memiliki tegangan ouput sebesar 5V. Dan sebenarnya tegangan asli dari kebanyakan modul speaker bluetooth yang ada adalah 5V setelah melewati rangkaian powernya.

Jadi kamu sangat bisa menggunakan charger HP sebagai suplai tegangan untuk modul ini. Bahkan pada contoh modul pada gambar diatas, itu dilengkapi dengan micro USB untuk power supply dari powerbank yang artinya bisa juga menggunakan casan HP, lihat gambar dibawah :

tegangan dari casan dan power

Tapi tidak semua modul dilengkapi dengan jack MicroUSB, tapi jangan khawatir karena kabel casan bisa dipotong dan disolder langsung ke jalur tegangan DC 7-12VDC pada modul. Input 220V pada charger bisa disolder dengan kabel dan digabung saja dengan jalur input 220V di speaker aktif setelah saklar on/off-nya supaya power supply modul bisa on/off  menjadi satu.

Baca juga : Cara Menambah Bass Pada Speaker Aktif Atau Compo Lawas

2. Merakit power supply sendiri untuk modul

Untuk merakit power supply tersendiri, kamu hanya butuh menyediakan trafo 0.5A 0-12V, 4x dioda silikon 0.5A, dan 1 buah elco 1000uf /16v. Lihat gambar rangkaian :

rangkaian power supply 12V sederhana

 

Rangkaian power supply sederhana diatas tidak perlu ditambahkan regulator karena modul speaker bluetooth sekarang umumnya sudah dilengkapi IC regulator 5V jadi tidak perlu khawatir. Saran terbaik adalah 12V, jangan lebih atau kurang untuk trafonya. Dan input trafo 220V juga digabung dengan jalur input 220V di speaker aktif setelah saklar on/off-nya supaya power supply modul bisa on/off  menjadi satu.

4. Lalu dimana menempatkan panel modul ini pada speaker aktif?

Ini adalah problem tersendiri, karena mau tidak mau tentu harus menempatkan panel modul speaker bluetooth di tempat yang seusai dan bisa diakses. Kalau untuk urusan ini silakan carikan letak yang paling sesuai, dan tentu harus melubang untuk membuat dudukannya. Tergantung kreatifitas dan imajinasi masing-masing, namun yang jelas panel dari modul ini berukuran kecil sekitar 10cm x 3cm saja – artinya cukup kecil dan tak akan terlalu sulit.

Demikian cara mudah mengubah speaker aktif jadul atau yang tanpa dilengkapi fitur bluetooth dengan biaya yang murah meriah malah mendapat banyak fitur tambahan selain koneksi bluetooth yang utama misalnya USB mp3 dan Radio FM. Tak perlu pintar elektronik, asalkan mengerti jalur input dan ouput pada audio.

Leave a Reply