Cara Mengatasi Dengungan Modul MP3 Bluetooth

Modul MP3 Bluetooth adalah modul praktis serbaguna yang sangat laris manis, karena kebutuhan koneksi nirkabel di abad digital ini nyaris tak terelakkan. Popularitas modul ini termasuk harganya yang sangat terjangkau, yang dapat mengubah tape, amplifier jadul bisa terkoneksi dengan bluetooth, audio mobil, audio portabel, bisa muter flashdisk dan menerima siaran Radio FM secara instan, dll. Tetapi ada sedikit kelemahan dari modul Mp3 bluetooth yang banyak beredar yaitu sering menambahkan dengungan pada speaker yang cukup mengganggu? gimana cara mengatasinya? yuk kita bahas!

Beberapa Tips Cara Mengatasi Dengungan Modul MP3 Bluetooth

skema pemasangan modul mp3 ke ampli

1 Beli Modul Yang berkualitas

Seperti halnya produk-produk jenis lain, produk modul mp3 bluetooth juga tersedia berbagai merk. Meskipun nyaris sama semua modelnya tetapi ada yang lebih berkualitas, dimana semua fitur bekerja dengan baik dan sedikit nois. Ada juga yang lain dimana yang beberapa fitur memiliki kecacatan misalnya penerimaan FM kurang baik, koneksi Bluetooth yang terdapat suara-suara aneh seperti jedak jeduk atau menghasikan nois yang khas. Dan itu semua jelas akan membuat pengguna merasa tak nyaman. Gimana cirinya modul yang berkualitas? ini yang susah dibedakan dan biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas. Tapi tanyakan barang yang bagus kepada penjual yang memiliki reputasi.

2. Pengkabelan

Kabel input / output di buat sependek mungkin, dan gunakan kabel skerem jadi kabel bawaannya harus diganti. Khusus kabel dari modul Mp3 bendel terpisah dari kabel yang lain selain modul tersebut dan letakkan gak jauh dari pre-amp seperti galaxy atau tone control karena frekwensi tinggi bluetooth dapat mengintervensi op-amp yang sangat peka.

Baca Juga :  Fungsi Optocoupler, Cara Kerja dan Aplikasi Dalam Elektronika

3. Catu daya

Catu daya tidak harus stabil karena umumnya sudah include IC regulator 7805 pada modul, berikan tegangan 9-12V dari trafo terpisah dengan penyearah gelombang penuh, bisa penyearah CT (dengan 2 dioda silikon ) dan 1 elco, maupun non-ct (dengan dioda bridge) dan 1 elco.

Jika tidak punya Trafo khusus untuk catu buat modul mp3 bluetoothnya, kamu bisa menggunakan casan HP yang bagus bawaan merk terkenal misalnya oppo dll.

4. Menambahkan decouple Elco pada Vcc Modul Mp3 Bluetooth

Elco decouple biasanya sangat efektif untuk menghilangkan nois pada modul mp3 tersebut, setidaknya akan banyak menguranginya. Cara memasangya yaitu pin elco disolder pada pin soket Vcc pada modul, pin negatif elco di solder pada pin GND Vcc dan Pin Positif elco disolder pada pin soket positif(+) VCC.

Berapa kapasitansi Elco yang diperlukan? cobalah yang kecil dulu yaitu 1000uf/16V.

menghilangkan dengung modul mp3 bluetooth

5. Grounding secara keseluruhan

Grounding pada amplifier secara keseluruhan juga harus baik. Jika body casing amplifier terbuat dari logam maka cukup berikan 1 ground saja yang disambung ke casing dari CT trafo utama (jika menggunakan CT), jika non-ct ya tentunya bagian 0/negatif power supply.

Penutup

Saya yakin jika kamu sudah mengikuti 5 poin diatas maka nois atau dengungan dari modul Mp3 sudah bisa teratasi atau setidaknya sudah menurun secara signifikan. Jika masih tetap berarti ada yang salah dengan power supply utama, atau bisa saja modul yang digunakan berkualitas rendah. Cukup sekian dulu tentang Cara Mengatasi Dengungan Modul MP3 Bluetooth, harus tahu supaya kualitas audio menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat!. ©www.spiderbeat.com.

Leave a Reply