TV LED Ada Suara Tidak Ada Gambar Kerusakan & Penyebab

Penyebab kerusakan TV LED yang ada suara tidak ada gambar adalah masalah yang seringkali terjadi pada jenis TV ini. Hal ini karena ada beberapa blok sirkuit pada jenis TV LED yang sangat rentan dapat menyebabkan kerusakan seperti ini. Jika anda bertanya apakah masih bisa diperbaiki? kerusakan TV LED ada suara tapi tak ada gambar, bisa berbeda kasus kerusakaanya. Sebenarnya semua bisa saja diperbaiki, tapi ada faktor yang bisa menyebabkan berfikir dua kali karena harga part yang terlalu mahal.

Beberapa penyebab kerusakan TV LED tak ada gambar tapi ada suaranya

penyebab kerusakan TV ada gambar tak ada suara

Kerusakan converter/ Driver backlight

Converter backlight bertugas untuk mengatur tegangan yang menyuplai lampu LED, yang intensitas cahayanya diatur oleh program dari IC control berdasarkan setingan pengguna. Jadi dengan adanya converter backlight/backled ini kita sebagai pengguna bisa mengatur tingkat kecerahan layar TV.

Converter backlight ini adalah sejumput sirkuit driver yang terdiri dari IC boost converter, sehingga umpan tegangan rendah dari power supply bisa dinaikkan atau disesuaikan untuk mengatur kecerahan nyala lampu LED tersebut.

Jika sirkuit driver backlight ini rusak maka suplay arus yang ke lampu LED akan terhenti yang menyebabkan layar TV LED padam alias menjadi ada suara tapi tidak ada gambar.

Coba nyalakan TV sampai hidup, menerima siaran dan ada suara dari siaran TV yang ditangkap. Ambil lampu senter, atau bisa juga lampu senter dari HP. Sinari layar TV LED, jika yang rusak blok sirkuit backlight maka akan nampak gambar TV meskipun hanya bayang-bayangannya saja. Hal ini menandakan panel atau layar TV LED bekerja normal, tetapi tidak ada penerangan dari lampu backled sehingga layar tampak gelap.

Ini masih belum tentu yang rusak adalah driver backlight, bisa juga yang rusak adalah lampu LEDnya.

Solusi perbaikannya, tukang servis akan melakukan pengecekan tegangan di area ini untuk menemukan tegangan yang tidak normal. Disebabkan oleh apa dan komponen apa yang rusak. Jika tegangan di area ini terdeteksi ada yang tidak normal, maka bisa dipastikan driver backlight yang menjadi penyebabnya. Yang rusak bisa IC bost-up converter, atau bisa juga suplay tegangan dari power supply yang terputus.

Baca juga : Ciri-ciri dan Apakah Televisi yang Rusak Terkena petir bisa Diperbaiki?

Kerusakan Lampu backled

Meskipun driver backlightnya bekerja, akan tetapi jika deretan lampu latar panel rusak/padam maka TV hanya tidak akan menampilkan gambar samasekali alias gelap gulita. Lampu latar yang berupa deretan lampu LED ini rentan rusak sama dengan lampu LED untuk penerangan rumah kita. Jika ada satu biji lampu LED rusak, maka sederetan lampu LED yang lain akan ikut padam walaupun tidak ikut rusak. Hal ini karena deretan lampu LED pada TV dirangkai seri tapi ada juga yang pararel, dikarenakan driver backlight menjadi protek karena matinya salah satu lampu LED akan menyebabkan tegangan tidak normal.

Driver Backled

Untuk menentukan apakah memang benar yang rusak adalah lampu backled, maka harus memeriksa rangkaian driver backlight. Jika tegangan dari driver backlight normal, tuser juga masih perlu memastikan langsung apakah lampu LED ada yang rusak. Ada cara atau alat yang bisa digunakan untuk mengetest deretan lampu LED pada backled TV LED.

Lampu LED

Meskipun yang rusak hanya 1 bji lampu LED, tapi semua deretan biasanya ada 2 atau 3 deret , tiap deret ada 6 atau 8 lampu LED(tergantung merk dan ukuran TV), maka seluruh rangkiaan LEd yang ada akan ikutan padam sehingga pada layar TV tak nampak gambar.

Tapi tidak semua merk atau jenis, sebab ada juga kasus yang padam hanya 1 deret, sementara deretan yang lain masih nyala. Layar TV masih tampil meskipun kelihatan redup dikarenakan 1 deret lampu LED padam. Jika yang rusak adalah lampu backlightnya, sebaiknya diganti secara keseluruhan supaya awet.

Kerusakan Ringan

Ini tergolong kerusakan ringan, akan tetapi membongkar , memasang lampu backlight dan mengembalikannya lagi seperti semula cukup sulit, risikonya layar/panel bisa pecah kalau tidak hati-hati.

Baca Juga :  Cara Kerja Relay Dalam Sistem Elektronik Dan Pengertiannya

Akan tetapi, kerusakan lampu LED juga bisa dipicu oleh kondisi sirkuit converter bost-up backlight yang tidak normal. Oleh sebab itu, sebelum mengganti lampu backled sebaiknya memastikan dulu apakah kondisi converter backlight dalam keadaan normal. Sebab jika tegangan dai converter tidak normal, maka lampu backled bisa rusak lagi meskipun baru diganti. Sulit ya? ya memang sulit, makanya ongkos servis TV LED tergolong lebih mahal hehe..

Kerusakan blok T-con

Block T Con selalu ada pada TV LED apapun. Blok ini berguna untuk mengatur gambar yang ditampilkan oleh layar TV. Jika pada TV tabung,  blok T-con mungkin sama dengan blok vertical/horiontal dan RGBnya. Masalah atau kasus kerusakan tertentu pada blok T-con bisa menyebabkan TV hanya terdengar suaranya saja, tetapi gambar tidak ada.

Jika yang rusak blok T con, biaya partnya bisa lumayan mahal harganya kecuali tukang servis bisa memperbaikinya. Untuk memastikan kerusakan blok t con, teknisis servi harus memahami titik/test point yang ada sehingga bisa menentukan yang rusak ini beneran pada blok t con atau yang lain.

Baca juga : Cara agar TV tidak rusak terkena petir

Kerusakan Panel/layar TV

Panel atau layar TV LED juga sering terjadi. Panel TV LED bisa terjadi konsleting didalamnya yang menyebabkan tegangan menjadi 0, sehingga layar menjadi padam. Tukang servis biasanya punya trik untuk mengakali kerusakan konsleting pada panel TV dengan cara memotong jalur pada T Con yang terhubung dengan jalur panel yang konslet. Cara seperti ini tak selalu berhasil alias untung-untungan.

Jika yang terjadi adalah kerusakan pada panel TV, dan tidak bisa dilakukan trik potong jalur maka tidak ada jalan lain selain mengganti panel/layar. Mengganti panel TV cukup mahal, tapi mungkin anda bisa menemukan panel copotan yang harganya dijual murah sehingga biaya perbaikan TV masih worthit. Jika tidak ada panel bekas/copotan maka anda harus ganti yang baru, tapi masalahnya harga panel baru kadang hampir sama dengan harga TV baru.

Kerusakan lain-lain/tegangan supply/ eprom/bios/firmware/chipset

Kerusakan pada firmware atau IC eprom mungkin saja bisa menyebabkan TV hanya tampil suaranya saja tanpa gambar. Contohnya, IC besar atau chipset tidak bisa mengontrol atau mengirimkan tegangan masukan ke driver backligh karena ada kerusakan. Maka driver backlight otomatis diam saja tidak bekerja, akibatnya lampu layar tidak menyala sehingga gambarnya tidak nampak.

Tegangan supply ke T-con yang terputus juga bisa menyebabkan kerusakan TV ada suara tak ada gambar. Semua bisa terjadi, oleh karena itu memeriksa kerusakan pada TV LED apapun kerusakannya harus dilakukan trouble shooting sesuai gejala yang nampak. Harus bisa menentukan kerusakan secara pasti sebelum mengeksekusinya sebab salah eksekusi bisa menjadi kerusakan makin parah. Untuk mengeksekusi kerusakan pada TV LED atau TV apapun penting untuk memiliki pengalaman yang cukup, sehingga memahami betul apa yang dilakukan.

Jika anda merasa tak memiliki pengetahuan atau pengalaman yang cukup dengan TV LED khususnya, sebaiknya minta bantuan teman teknisi yang lebih paham dan sambil belajar darinya. Kalau jaman sekarang kita bisa mendapatkan insight dari video-video di youtube oleh teknisi TV yang bener, dan tinggal kita mempraktekannya.

Kesimpulan

Secara umum, kerusakan Tv ada gambar tidak ada suara disebabkan oleh blok backlight/backled, driver backlight, T-con, dan panel/layar TV. Setiap kerusakan memiliki tingkat kesulitan tersendiri dan biaya tersendiri tergantung part apa yang diganti. Terkadang jika yang rusak adalah panel/layar maka biaya perbaikan bisa menjadi sangat mahal. Dan jika yang rusak adalah backlight/backled , mungkin biaya keruskan lebih ringan. Tapi tetap harus hati-hati sebab risiko perbaikan TV LED cukup besar, misalnya panel/layar pecah atau konleting. Sebab hal ini yang dapat menyebabkan kerusakan bertambah fatal.

Jika ada adalah pengguna yang hanya mencari informasi, jangan khawatir dulu karena kerusakan TV LED tidak ada gambar tapi ada suara tidak selalu berat. Seringkali masih bisa diperbaiki, tapi dengan catatan temukan teknisi yang berpengalaman khusus untuk TV LED.

Oke, sekian semoga artikel tentang kerusakan TV LeD ada gambar tapi tak ada suara ini bermanfaat !

2 Comments

  1. Paijo Mei 24, 2023
    • Supri Mei 27, 2023

Leave a Reply