Menggunakan GACUN Untuk TV apakah Aman?

Menggunakan Gacun untuk mengakali sebuah power supply SMPS supaya bisa bekerja kembali seperti sediakala adalah trik dalam dunia service elektronika yang sudah sangat populer. Teknisi menggunakan gacun memiliki beberpa alasannya masing-masing dan ada pro dan kontra diantara masing-masing.

Apakah menggunakan Gacun itu aman?

Apa itu gacun?

DISCLAIMER: PERLU DIKETAHUI GACUN ADALAH NAMA SEBUAH MERK/PRODUK. Ada banyak produk serupa gacun DENGAN merk yang berbeda-beda namu fungsinya sama. Jadi Kita anggap saja gacun kali ini bukan sebagai sebuah merk, melainkan sebuah alat pengganti blok switcing pada power supply SMPS.

Buat yang masih belum paham apa itu gacun disini akan saya jelaskan pada poin utamanya. Secara umum gacun adalah modul elektronika yang memang dibuat khusus untuk menggangikan blok regulator / power supply SMPS bagian primer pada sebuah blok power supply yang dianggap susah untuk diperbaiki. Blok primer, lebih tepatnya pada blok switching adalah rangkaian yang terdiri dari rangkaian modul penghasil pulsa(PWM) dan saklar solid state(saklar elektronik) yang bisa dari jenis transistor mosfet, SCR atau transistor bjt.

Jadi gacun adalah modul switching praktis yang sudah terdiri dari PWM dan saklar elektronik. Dan ketika ada kerusakan pada blok swithcing pada sebuah power supply SMPS, ini bisa langsung digantikan dengan gacun sehingga teknisi tak perlu mereparasi blok switching tersebut. Sangat praktis tinggal plug and play tidak perlu susah susah lagi untuk memperbaiki blok switching .

Alasan teknisi menggunakan gacun

Sebenarnya gacun ditujukan untuk menggantikan blok switching secara instan ketika sebuah kerusakan pada blok switching sudah susah untuk diperbaiki dikarenakan misalnya :

  • part yang rusak susah untuk didapatkan,
  • blok switching sudah rusak parah sehingga banyak komponen kecil yang terbakar dan susah diidentifikasi
  • kesulitan lain-lain misalnya sudah tidak bisa melacak jalur yang terbakar

Tetapi ada alasan tertentu yang membuat teknisi merasa harus menggunakan gacun misalnya :

  • Biaya lebih murah
  • mempersingkat waktu pengerjaan
  • malas

Alasan alasan tersebut memang terdengar masuk akal karena memperbaiki blok switching pada power supply SMPS relatif susah terlebih jika alat-alat yang ada sangat terbatas. Tetapi sebenarnya ketika modul switching secara fisik terlihat semua komponen masih utuh sehingga cap typenya masih terlihat, dan partnya masih bisa ditemukan dipasaran tidak sulit untuk memperbaikinya. Meskipun begitu beberapa oknum teknisi lebih memilih jalan instan dengan gacun dengan alasan malas dan tak mau berlama-lama.

Apakah gacun aman?

Secara umum apapun yang asli adalah yang terbaik, dan gacun bukanlah blok yang asli pada sebuah blok power supply. Tentu ada pro-kontranya karena memang ada banyak bukti yang menunjukkan penggunaan gacun tidak awet dan menyebabkan kerusakan pada blok elektronika yang disupply. Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa sebuah perangkat elektronika berumur panjang walaupun sudah di gacunkan. Hal ini menjelaskan bahwa ada sejumlah faktor kemungkinan yang bisa mendasarinya :

1. Bisa menyebabkan umur alat elektronika menjadi pendek dan makin rusak mungkin karena :

  • Gacun memiliki trimpot setelan tegangan output, bisa jadi setelan ini tidak tepat sehingga menyebabkan over voltage yang menyebabkan kerusakan makin parah.
  • Komponen gacun berkualitas rendah sehingga ketika komponen tersebut melar/berubah nilainya maka tegangan ouput skunder pada power supply melonjak yang menyebakan over voltage
  • Power supply menjadi tidak stabil karena rangkaian feedback pada power supply SMPS tidak bekerja dengan maksimal setelah diganti dengan gacun.
  • Salah memilih jenis gacun yang sesuai
  • User menggunakan peralatan elektronika yang sudah pakai gacun dengan tidak semestinya, misalnya di on-kan selama 24 jam.

2. Awet bertahun tahun dengan gacun

Jika sebuah perangkat elektronika bisa awet bertahun tahun walaupun sudah diganti gacun pada rangkaian switchingnya, kemungkinan teknisi yang memasangnya dengan teliti dan memperhitungkan semua faktor keamanan. Dan user juga mengerti sehingga tidak menggunakan alat elektronika dengan semestinya. Atau listrik di rumah user relatif stabil karena kelemahan gacun secara umum adalah susah untuk bisa stabil seperti aslinya.

Faktor-faktor yang mendasari mungkin tidak hanya itu saja, ada banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan gacun awet dan tidak awet.

Kekurangan gacun

Karena bukan aslinya tentu saja ada kelemahan-kelemahannya. Gacun mungkin susah diintegrasikan dengan feedback dimana fungsi feedback ini sangat penting untuk sebuah modul SMPS supaya tegangan ouput stabil sehingga tidak terjadi drop atau lonjakan tegangan. Tetapi feedback mungkin menjadi kurang optimal meskipun ada jalur untuk feedback pada gacun. Tetapi mungkin ada teknisi yang bisa mengatasi kelemahan ini dan bisa memasangnya dengan benar dan aman dan juga bia memilih jenis gacun yang cocok.

Baca Juga :  Power Amplifier 32W IC TDA2050 Skema Dan Layout PCB Bolong/ Perfboard

Meskipun bisa, tetapi beberapa power supply mungkin kurang cocok jika digantikan dengan gacun pada blok switchingnya. Mungkin dalam beberapa kasus bisa diakali dengan gacun ketika rusak tetapi tidak akan bisa bertahan lama tanpa modifikasi modisikasi tertentu. Pekerjaan modifikasi ini tidak terlalu mudah, kecuali bagi yang sudah sangat berpengalaman.

Jenis-jenis gacun

GACUN APAKAH AMAN

Secara fungsi semua jenis gacun sama saja, tetapi dipasaran tersedia jenis-jenis gacun yang berbeda. Nah perbedaan-perbedaan ini ada karena penggunaan yang di sarankan untuk power supply SMPS pada perangkat-perangkat elektronika tertentu. Jenis-jenis gacun merujuk pada jumlah kabel dan fitur yang ada termasuk penambahan fitur feedback tertentu. Teknisi harus jeli untuk menentukan gacun yang dibutuhkan supaya hasilnya seperti yang diharapkan.

Gacun 3 kabel adalah yang umum, biasanya banyak digunakan untuk mengganti rangkaian switching pada blok power supply SMPS pada TV tabung dan beberapa power supply SMPS yang sederhana. Ada gacun 4 kabel dan 5 kabel, yang umumnya digunakan untuk pesawat TV LED/LCD karena membutuhkan fitur fitur yang tidak terdapat pada gacun 3 kabel. Fitur-fitur gacun dari jumlah kabel :

Gacun 3 kabel : Terdiri dari 3kabel berwarna hitam, biru dan merah. Kabel hitam menuju ke Ground blok primer kabel biru ke rangkaian feedback pada power supply, dan kabel merah ke pin trafo ferit yang sebelumnya terhubung dengan pin drain mosfet yang sudah dilepas.

Gacun 4 kabel : Terdiri dari 4kabel berwarna hitam, biru, merah dan oranye. Gacun 4 kabel sudah memiliki fitur feedback sendiri sedangkan yang 3 kabel tidak. Kabel hitam ke ground blok primer, kabel biru ke ground blok skunder dan blok oranye ke jalur keluaran positif (+5-24V) dari dioda pada blok skunder.

Gacun 5 kabel : Terdiri dari 5kabel berwarna kuning, hitam, hijau, merah dan abu-abu. Gacun 5 kabel biasanya untuk TV LED dan membutuhkan tegangan input dari feedback 12-18volt. Kabel hitam ke ground blok primer, kabel merah ke tegangan ouput feedback 12-18v0lt, kabel kuning ke pin colector/dari transistor atau drain mosfet yang sudah dilepas yang terhubung dengan trafo ferit, kabel hijau ke positif(+300V). Sementara kabel abu-abu menuju ke pin dari 4 optocoupler.

Tetapi fitur fitur dari berbagai merek “gacun” bisa saja berbeda-beda misalnya ada yang sudah dilengkapi dengan optocoupler dan yang tidak.

Jenis-jenis gacun lainnya adalah terkait kapasitas. Misalnya gacun untuk TV 21 inch dan Gacun untuk TV 29 inch akan berbeda dalam hal kapasitas arus yang akan dihasilkan melalui ouput skunder sebuah trafo switching. Gacun untuk TV 29 inch tentu memiliki kapasitas arus yang lebih besar.

Manfaat gacun lainnya

Gacun juga memiliki manfaat khusus yang banyak dilirik oleh para perakit elektronika. Dengan gacun kita bisa merakit sebuah power supply SMPS dengan mudah karena tidak perlu untuk merancang blok PWM dan switching karena semua itu sudah ada pada gacun. Kita hanya tinggal merakit blok penyearah, membuat trafo inti ferit, membuat rangkaian feedbak dan merakit rangkaian penyearah skunder. Dengan memanfaatkan gacun kita bisa merakit sebuah power supply SMPS dengan kapasitas arus hingga 20Ampere, yang bisa digunakan untuk menyuplai tegangan untuk power amplifier 300watt. Baca juga : Cara Membuat SMPS Dari Gacun CT Untuk Power Amplifier Yang Stabil

Kesimpulan

Gacun adalah solusi praktis untuk mengatasi kerusakan pada blok switching pada power supply SMPS, teknisi hanya tinggal plug and play tanpa perlu susah-susah lagi untuk memperbaikinya. Gacun juga bisa memiliki risiko yang buruk pada perangkat karena keterbatasannya tetapi mungkin bisa diatasi dengan cara tertentu. Gacun bisa aman bisa tidak aman tergantung bagaimana seorang teknisi menggunakannya dan jenis gacun apa yang paling sesuai yang dipilih. Gacun juga bisa dimanfaatkan untuk merakit sebuah power supply SMPS dengan mudah yang bisa menyuplai power amplifier daya menengah.

Leave a Reply