Ciri ciri Kerusakan Xtal Pada TV Tabung Dan LED Dan Gejala

Ciri ciri Kerusakan Xtal Pada TV Tabung Dan LED Dan Gejalanya bisa bermacam-macam yang berdasarkan apa fungsi dari Xtal tersebut pada mainboard mesin TV. Disini akan kita bahas termasuk mengenal apa yang namanya komponen kristal secara praktis.

Mengenal Ciri Dan Gejala Kerusakan Xtal Pada TV , Dan apa itu Xtal?

gejala kerusakan Xtal pada TV LED

Definisi Komponen Xtal atau Kristal

Kristal (sering ditulis juga sebagai “xtal” sebagai bentuk kata singkatnya) merujuk pada bahan padat yang memiliki susunan atom atau molekul yang teratur dan berulang dalam pola kristal. Struktur ini menghasilkan sifat-sifat khusus, termasuk kemampuan untuk memancarkan atau merespons gelombang tertentu, seperti gelombang elektromagnetik atau mekanik, dengan frekuensi yang khas.

Kristal digunakan dalam berbagai aplikasi teknologi dan ilmu pengetahuan, terutama dalam perangkat elektronik, karena kemampuannya untuk berperan sebagai osilator yang stabil. Osilator kristal menghasilkan sinyal gelombang periodik (denyut) dengan frekuensi yang sangat konstan dan dapat digunakan dalam rangkaian elektronik untuk mengatur waktu, sinkronisasi, pengukuran, dan komunikasi.

Contoh penerapan kristal yang umum meliputi:

  • Oscillator Kristal: Digunakan dalam berbagai perangkat elektronik seperti jam, komputer, telepon genggam, dan banyak perangkat lain untuk memberikan sinyal waktu yang stabil.
  • Kristal Resonator: Menggunakan sifat resonansi kristal untuk menghasilkan sinyal frekuensi yang tepat.
    Filter Kristal: Digunakan dalam perangkat penerima radio dan elektronik lainnya untuk memilih atau memblokir frekuensi tertentu.
  • Kristal Piezoelektrik: Menghasilkan muatan listrik ketika ditekan atau ditarik, dan sebaliknya, menghasilkan deformasi mekanis saat diberikan muatan. Ini digunakan dalam mikrofon, speaker, dan sejumlah aplikasi sensor.
    Keseluruhan, kristal memiliki peran penting dalam dunia teknologi modern karena kemampuannya untuk memberikan referensi waktu yang akurat dan konstan, serta kemampuan untuk memodulasi dan mentransmisikan sinyal dalam berbagai aplikasi elektronik dan komunikasi.

 

Fungsi Xtal Pada Mesin Pesawat Televisi

Dalam televisi, kristal (xtal) biasanya digunakan dalam beberapa komponen kunci untuk menghasilkan osilasi yang stabil dan mengatur sinkronisasi sinyal. Dua jenis televisi yang umum adalah TV Tabung (CRT TV) dan TV LED. Berikut adalah beberapa penggunaan kristal dalam masing-masing jenis televisi:

1. TV Tabung (CRT TV):

Oscillator Horizontal: Kristal digunakan dalam osilator horizontal untuk menghasilkan frekuensi osilasi yang diperlukan untuk mengatur sinkronisasi horizontal sinyal gambar pada layar tabung TV. Ini penting agar garis-garis gambar terbentuk dengan benar dan tidak terlihat berkedip.

2. TV LED:

  • Oscillator Utama (Main Oscillator): Dalam TV LED, ada sebuah osilator utama yang mengatur banyak aspek operasi TV, termasuk frekuensi kerja inti dari sistem. Ini memastikan bahwa berbagai bagian TV bekerja secara terkoordinasi dan sinkron.
  • Oscillator Piksel (Pixel Clock Oscillator): Dalam TV dengan resolusi tinggi, setiap piksel pada layar memerlukan sinyal khusus yang disebut “pixel clock” untuk mengatur waktu tampilan setiap piksel. Kristal digunakan untuk menghasilkan frekuensi pixel clock ini.
  • Oscillator Audio: Kristal juga digunakan untuk menghasilkan osilasi frekuensi yang diperlukan untuk sinkronisasi sinyal audio pada TV. Ini memastikan suara yang dihasilkan sesuai dengan gambar yang ditampilkan.

Penting untuk dicatat bahwa dalam TV modern, terutama yang berbasis digital, ada berbagai kristal yang digunakan untuk mengatur berbagai aspek operasional. Kristal membantu dalam memastikan bahwa sinyal gambar dan suara tampil dengan benar dan sinkron di layar TV Anda. Jumlah dan jenis kristal yang digunakan dapat bervariasi tergantung pada desain dan fitur spesifik dari televisi tersebut.

Ciri Kerusakan X tal Pada TV

Kerusakan kristal (Xtal) pada perangkat elektronik seperti TV tabung dan TV LED mungkin memiliki gejala yang berbeda tergantung pada bagian yang terpengaruh dan fungsi kristal tersebut dalam rangkaian elektronik. Kristal umumnya digunakan dalam perangkat elektronik sebagai osilator yang menghasilkan frekuensi yang stabil untuk mengatur waktu, sinkronisasi sinyal, atau komunikasi data. Berikut adalah beberapa gejala umum yang mungkin muncul akibat kerusakan kristal pada TV tabung atau TV LED:

Baca Juga :  Cara Merakit Dioda Pengganti Kiprok

TV Tabung:

  • Gangguan Gambar: Kerusakan pada kristal yang terlibat dalam sinkronisasi sinyal video atau sinyal horisontal dapat menyebabkan gangguan pada gambar, seperti bergelombang, goyang, atau distorsi.
  • Gangguan Warna: Jika kristal yang berfungsi untuk mengatur sinkronisasi sinyal warna mengalami masalah, Anda mungkin melihat gangguan dalam representasi warna pada layar TV. Pada TV tabung kerusakan Xtal dapat menyebabkan Gambar kehilangan warnanya alias menjadi hitam putih.
  • Tidak Ada Gambar atau Suara: Kerusakan pada kristal yang berfungsi sebagai sumber waktu untuk mengatur proses kerja TV secara keseluruhan dapat mengakibatkan hilangnya gambar atau suara.

TV LED:

  • Tidak Menyala atau Mati Sendiri: Jika kristal yang mengontrol sistem daya atau osilasi sinyal tidak berfungsi dengan benar, TV LED mungkin tidak akan menyala sama sekali atau mati secara tiba-tiba.
  • Gangguan Gambar: Jika kristal yang mengatur sinkronisasi frame rate atau waktu respons layar mengalami masalah, Anda mungkin melihat gangguan seperti layar berkedip, garis-garis horizontal, atau gambar yang terdistorsi.
  • Gangguan Audio: Jika kristal yang terlibat dalam sinkronisasi sinyal audio mengalami kerusakan, Anda mungkin mengalami gangguan audio seperti suara yang terputus-putus atau tidak ada suara sama sekali.
  • Kesalahan Komunikasi: Kristal juga digunakan dalam sistem komunikasi internal TV LED. Jika kristal ini rusak, Anda mungkin mengalami masalah dalam mengakses atau mengatur fungsi TV, seperti mengganti saluran atau menggunakan remote control. Jadi tombol program menjadi kacau jika Kristal bermasalah.

Cara memastikan kerusakan X-tal pada TV

Gejala kerusakan yang sama belum tentu disebabkan oleh komponen yang sama. Ciri gejala diatas bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada komponen lain, yang paling dekat misalnya komponen yang mendukung Xtal untuk bekerja seperti sumber tegangan-tegangannya.

Kita bisa memeriksa tegangan Xtal sekitar 4.5Volt sudah hadir dengan baik apa tidak, tetapi itu masih belum bisa memastikan gejala pada TV akibat kerusakan kristal atau bukan.

ciri kerusakan Xtal pada TV

Cara yang paling benar adalah menguji frekwensi kirstal tersebut dengan alat penguji digitalnya untuk memastikan jika Xtal masih menghasilkan denyut frekwensi yang sesuai dengan tulisannya. Jika tidak punya alat ini jalan yang paling logis adalah menggantinya saja jika memang sudah terduga kuat(sudah memeriksa bagian lain tetapi normal).

Bahan Kristal

Kristal (xtal) pada umumnya terbuat dari material kristal padat dengan struktur tiga dimensi yang teratur dan berulang. Material yang sering digunakan untuk membuat kristal termasuk Kuartz (Quartz), Kalsium Tartrate,  Rochelle Salt, Litium Niobate (LiNbO3), Berilium Titanat (Barium Titanate), Garam Rokel (Rochelle Salt). Material kristal ini dipilih tergantung pada sifat elektrik dan mekanik yang diperlukan untuk aplikasi tertentu. Kuartz adalah pilihan yang sangat umum karena stabilitas frekuensi yang tinggi dan ketersediaannya yang luas. Pada dasarnya, kristal dibuat dengan mengolah dan mengkristalkan bahan-bahan ini ke dalam bentuk yang diinginkan untuk menghasilkan sifat osilator yang diinginkan. Proses pembuatan melibatkan kontrol ketat terhadap komposisi dan struktur material untuk mencapai performa yang diinginkan dalam aplikasi elektronik.

Kesimpulan

Demikian Ciri ciri Kerusakan Xtal Pada TV Tabung Dan LED Dan Gejala yang umum berdasarkan fungsi kristal yang sudah dijelaskan diatas termasuk mengatur sinkronisasi warna dan clock osilator chipset. Ciri-ciri kerusakan yang sudah disebutkan diatas tidak memastikan akibat kerusakan kristal karena jenis kerusakan lain bisa bergejala sama. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengetesan atau mengganti kristal jika sudah memeriksa blok lain namun tidak ada yang janggal alias normal. Meskipun Xtal bisa rusak sama dengan jenis komponen lain, tetapi kasusnya lebih jarang terjadi.

Leave a Reply