Cara Membersihkan Layar TV LED Dengan Baik Dan Benar

Cara membersihkan layar TV LED ini biasanya sudah dicantumkan didalam buku manual atau panduan yang disertakan. Layar TV LED cukup sensitif baik oleh cairan, mudah tergores bahkan oleh debu yang menempel jika digesek, rentan pecah karena penekanan yang berlebih, oleh benturan meskipun hanya benturan ringan karena sangat tipis. Karena sangat rentan ini maka untuk membersihkan layar TV LED harus berhati-hati dan sesuai dengan petunjuk pabrik.

Begini cara membersihkan layar TV LED dengan aman dan murah

cara membersihkan layar TV LED

Layar TV yaang sudah kotor sekali tentu sangat mengganggu sehingga merasa risih dan ingin membersihkannya. tetapi tidak seperti membersihkan permukaan kaca rumah atau meja, membersihkan layar TV LED haruslah memahami tatacaranya. Seperti yang sudah dijelaskan diatas ada cara yang disarankan oleh produsen supaya tetap aman bagi layar dan TVnya.

Pahami ini Sebelum membersihkan TV LED

Sebelum mulai untuk membersihkan layar led yang sudah kotor, baiknya perlu memahami beberapa hal dulu supaya tidak terjadi kesalahan yang bisa berujung malah merusak layar bahkan TV LED itu sendiri.. yaitu sbb:

  • Air bisa merembes melalui tepi panel/layar TV sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada jalur layar karena konslet akibat air.
  • Penekanan pada layar yang berlebihan dan secara tidak hati-hati bisa memecahkan layar TV LeD yang sangat tipis.
  • Debu yang menempel pada layar bisa menggores layar jika di bersihkan dengan cara dilap sembarangan.
  • Bahan kimia tertentu yang mengenai layar bisa meninggalkan jejak karena bisa mengikis permukaan layar TV.

Banyak bahan-bahan khusus yang diklaim bisa digunakan untuk membersihkan layar TV LED dengan mudah. Akan tetapi kita tidak tahu apakah bahan cairan pembersih tersebut tidak menimbulkan efek jangka panjang? Tentu saja ada resiko mengingat permukaan layar ang sensitif.

Nah sesuai dengan petunjuk pabrik, tidak boleh menggunakan cairan apapun kecuali air bersih. Tapi tunggu dulu, menggunakan airpun tidak bisa sembarangan karena air bersifat menghantar listrik. Jika berlebihan, air bisa merembes melalui sela-sela pada pinggir layar TV LED sehingga bisa menyebabkan konslet.

Baca juga : Ciri-ciri dan Apakah Televisi yang Rusak Terkena petir bisa Diperbaiki?

Tata cara membersihkan layar TV LED dengan tisu

  • Ambil 2 lembar tisu basah kemudian biarkan mengering dulu tapi jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung.
  • Jika 2 lembar tisu bash tadi sudah kering, kemudian masing-masing tisu dilipat-lipat (seperti melipat kain)supaya menjadi agak tebal. 2 lembar tisu ini dibuat terpisah, jadi tidak dijadikan satu.
  • Gunakan semprotan air yang lembut/bisa membuat air menjadi seperti kabut saja seperti semprotan untuk menyetrika pakaian. Semprot 1 lembar tisu basah yang sudah dilipat-lipat tadi, sementara tisu yang satunya biarkan saja kering. Jangan sampai terlalu basah, jadi cukup dilembabkan saja. Jika merasa tidak punya air bersih, gunakan air mineral.
  • Biarkan TV menempel pada bracket di tembok jika mudah dijangkau. Tapi yang jelas TV tidak bisa bergoyang saat dilap/karena ada pegangan yang menahannya.
  • Mulai membersihkan permukaan layar TV LED dengan tisu basah yang sudah dilipat lipat dan dilembabkan dengan tisu tadi.
  • Jangan di lap secara memanjang dari kiri kekanan atau dari atas kebawah/ vertikal dan horizontal, juga jangan dilap secara tak beraturan. Tetapi lakukan pengelapan secara memutar yaitu dengan cara mengelap dan tisunya sambil diputar putar atau dilap dengan melingkar. Ingat, jangan terlalu ditekan karena bisa pecah jika terlalu keras.
  • Jangan dilap dengan tisu yang sudah dilembabkan seluruh layar TV sekaligus, tapi sebagian bagian demi sebagian. Nah setiap selesai mengelap dengan tisu yang sudah dilembabkan tadi pada satu bagian, kemudian lanjutkan dengan mengelap kering dengan tisu basah yang tidak disemprot air. Begitu seterusnya sampai selesai.
Baca Juga :  Perbedaan Speaker Dengan Ukuran Voice Coil & Magnet

Tips:

Tisu yang digunakan untuk mengelap yang sudah nampak kotor harus diganti dengan yang baru, jadi persiapkan tisu basah yang sudah dikeringkan secukupnya atau tidak sampai kurang.

Jangan terlalu sering membersihkan layar TV LED, karena bagaimanapun membersihkan layar TV LED yang tipis cukup berisiko, baik karena mudah pecah maupun mudah tergores. Bersihkan kalau memang kotoran dirasa benar benar sudah mengganggu.

Jangan lakukan ini

Banyak yang bilang bisa dibersihkan menggunakan minyak kayu putih karena bisa lebih cepat bahkan bisa pakai tiner atau pertalite. Benar, memang cepat selesai dan kotoran yang melekat misalnya karena minyak akan denga mudah terkelupas. Tetapi kita kan tidak tahu apa efek samping dari penggunaan bahan-bahan yang tidak seharusnya tersebut. Minyak kayu putih atau tiner memang bisa untuk membersihkan lem atau sisa lem, tapi mungkin tidak jika untuk membersihkan layar TV yang harus berinteraksi dengan mata kita setiap hari. Karena jika layar TV malah menjadi buram pada efek jangka panjangnya, ya malah TV tidak bisa ditonton lagi dengan nyaman.

Bahkan zat pembersih yang katanya khusus untuk membersihkan layar TV LED sekalipun, pengguna harus berhati-hati dan harus yakin jika sebuah produk itu memang beneran aman bagi layar.

Demikian sedikit tips cara membersihkan layar TV LED yang aman dan juga murah karena hanya butuh air dan tisu basah.

Leave a Reply