DVD Player No Disc – Penyebab Kerusakan Dan Cara Memperbaiki

DVD Player hanya menampilkan tulisan NO DISC pada monitornya adalah masalah yang paling umum. Dalam keadaaan seperti ini biasanya DVD Player tidak akan memutar cakram DVD dan video tidak akan tampil di layar TV. Lalu pertanyaannya adalah komponen apa yang tidak bekerja? Apakah masih bisa diperbaiki, dan mana yang perlu diganti? Nah dalam artikel ini saya akan mencoba berbagi pengalaman kepada Anda tentang apa yang harus Anda lakukan agar DVD Player tersebut berfungsi normal kembali seperti sediakala.

Penyebab Kerusakan Dan Cara Memperbaiki DVD Player No Disc

Pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa hal mendasar terkait dengan problem DVD player ini.

Mencari Penyebab Kerusakan

DVD Player No disc  adalah hal lumrah manakala cakram DVDnya belum kita masukkan. Jadi bisa disimpulkan bahwa komponen yang bernama head optic tidak mendeteksi cakram DVD sehingga sistem secara otomatis akan melaporkan no disc.

Baca juga : TV SHARP Slim PICCOLO 21 inch Tidak Bisa Start, Lampu Standby Dan On Normal

Problemnya adalah ketika kita sudah memasukkan cakram DVD, namun sistem masih melaporkan no disc padahal cakram tersebut sudah dipastikan masih baik. Kesimpulannya akan menjadi mudah, yaitu head optic bermasalah sehingga tidak bisa mendeteksi cakram dan atau tidak bisa membacanya.

“Jadi apakah yang rusak memang head optic dan perlu untuk langsung diganti?”

Menurut pengalaman saya memang semua DVD Player dengan permasalahan No Disc yang berhasil saya perbaiki disbebabkan oleh head optic. Tetapi kawan-kawan teknisi yang ada juga yang mengatakan pernah mengalami hal yang sama, namun setelah diganti head opticnya masalah belum selesai juga. Dan setelah saya tanya balik : “Apakah seri head opticnya memang seri yang identik/sesuai?” Jawabnya tidak tahu hehe-

Ada juga yang melaporkan dinamonya rusak, dan setelah dinamonya diganti DVD Player berjalan normal kembali. Nah ini masuk akal, karena apabila motor tidak bisa berputar maka head optic tidak bisa berjalan pada relnya atau tidak bisa memutar cakram dimana yang secara otomatis head optic tidak bisa membaca file video pada cakram. Jadi coba periksa dulu apakah motor masih bisa berfungsi dengan baik sebelum menghakimi head optic.

Ada juga teknisi elektronik yang lain bilang, bahwa kerusakan DVD Player nodisc yang pernah ditanganinya disebabkan oleh kabel selendang/kabel optic yang menuju MPEG putus. Ini juga masuk akal karena head optic bekerja maju adan mundur, sehingga lambat laun sangat mungkin memutuskan kabel yang sangat tipis ini. Jadi Anda juga bisa memeriksa kabel ini apakah masih baik atau memang ada yang putus.

Baca juga : Cara Memperbaiki Sendiri MagiCom/Rice Cooker yang Rusak

Pertanyaan terakhir, ” Apakah tidak ada kemungkinan kerusakan pada MPEG”?

Kerusakan pada MPEG adalah kerusakan DVD Player yang paling fatal karena harganya hampir sama dengan DVD Player baru hehe. Untuk memastikan ini, coba lihat apakah pada layar TV masih menampilkan merk DVD Playernya misalnya Polytron Atau Nagoya ketika DVD Player dinyalakan. JIka masih, maka 99% kerusakan bukan pada MPEG atau power supplynya.

Lihat Juga :  Cara Merakit Stereo Amplifier 150W dengan Microphone, Subwoofer filter dan Radio USB

KESIMPULAN : 90% kemungkinan kerusakan pada head optic,  5% kemungkinan kerusakan pada dinamo dan 5% kemungkinan kerusakan pada kabel optic.

Cara Memperbaiki.

  1. Jika kerusakan pada dinamo, tentu harus diganti, bisa cari dendengan rongsokan DVD player yang sama atau bisa beli di toko kalau ada hehe-
  2. Jika kerusakan pada kabel head optic, bisa cari dendengan juga atau beli ditoko kalau ada.
  3. Jika kerusakan pada head optic, bisa cari dendengan kalau masih bisa dipakai dan serinya identik. Kalau ingin beli, banyak dijual ditoko elektronik atau toko online. Harganya sekitar 30 – 50 ribu. Pastikan memiliki seri yang sama misalnya DL 6 atau DL 5 dsb, jadi Anda harus bongkar dulu opticnya dengan hati-hati jangan sampai ada yang patah, kabel optic rusak, atau per/pegasnya dan skrupnya hilang sebab nanti susah nyari gantinya – kemudian lihat serinya yang tercetak disisi belakang optic.

Tips mengganti Optic DVD Player

Mengganti head optic sebenarnya gampang sih, tapi ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan agar head optic yang masih baru tersebut tidak rusak karena ceroboh saat memasangnya.

  1. Tangani dengan hati hati, usahakan jangan tersentuh langsung jari tangan pada optic maupun tembaga/solderannya. Jadi boleh pakai sarung tangan dokter atau glove agar aman.
  2. Jangan dekatkan optic dengan magnet atau medan magnet misalnya trafo yang sedang terhubung listrik. Jadi pastikan juga DVD player tidak sedang dicolokkan. Obeng atau kadang mengandung magnet, jadi hati hatilah.
  3. Setelah head optic terpasang, jangan lupa unsoldering pada pengamannya. Unsoldering artinya hilangkan solderan pada titik yang sudah ditentukan. Ini saya tak tahu pasti apa kegunaanya, kemungkinan untuk melindungi head optic/proteksi. Titik solderan proteksi ini ciri cirinya tebal dan agak menggunung, ini bertujuan menggandengkan(shorting) 3 jalur sirkuit PCB – ini harus diunsoldering dulu sebelum DVD dihidupkan.

DVD Player NO DISC

KETERANGAN GAMBAR: Lihat pada bagian yang dilingkari. Adalah titik pada PCB head optic DVD player yang sudah diundoldering/dilepas timah solderannya. AD 3 jalur sirkuit, yang sebelumnya digabung atau digandeng disolder menjadi satu.

Mudah-mudahan Anda mengerti dengan apa yang sudah saya jelaskan tentang memperbaiki DVD Player Nodisc diatas sehingga Anda berhasil Fixing dan bisa berjalan normal kembali. Wassalam.

Leave a Reply