Layar TV Tabung Hanya Muncul Warna Pelangi Suara Ada

Kerusakan layar TV tabung hanya muncul warna pelangi suara Ada, merupakan jenis kerusakan TV tabung yang termasuk paling sering terjadi. Hal ini bisa saja terjadi pada semua merk TV tabung, baik Polytron, Sharp, Thosiba, TV China, TCL, Akari, Akira, samsung, Changhong, dsb. Meskipun TV tabung tak lagi diproduksi, tetapi masih banyak sisa-sisa TV tabung yang menolak punah. Nah jika teman teman tukang servis menemui kerusakan TV tabung layar hanya pelangi, jangan gegabah lakukan pemeriksaan dengan tepat, teliti dan dengan cara yang benar.
Layar TV tabung hanya muncul warna pelangi

Cara Mengatasi Kerusakan pada  TV Tabung Layar Hanya Warna Pelangi Suara Ada

Perlu dicatat bahwa layar TV tabung hanya pelangi bisa menyebabkan leher tabung menjadi patah sehingga TV tak bisa digunakan lagi kecuali ganti tabung jadi hati-hati jangan terlalu lama menghidupkan TVnya. Hal ini karena tembakan elektron tidak lurus sehingga menghantam leher tabung. TV tabung hanya muncul gambar pelangi adalah jenis kerusakan yang gampang-gampang susah, jadi pastikan untuk lebih teliti dan berhati-hati.

Periksa blok vertical mesin mainboard TV tabung

TV tabung hanya muncul warna pelangi pada layar seringkali disebabkan karena adanya masalah pada blok vertical, jadi blok ini yang perlu diperiksa pertama kali. Periksa tegangan vertical sesuai dengan test poin masing-masing merk TV , tiap televisi bisa tidak sama. Jadi penting untuk mengetahui mana titik test poin untuk tegangan vertical, kalau perlu lihat skema melalui browsing atau lihat datasheet dari IC vertical yang digunakan. Cek mana pin VCC dan berapa VCC yang seharusnya. Tapi tegangan Vcc yang kurang biasanya tidak menyebabkan gambar pelangi, tetapi tidak ada salahnya diperiksa lebih dulu untuk memastikan kehadirannya.

JIka VCC dipastikan normal sesuai dengan skema atau datasheet IC vertical, langkah berikutnya silakan cek elco pendukung di area IC vertical, sekaligus resistor-resistor yang ada yang terkait dengan IC vertical termasuk dioda. Elco bisa kering dan resistor bisa melar nilainya, atau langsung saja ganti elco yang mencurigakan misalnya kakinya ada lelehan, kembung, pecah dll. Jika semua komponen pendukung vertical tadi dianggap masih bagus, lanjutkan langkah berikut.

Baca Juga :  Mengapa TV LED/LCD Rata-rata Lebih Cepat Rusak?

Cek Tegangan video 180V

Tegangan video rata-rata 180V untuk TV 21 atau 14 inch dan bisa 200V untuk TV 29 inch merk tertentu, biasanya da tandanya pada titik test poin. Pastikan tegangan video normal, jika kurang maka bisa jadi elconya kering dan harus diganti. Jika sudah dipastikan normal, lanjut ke langkah berikutnya.

Baca juga : Kenapa TV Digital Sering Tidak Ada Sinyal

Cek RGB matrik

RGB matrik adalah istilah untuk menyebut modul yang menempel pada tabung yang terdapat soket tabung.  Pertama pastikan kabel kabel dari flyback yang menuju RGB matrik yaitu kabel screen atau G2 dan kabel fokus, perhatikan apakah masih dalam keadaan baik dan masih terhubung dengan benar? Patikan juga konektor tabung juga masih dalam kondisi bagus, jika kurag yakin ganti saja soketnya. Masih belum menemukan hasil? lanjut..

Cek tegangan di pin R G B pada pin tabung/soket tabung biasanya tegangan pada pin RGB sekiar 150V , tapi yang jelas dibawah 180V. Jika tegangan 180volt ditemukan pada salah satu pin tabung R, G atau B maka area itu ada masalah, bisa pada transistor atau IC RGB, atau bisa juga pada komponen pendukung yang ada jadi cek semua komponennya.

Ganti IC vertical

Jika semua hal diatas bisa dipastikan tidak ada masalah tetapi layar TV masih menampilkan warna pelangi saja, coba nyalakan TV dan dekatkan ujung obeng disekitar kumparan Yoke , jika obeng terasa bergetar berarti ada gaya magnit pada yoke artinya IC vertical bekerja. Jika tidak ada gaya magnit samasekali, artinya blok vertical tidak bekerja dan langsung saja ganti IC vertical.

Baca juga : Perbedaan TV Analog Dan Digital, Serta Konsep Teknologinya

Penutup

Harunsnya layar TV hanya warna pelangi sudah bisa diatasi, tetapi jika masih belum mungkin kamuperlu untuk memeriksa lilitan vertical pada yoke atau konde, siapa tahu ada korosi dan konslet. Cek impedansi lilitan vertical, tak semua lilitan TV sama impedansinya tapi rata-rata ada sekiar 15 ohm .

Demikian cara-cara mengatasi Layar TV tabung hanya muncul gambar warna pelangi, an sekali lagi perlu diingat jangan terlalu lama menghidupkan TV dalam keadaan layar hanya waran pelangi karena dapat menyebabkan leher tabung putus sehingga TV tamatlah sudah riwayatnya.

Leave a Reply