Skema Box Speaker CBS Ukuran 15 Inch Single

Box speaker CBS adalah desain dari Mas Agoeng Bantul Jogya yang sudah tak asing lagi dikalangan penghobi atau pemilik persewaan sound sistem. Box CBS – Continuous Box System – diakui mampu meningkatkan gain hingga 40%, jadi cukup luarbiasa sekali. Dengan kesaktian tersebut maka kita tak perlu susah-susah memaksimalkan daya power amplifier, karena dibuka sedikit saja bass sudah bisa jedug glerr. Dengan demikian kita bisa menghemat speaker dan transistor final amplifier. Varian Box Speaker CBS ini sebenarnya sebenarnya sudah ada beberapa type, diantaranya CBS 3 in 1, CBS Diamond, dan CBS trilogy. Tapi untuk kali ini saya akan membuat desain yang lebih mudah dipahami dari type CBS standard 15 inch, dengan desain yang cukup sederhana sehingga kamu bisa membuat tanpa memiliki skill khusus kerja kayu. Baca juga : Skema Desain Box Speaker 18 Turbo Bass Jauh Atau Loaded Horn

Skema Desain dan Ukuran Box Speaker CBS 15 inch Dan Cara Membuatnya:

Ukuran Skema box CBS 15 Inch Single

1. Bahan :

  • Bahan Multipleks atau MDF dengen ketebalan 19mm
  • Gunakan skrup dan paku
  • Gunakan lem kayu
  • Finishing Bisa pakai cat tekstur atau cat biasa, dilapisi karpet sesuai selera saja.

2. Ukuran panel

  • Panel samping kiri dan kanan 115.7cm x 66.8cm
  • Panel belakang 111.90cm x 50.0cm
  • Sekat 64.9cm x 50.0cm
  • Panel depan penyangga speaker 50.0cm x 50.0cm
  • Panel atas dan panel bawah 66.8cm x 50.0cm
  • Jarak antara panel atas dan sekat mengikuti ukuran tinggi panel depan yaitu 50.0cm
  • Spasi antara panel depan dan tepi depan 3.00cm.

Selengkapnya lihat gambar :

Skema box CBS 15 inch

3. Ukuran Port / lubang anging pada sekat tengah

  • Port 30.0cm x 20.0cm
  • Spasi antara port dan panel belakang 5.00cm

Bisa juga port tersebut dibuat bulat seukuran sama speaker 6 inch

Lihat gambar :

desain box speaker cbs 15 sekat

 

4. Ukuran brace

Brace adalah berfungsi sebagai penjepit supaya box direct supaya tidak goyah atau bergetar, atau dengan kata lain agar box menjadi lebih kuat. Sekaligus untuk mengarahkan suara kedepan agar bass jauh bisa didapatkan dengan maksimal.  Kamu bisa membuat kreasi brace sesuai selera sendiri, jadi tak harus sama persis mengikuti desain dari saya pada gambar dibawah.

Lihat Juga :  Skema Rangkaian Supply Untuk Power Ampli Class H Menggunakan 1 dan 2 Trafo Biasa

Pada desain saya ini dibagi menjadi 2 komponen, yaitu brace A (horizontal) dan Brace B(vertical) yang masing-masing ada 2 komponen.

Ukuran Brace box speaker CBS 15 inch

 

Ketika komponen-komponen brace sudah selesai kamu buat, maka ketika dirakit akan menjadi seperti gambar dibawah ini, kemudian kamu hanya tinggal memasangnya pada bagian direct(bawah) pada box speaker CBS yang kamu buat.

Berikut gambar ketika komponen brace A dan B selesai dibuat dan dirakit :

Skema box speaker CBS 15 inch 4 Brace

5. Tahap Final:

Jika sudah selesai kira-kira hasilnya akan seperti gambar berikut dibawah ini :

Dimensi : 668.0cm x 1157.0 x 538.0cm

 

ukuran box speaker cbs 15 final

Silakan di lakukan finihing sesuai selera, mau dicat atau dilapisi karpet. Mau dikasih penutup speaker dan pegangan juga boleh. Silakan dibuat sendiri letak-letaknya sesuai kreasi masing-masing.

Baca juga : Skema Box Speaker CBS 18 Inch Bass Jauh, Model Sederhana Hasil Luarbiasa

Saya mau bahas lagi kenapa box CBS dikatakan bisa meningkatkan gain hingga 40%? Itu banyak sekali loh, jangankan speaker 15″, 12 inch saja sudah bisa glerr loh. Ya karena box CBS berukuran lebih besar, yang mengadopsi box sub dan direct menjadi satu kesatuan. Yang ada speakernya adalah bagian sub box, dan yang bagian bawah ada brace-nya adalah direct yang bertugas melemparkan bass jauhnya. Penggunaan terbaik memang untuk speaker lapangan, tapi tak masalah juga jika dipakai indoor ndidalam aula atau hall misalnya.

Demikian skema desain box CBS 15 inch bass jauh desain karya mas Agung Bantul Jogya yang sudah banyak digunakan oleh para pecinta audio dan sound system.

Leave a Reply